All New Honda PCX 160 2021 akhirnya rilis di Indonesia (5/2). Keberadaannya pun dinilai tepat, lantaran performanya berhasil mengungguli All New Yamaha NMax. Ya, sebuah pencapaian yang belum pernah dilakoni Honda PCX 150 beberapa tahun belakangan. Berkat kedatangannya pula lah kubu sayap kepak layak menyombongkan diri, terutama dalam hal efisiensi bahan bakar.
Sebagaimana diketahui, semua bekalan pada Honda PCX 160 bisa dibilang serbabaru. Seperti pemaparan pasca meluncur di Jepang dan Thailand, skutik yang baru saja dilepas PT Astra Honda Motor (AHM) inipun menggunakan konfigurasi mesin SOHC dengan empat katup. Tidak lagi memakai jenis dua katup seperti PCX 150. Bukan cuma itu, kubikasinya pun ikut ditingkatkan dari 150 cc menjadi 160 cc.
Maka, sangat wajar bila torehan outputnya ikut terkoreksi naik. Performa Honda PCX 160 dicatatkan mencapai 16,2 PS @8.500 rpm dan 15 Nm @6.500 rpm. Terdapat selisih signifikan dari sang pendahulu (PCX 150) yang membuat pencapaian daya 14,7 PS @8.500 rpm serta torsi maksimal 13,2 Nm @6.500 rpm.
Faktanya, nominal tersebut pun berada di atas sang rival utama. Walau sudah mengadopsi piston milik motor sport Yamaha R15, catatan performa Yamaha NMax masih 15,3 PS di putaran 8.000 rpm dan 13,9 Nm @6.500 rpm. Jika dibandingkan maka ada keterpautan 0,9 PS dan 1,1 Nm antara Honda PCX 160 dengan Yamaha NMax 2021.
Seperti penyampaian di awal tadi, mesin baru Honda PCX nyatanya pun berdampak positif kepada konsumsi BBM Honda PCX 160. Dalam mendukung performanya, All New Honda PCX 160 mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 km/liter. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.
Memang lebih rendah dari konsumsi BBM Honda PCX 150 yang dituliskan 50,7 km/liter. Ya ada selisih cukup besar. Padahal terdapat penambahan pada tangki bensinnya, meski tidak signifikan. Di PCX 150 tampungan bahan bakarnya adalah 8 liter, sementara pada PCX 160 yaitu 8,1 liter.
Meski begitu, efisiensi yang selalu menjadi jargon motor Honda tak lantas dilupakan. Ini tak lepas dari ragam pembaruan yang disematkan pada mesin eSP+ terbaru dari Honda. Selain perubahan konstruksi dari dua klep menjadi empat klep, pihak Honda pastilah mengoptimalkan kinerja setiap komponen di dalamnya.
Perubahan Karakter Mesin Honda PCX 160
Satu hal yang paling mencolok adalah perubahan pada penetapan diameter dan langkah piston serta rasio kompresi. Pada Honda PCX 150, keduanya di patok 57,3 x 57,9 mm dan 10,6:1. Sementara Honda PCX 160 memiliki bore x stroke : 60 x 55,5 mm dan kompresi 12:1.
Menyoal piston, tampak jelas bahwa Honda PCX 160 kini memiliki karakter mesin overbore. Dengan begitu, mesin PCX 160 mampu meraung di putaran mesin (RPM) lebih tinggi serta menghasilkan tenaga besar pada rpm menengah hingga atas. Tipikal ini berbeda dengan Honda PCX 150 yang dirancang overstroke.
"Dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+, menjadikan All New Honda PCX series semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi, baik di perkotaan maupun jarak jauh. Perubahan pada ukuran ban yang semakin besar juga mendukung skutik premium ini semakin nyaman dan tampil berkesan," ujar Keiichi Yasuda , President Director PT AHM.
Kesimpulan
Melalui peluncuran All New Honda PCX 160 hari ini. Terlihat bahwa pihak Honda ingin memukul balik Yamaha NMax yang cukup lama mendominasi pertarungan skutik medium. Bersama wajah sekaligus mesin eSP+ empat katup terbaru, PT AHM jelas ingin menggoda motoris yang sebelumnya kepincut meminang skutik Yamaha.
Tak sekadar performa dan tampang impresif. Kenyataannya, Honda PCX 160 juga menawarkan efisiensi bahan bakar 45 km/liter. Besar kemungkinan lebih baik ketimbang NMax dan tentu di atas pendahulunya yaitu Honda PCX 150. Secara logika, wajar jika PT AHM meniagakannya lebih mahal.
Harga Honda PCX 160 dipatok mulai dari Rp 30,350 juta (CBS) dan Rp 33,950 juta untuk Honda PCX 160 ABS (on the road Jakarta). Namun jika menilik kepada banderol Honda PCX 150, bedanya tidaklah signifikan. Sebagai contoh penetapan dari Honda Cengkareng, PCX 150 dipatok Rp 29,994 juta. Yang menarik justru tampak pada varian atas. Di sana PCX ABS dilego Rp 34,223 juta. Lebih mahal dari Honda PCX 160.
Spesifikasi All New Honda PCX 160 2021
Tipe Mesin
eSP + 4-stroke single overhead camshaft empat katup
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!