Honda Vario 160 2022 Marquez Hadir di IIMS, Tampil Dengan Balutan Livery Repsol Ngejreng!
Fariz · 1 Apr, 2022 13:30
0
0
Digunakan langsung oleh Marquez selama beraktivitas di MotoGP Mandalika
Ditanda tangan langsung oleh Marquez lengkap dengan ucapan terima kasih
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda Vario 160 2022 secara khusus untuk menyambut datangnya event balap sepeda motor tingkat dunia, yaitu MotoGP yang digelar di Mandalika, Lombok beberapa waktu lalu.
AHM hanya membuat empat unit Honda Vario 160 dengan livery Repsol lengkap dengan nomor para pembalap Repsol Honda MotoGP, ada Marc Márquez dengan nomor balap 93 dan Pol Espargaró dengan nomor balap 44.
Keempat motor ini disiapkan untuk mendukung aktivitas Repsol Honda MotoGP di sirkuit Mandalika, termasuk untuk kebutuhan dua pembalap andalannya. Setelah gelaran MotoGP usai, Honda Vario 160 dengan nomor 93 yang digunakan Márquez pun dipajang.
Tidak hanya livery Repsol yang spesial, tapi Honda Vario 160 ini juga sudah ditandatangani langsung pembalap asal Spanyol tersebut, lengkap dengan ucapan dari dirinya yang bertuliskan “Thanks!! Mandalika” disertai emoticon hati.
Karena hanya digunakan hanya untuk kebutuhan sirkuit tertutup, tentu ada beberapa part yang harus ditanggalkan. Seperti spion dan pelat nomor yang tidak terpasang di motor ini. Modifikasi paling besar ada pada tampilan bodi gambotnya.
Menggunakan livery yang khas dari Repsol Honda MotoGP Team dengan dominasi warna oranye. Kedua pelek palang Y-spoke miringnya juga dilabur warna oranye yang cerah. Berikutnya ada jok model single seat dari HGA (Honda Genuine Accessories) yang memperkuat kesan racy.
Berikutnya ada HGA Panel Step Floor yang menghiasi area dek pijakan kaki Honda Vario 160. Kombinasinya ada karet untuk pijakan dan pelat stainless steel yang membentuk motif menarik.
Kemudian di sisi kiri ada tempelan garnish air cleaner yang menghiasi kaki belakang sehingga tampilannya tidak terlalu gelap. Sepatbor belakang turut dilepas untuk menguatkan kesan sporty.
Dengan lepasnya sepatbor belakang langsung membuat bodi belakang Honda Vario 160 langsung meruncing, melepas sepatbor belakang turut menghilangkan lampu sein yang awalnya menempel di sepatbor belakang.
Spesifikasi Mesin HondaVario 160
Mesin Honda Vario 160 cc pakai 4-katup, SOHC, eSP+, berpendingin cairan. Spesifikasinya menggunakan basic mesin Honda PCX 160, namun tentunya ada beberapa ubahan untuk menyesuaikan dimensi Honda Vario 160 yang lebih compact dibanding Honda PCX 160.
Performa Honda Vario 160 memiliki klaim tenaga maksimal 15,4 ps pada 8.500 rpm dan torsi puncaknya diklaim mencapai 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Kemudian ada varian CBS yang dibanderol Rp 25,8 juta lalu varian ABS Rp 28,5 juta OTR Jakarta.