First Ride Honda CBR250RR 2023, Tarikan Lebih Ngejambak dan Handling Nurut
Harry · 13 Okt, 2022 08:30
0
0
Mesin barunya berikan akselerasi cepat.
Handling lebih nurut berkat suspensi SFF-BP.
Honda CBR250RR 2023 semakin mengukuhan statusnya sebagai motor sport 250 cc 2 silinder, dengan output mesin paling kuat. Ini lantaran performa pada generasi terbaru itu mencapai 42 PS.
Beragam perubahan dilakukan pada dapur pacunya itu. Tapi gak hanya itu, karena handling juga diperbaiki tuh, utamanya pada suspensi depan yang kini sudah pakai Showa tipe SFF-BP.
Pada sesi first ride yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM), ada sesi drag race untuk menguji seberapa cepat akselerasi juga top speed yang bisa dicapai. Trek lurusnya sejauh 1,2 km.
Dengan waktu terbatas, tentu tak boleh menyiakan waktu. Langsung saja riidng mode diset Sport+ agar akselerasi lebih spontan. Dan benar saja, respon mesin dengan output 42 PS di 13.000 rpm serta torsi 25 Nm di 11.000 rpm punya sensasi tersendiri.
Menggantung putaran mesin tinggi sebelum start, akan membuat motor melesat cepat, membawa rider berbobot 73 kg belum termasuk wearpack balap dan helm. Hebatnya memasuki tikungan parabolik sebelum trek lurus, spidometer sudah menunjukkan 110 km/jam lebih!
Suara ngorok sedotan udara masuk menuju box filter udara,dari depan terdengar kencang dan semakin memacu adrenalin. Perpindahan gigi halus dan presisi berkat fitur Quick Shifter yang bisa diset naik-turun.
Sayang tak boleh memasang Racebox untuk mengukur akselerasinya dengan akurat. Namun topspeed yang berhasil dicapai 171 km/jam sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.
O iya, unit yang dipakai adalah tipe SP-QS dengan warna Honda Racing Red berbanderol Rp 79,8 juta on the road Jakarta.
Handling Honda CBR250RR 2023
Tenaga gak akan ada apa-apanya tanpa kontrol yang mumpuni. Nah, pada sosok Honda CBR250RR ini, sejatinya suspensi yang ada sudah mumpuni. Depan pakai upside down dan suspensi belakang monosok dengan vendor dari Showa.
Tapi pada model baru ini pakai jenis SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston). Peningkatan dari sebelumnya model upside down konvensional nih.
"Fork pakai separate dan pistonnya juga lebih besar, efeknya saat pengereman jadi lebih nyaman dan smooth. Suspensi baru ini juga mampu mengurangi efek hentakan," ujar Masayuki Taniguci, Large Project Leader Honda CBR250RR, Honda Motor Co.Ltd.
Hasilnya memang terasa, bagian depan motor terasa lebih rigid dan diam ketika dipakai melintasi jalanan berkelok. Begitu juga saat melintasi tikungan beruntun dengan kecepatan agak tinggi.
Mengendalikan Honda CBR250RR pun jadi lebih mudah karena motor lebih nurut. Untuk pengereman lumayan menggigit dengan kaliper 2 piston di depan dan 1 piston dibelakang. Grip ban bawaan sendiri dirasa cukupan.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil