Harga Kawasaki Ninja 250SL Anjlok, Lebih Murah dari Honda CBR150R!
Ary · 10 Mar, 2021 10:00
0
0
Segmen motor sport selalu punya tempat tersendiri di hati para pecintanya. Meskipun pasarnya cenderung stagnan, model ini nyatanya tak pernah hilang dari etalase pemegang merek. Terlebih lagi bagi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang memang terkenal dengan lini-lini demikian.
Kabar paling mengejutkan dari geng hijau tentu saja mengenai peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R, tahun lalu. Namun dari sisi harga, Ninja bermesin 250 cc empat silinder itu sangatlah mahal. Banderol yang jua tak kalah tinggi pun ditemui pada unit berkonfigurasi dua silinder (Kawasaki Ninja 250). Lantas, adakah pilihan paling bersahabat dari pengguna nama 'Ninja' tersebut?
Jelas saja ada dan opsi itu dapat Anda temukan pada Kawasaki Ninja 250SL. Dari sisi harga, unit ini dibanderol Rp40.600.000 (on the road Jakarta). Namun, penawaran tersebut terasa kurang menggoda. Apalagi dengan bekalan mesinnya tadi. Nah, Kabar gembiranya adalah label tersebut kini menjadi lebih murah.
Berdasarkan unggahan dari akun resmi media sosial PT KMI disebutkan, harga terbaru Kawasaki Ninja 250SL sekarang dipatok Rp29,9 juta dengan status off the road untuk wilayah Jabodetabekser (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang). Hanya saja, ada catatan karena promo pembelian Ninja 250 satu silinder ini hanya untuk unit produksi 2020 dan varian warna hitam saja.
Lalu, berapa yang mesti dibayar konsumen setelah on the road? Setelah membayar BBN-KB, PKB dan lain-lain guna penerbitan surat kendaraan, harga Kawasaki Ninja 250 SL tersebut tak sampai Rp35 juta. Anjloknya banderol Ninja 250SL itu ternyata membuat harganya lebih murah dari Yamaha R15 2021 yang dipatok Rp37.080.000. Begitu pula terhadap harga Honda CBR150R 2021 termurah yakni Rp35.900.000.
Apa yang Membuat Kawasaki Ninja 250 SL Layak Beli?
Pemilihan terhadap Ninja terkecil ( jumlah silinder) ini tetap masih layak. Dibanding CBR150R atau R15, kuda besi itu jelas unggul dalam hal kubikasi mesin. Dari jantung mekanis DOHC 250 cc tersebut, Kawasaki Ninja 250 SL sanggup menorehkan daya 28 PS @9.700 rpm. Sementara torsi maksimal yang dicatatnya adalah 22,6 Nm di putaran 8.200 rpm. Kesluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi enam percepatan.
Dari sisi dimensi pun Kawasaki Ninja 250SL terbilang kompak. Dengan total ukuran 1.935 mm x 685 x 1.075 mm (P x L x T), membuat dia ramah untuk ditunggangi. Lantas soal bobot 151 kg, rasanya tidak lah seberat dibayangkan. Apalagi dengan karakter jantung mekanis bawaannya yang punya torsi cukup berlimpah.
Kemudian mengenai daya jelajah. Motor ini memadai untuk dibawa jalan jauh dengan tangki bensin 11 liter yang menopang rangkanya. Sayang, pembeli motor ini jua memiliki beberapa kekurangan. Jangankan dari lini selevel, sematan pada dirinya sekarang pun kalah modern ketimbang Yamaha R15 dan Honda CBR150R yang notabene menempati klasifikasi di bawahnya.
Sebagai contoh untuk menunjang pengendalian. Fork depan kepunyaan Ninja 250SL masih berupa peredam kejut teleskopik. Ya, berbeda dengan pengaplikasian pada CBR150 atau R15 yang sudah upside down (USD). Selanjutnya Assist & Slipper Clutch. Perangkat pada girboks itu juga absen di motor sport Kawasaki.
Padahal, item ini cukup penting digunakan Ninja 250SL mengingat torsinya yang lebih besar dari kedua motor sport 150 cc tersebut. Dengan Slipper Clutch, risiko ban belakang terkunci akibat efek engine brake dapat diminimalisir. Sementara Assist Clutch akan membuat pengendara nyaman saat mengoperasikan kopling - lebih ringan.
Bila merasa hal tersebut wajar, sila hubungi jaringan pemasaran Kawasaki untuk membelinya. Untuk diketahui juga pemangkasan harga Ninja 250SL ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh pemegang merek. Tahun lalu atau bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-25 PT KMI, penawaran serupa juga diberikannya kepada khalayak di wilayah yang sama. Artinya, stok unit ini masih banyak!
Spesifikasi Kawasaki Ninja 250SL
Tipe Mesin
DOHC, 4 katup, pendingin cairan, 4-tak satu silinder
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!