Pelek ZX-14 dibalut ban 190/50-17 bikin tampilan sangat berisi.
Motor balap pada ajang MotoGP bisa menjadi inspirasi modifikasi juga. Pasalnya motor pacuan balap ini memiliki desain yang cukup kece dan ditunjang penggunaan part yang apik.
Seperti Arizal Bob owner Horse Moto Shop (HMS) yang memodifikasi CBR250RR miliknya dengan livery tim Honda LCR di MotoGP yang kala itu dipacu oleh Cal Crutchlow.
Kaki-Kaki Gambot
Agar tampilan tidak kalah garang dengan motor MotoGP tentu perlu upgrade, terutama di sektor kaki-kaki. Dimulai dengan penggunaan suspensi depan upside down GSX-R600 tipe BPF (Big Piston Fork) copotan tahun 2015.
“Ini seri yang lebih tinggi, perbedaan pada setelan shocknya. Supaya kepasang cuma kecilin as komstir GSX-R600 biar bisa masuk di rumah komstir CBR250RR, lalu bikin drat. Kalau panjang asnya sama,” tunjuk Rizal sapaannya.
Gak kalah dengan yang depan, swing arm juga pakai comotan moge, tepatnya Honda CBR1000R untuk memberi kesan yang lebih gagah serta padat.
“Kalau swing arm ini dudukan sok atas menumpu di swing arm, jadi gak perlu bikin dudukan baru, cuma bikin dudukan pro-link aja. Lalu pangkal depan swing arm dipapas kanan dan kiri kurang lebih sekitar 7 cm,” rinci pria ramah ini.
Steering damper Ohlins bikin setang lebih stabil
Pelek ZX-14
Untuk mengimbangi suspensi depan dan swing arm yang sudah membesar, kedua peleknya juga menggunakan copotan dari Kawasaki Ninja ZX-14 yang cukup lebar. Perlu ada sedikit penyesuaian agar pelek ini bisa terpasang.
“Supaya gir depan dan belakang sejajar, harus papas nap gir sekitar 5 mm dan ganjel gir depan pakai bushing 2 mm. Habis itu gir belakang dipapas supaya muat pakai rantai tipe 520. Cakram depan ZX-14 diameternya dikecilin 2 mm supaya pas dengan kaliper GSX-R1000,” sebut Rizal yang bengkelnya di bilangan Karawang, Jabar ini.
Honda CBR250RR dilengkapi radiator untuk menjaga suhu mesinnya tetap stabil, tapi memang masih terdapat ruang kosong di bawah radiatornya. Untuk membuat tampilan di belakang roda depannya lebih padat dan mirip seperti tunggangan balap, Rizal pun memasang oil cooler copotan Ducati Street Fighter yang diletakan di bawah radiator.
Oil cooler Ducati Street Fighter nyempil di bawah radiator
“Pasang oil cooler harus bikin jalur baru di filter oli, buat 2 jalur untuk in dan out, kurang lebih mirip Honda CBR250RR balap. Habis itu pakai knalpot full system dari WRX,” tutupnya. Gambot!