Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?
Ary · 6 Apr, 2021 13:00
0
0
Per April 2021, harga sepeda motor mengalami kenaikan. Penetapan ini pun berlaku terhadap Kawasaki Ninja ZX-25R, yang terpantau mengalami eskalasi lumayan tinggi. Padahal saat ini, dialah satu-satunya motor sport 250 cc dengan banderol paling mahal.
Untuk diketahui, sebelumnya produk itu dijual mulai dari Rp97,9 juta (tipe standar). Namun, bulan ini harga Kawasaki Ninja ZX-25R tipe basic itu menjadi Rp98,85 juta. Artinya, terdapat kenaikan sebesar Rp950 ribu pada varian tersebut.
Aplikasi serupa pun otomatis berlaku pada opsi tertinggi. Bedanya, harga Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE naik sekitar Rp1 jutaan. Di Maret lalu, banderolnya masih Rp114,9 juta. Akan tetapi di awal April terkatrol menjadi Rp116 juta. Lebih tepatnya berselisih Rp1,1 juta dari harga bulan lalu.
Ada beberapa faktor yang sebetulnya membuat situasi ini terjadi. Paling utama adalah biaya administrasi pengurusan surat kendaraan bermotor. Umumnya naik setiap tahun, begitu juga harga bahan baku. Sebagaimana diketahui, Kawasaki Ninja ZX-25R diracik oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Akan tetapi, tidak sepenuhnya komponen si motor dibuat di dalam negeri.
Bagi Anda yang berkantung tebal, kenaikan harga Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 tentu tak kepalang besar. Toh, kondisi tersebut masih bisa diatasi dengan membelinya secara kredit. Sebaliknya, menjadi tidak berarti setelah mengetahui perbekalannya.
Harga Kawasaki Ninja ZX-25R per April 2021
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 (standar)
Rp98.850.000
Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2021
Rp116.000.000
Impresi Berkendara bak Moge
Sorotan utama jelas tertuju dari mesin empat silinder yang idealnya dipakai moge. Faktanya, konfigurasi tersebut disandingkan dengan kapasitas 250 cc saja. Bukan sekadar mampu meraung lebih tinggi, performa Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 tercatat 51 PS @15.500 rpm dan 22,9 Nm @14.500 rpm. Paling besar diantara Honda CBR250RR 2021 atau Yamaha R25 2021 melalui rancangan dua silindernya.
Keluaran output darinya jua bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low untuk mengekstraksi daya. Diferensiasi keduanya terletak pada output yang dikeluarkan mesin. Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full.
Opsi Full dapat dimanfaatkan kala melakoni giat track day. Dengan begitu, Anda dapat menguras habis kemampuan mesin empat silinder selama melaju di sirkuit. Sementara untuk tipe Low, tentu membantu ketika dipakai di jalan raya dengan kondisi lalu lintas cukup padat. Terapan Power Mode ini digunakan, lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R mengaplikasi teknologi Ride by Wire.
Quick Shifter Dua Arah
Kemudahan saat mengeksplorasi kemampuannya juga didukung oleh ketersediaan Assist and Slipper Clutch. Keberadaannya membuat pengoperasian kopling menjadi enteng. Selain itu, gejala roda belakang terkunci saat downshift dapat dicegah berkat perangkat di girboks tersebut.
Akan tetapi, PT KMI juga menyediakan quick shifter guna mengoptimalkan proses translasi output ke roda belakang. Kinerja Kawasaki Quick Shifter (KQS) sendiri berlaku dua arah yaitu upshift dan downshift. Iya, tidak perlu menekan tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi. Dengan catatan, putaran mesin sudah berada di atas 2.500 rpm. Pembeli juga bisa mematikan fitur tersebut. Namun, khusus KQS hanya dapat ditemui pada varian tertinggi saja.
Pengguna Traction Control Tunggal di Kelas 250 cc
Walau begitu, pembeli tipe dasar tetap punya nilai tambah. Pasalnya, baik Ninja ZX-25R standar maupun ABS SE sama-sama mendapatkan pengontrol traksi. Tak ubahnya pula seperti moge atau big bike, fitur yang dinamai Kawasaki Traction Control (KTRC) ini juga bisa disetel ke dalam tiga pilihan.
Pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi ke roda belakang. Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tidak terlalu dibutuhkan. Menariknya lagi, hanya Kawasaki Ninja ZX-25R yang menggunakan traction control di kelas 250 cc. Untuk pembeli tipe atas, ada lagi penambahan berupa sistem pengereman ABS (anti-lock braking system).
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Rangka
Dimensi (P x L X T )
1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda
1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah
125 mm
Tinggi Tempat Duduk
765 mm
Berat
180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin
4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke
50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin
249,8 cc
Rasio Kompresi
11,5:1
Tenaga Maksimum
50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air
51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka
Steel
Suspensi Depan
Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang
horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!