Sebab peranti karet blok mesin meski kecil ternyata punya fungsi untuk menjadi damper. Yup, dengan pemasangan karet tersebut maka getaran di mesin dapat diredam.
Getaran mesin disebabkan oleh aktivitas di dalam ruang bakar. Tepatnya gerakan piston di dalam silinder.
Dan dengan pemasangan di dekat ruang bakar, karet tersebut punya fungsi untuk meredam getaran tadi.
Sebagai contoh terlihat pada sirip mesin bagian sirip Yamaha RX-King, Honda Supra X 125 hingga moge seperti Royal Enfield Himalayan dan Scram 411.
Kedua moge garapan pabrikan India itu memang masih mengusung mesin 411 cc satu silinder dengan pendingin udara.
Tentu bisa dibayangkan getarannya jika tak diredam dengan karet tersebut.
Karena bahannya dari karet, peredam tersebut pun memiliki usia pakai lho. Memang bukan berdasarkan tahun atau jarak tempuh, tapi bisa dicek kondisi getasnya.
Jika karet tersebut sudah keras dan retak-retak atau getas, segera ganti agar tidak mengurangi fungsi redamannya. Harganya terjangkau, karena rata-rata di angka Rp 50-90 ribuan.
Peranti ini mudah ditemui karena bisa dibeli di toko spare part, bengkel resmi hingga secara online.
Selain itu, karet peredam ini juga tersedia dengan tipe universal. Sehingga bisa dipakai oleh motor-motor yang belum memiliki peredam sebagai bawaannya untuk menambah kenyamanan berkendara.