window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa?

Harry · 19 Apr, 2021 10:00

Honda PCX 160 2021 dikenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada awal tahun 2021 dengan berubahan total. Salah satu bagian yang paling banyak dibicarakan adalah jantung mekanisnya yang mengandalkan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power Plus).

Dibandingkan mesin eSP biasa yang telah digunakan sebelumnya, ada banyak sekali perubahan pada komponen internal mesin. Disebutkan ada dua tujuan utama yakni mendapatkan performa lebih baik dan mengurangi friksi atau gesekan.

Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa? 01

Honda PCX 160 2021 andalkan mesin baru eSP+.

Ade Muhajir, Technical Division AHM menjelaskan jika teknologi eSP+ merupakan pengembangan dari teknologi eSP. Teknologi khas mesin eSP masih dipertahankan pada penggerak terbaru dari Honda PCX 160 ini.

"Konsep eSP+ ini sesuai dengan keinginan konsumen yang ingin mesin bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar," katanya disela bedah teknologi Honda PCX 160 secara virtual beberapa hari lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Jika ditelisik, beda antara mesin eSP+ dan eSP bukan semata-mata penggunaan empat buah katup mesin kapasitas yang ditingkatkan loh, karena ada banyak sekali beda keduanya. Apa saja?

Baca juga : Beragam Pertanyaan Yang Timbul Terkait Honda PCX 160 2021, Masih Ragu Untuk Beli?

Teknologi Mesin eSP

Pada mesin skutik Honda berteknologi eSP, seperti yang digunakan Honda PCX 150, telah menerapkan teknologi mesin unggulan dari Honda. Misalnya ACG (Alternating Current Generator) starter, lalu roller rocker arm, piston yang ringan, kemudian rumah transmisi yang ringkas.

Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa? 01

Mesin eSP+ Honda PCX 160 2021.

Tak hanya itu, ruang pembakaran juga dibuat ringkas, kemudian offset cylinder dan spiny sleeve, pendingin cairan, hingga transmisi otomatis yang disebut V-Matic.

Mesin eSP ini dikenal punya kinerja yang cukup halus, namun irit bahan bakar. Sayangnya secara performa, pada Honda PCX 150 terdahulu, kerap dibully oleh kompetitor terdekat karena kurang responsif.

Teknologi Mesin eSP+

Kemudian pada teknologi eSP+, juga mengadopsi teknologi mesin eSP. Hanya saja ketambahan beberapa ubahan lain untuk bisa menggapai konsep mesin yang lebih bertenaga dan juga minim gesekan.

"Makanya mesin eSP+ pakai empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan alur udara, penggunaan hyraulic tensioner, piston pil jet hingga crankshaft yang lebih rigid," sambung Ade.

Baca juga : Yamaha Nmax 155 2021 dan Honda PCX 160 2021 Kompak Naik Harga, Mana Yang Baiknya Dipilih?

Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa? 02

Ruang bakar lebih ringkas di eSP+.

Tak hanya itu, kapasitas mesin juga ditingkatkan menjadi 157 cc. Dengan kapasitas mesin besar dan gesekan yang semakin minim, performa dari Honda PCX 160 berbeda jauh dari Honda PCX 150.

Spesifikasi Mesin Honda PCX 160 2021

Spesifikasi mesin berubah, kapasitasnya menjadi 157 cc berkat piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm, karakter mesinnya dibuat over bore. Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.

Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Performa mesin meningkat juga sumbangsih ukuran throttle body yang diperbesar jadi 28 mm, dan desain knalpot baru. Penyakit gredek yang menjadi masalah pada mesin sebelumnya, diantisipasi dengan merombak komponen CVT.

Baca juga : MIL Menyala Setelah Honda PCX 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!

Harga Honda PCX 160 2021

Meski berubah total , harga yang ditawarkan untuk Honda PCX 160 ini masih masuk akal. Perbedaannya tak naik terlalu jauh. Saat dikenalkan, bedanya hanya Rp 507 ribu untuk tipe CBS dan Rp 1,108 juta untuk tipe ABS.

Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa? 03

Ragam warna dan tipe Honda PCX 160 2021.

Kini harga Honda PCX 160 2021 tipe CBS diangka Rp 30,745 juta. Dan untuk Honda PCX 160 tipe ABS dilepas Rp 34,345 juta. Harga tersebut on the road Jakarta.

Kesimpulan

Penyempurnaan mesin yang dilakukan Honda untuk PCX 160 benar-benar totalitas. Semuanya dilakukan untuk bisa menggapai performa mesin yang lebih baik tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Perubahan besar juga terjadi pada komponen CVT, yang diklaim minim gejala getar atau gredek saat akselerasi awal. Salah satunya dengan penggunaan mangkok kopling rapat, dengan hanya dua buah lubang saja.

Baca juga : Meski Diskon Honda PCX 150 2020 Menggiurkan, Ini Alasan Kenapa Honda PCX 160 2021 Lebih Pantas Untuk Dimiliki

Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa? 04

Desain elegan masih jadi ciri khas Honda PCX.

Tentu jika dibandingkan antara Honda PCX 160 dan Honda PCX 150, performa keduanya berbeda sangat jauh. Dengan bobot yang relatif sama, Honda PCX 160 tentu memiliki power to weight ratio lebih baik.

Spesifikasi Honda PCX 160 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });