Belum lagi mesin 110 cc eSP yang diusungnya, sudah terkenal irit bahan bakar dan bertenaga. Potensi laris manis di pasaran.
Tapi memang sejak tahun 2020 motor bergaya sporty ini sudah tak diproduksi. Sehingga Anda yang berminat pada motor ini, hanya bisa menebus edisi sekennya saja.
Nah, sebelum membeli unit bekasnya ada baiknya mengetahui keunggulan dan kelemahan dari motor tersebut. Sehingga tak menyesal setelah meminangnya nanti.
Honda Vario FI 110 hadir dengan dua pilihan mesin berbeda. Keduanya punya basis yang sama, yakni mesin Honda Beat FI.
Pada versi awal yang beredar 2013-2015, mesin yang dipakai belum bertipe eSP. Sehingga suara starter 'bletak' yang khas masih terdengar.
Meski tak dilengkapi pendingin cair seperti keluarga Vario lain, tapi konsumsi BBM sangat irit, yakni mencapai 56,3 km/liter (metode ECE R40).
Di tahun 2015, barulah disempurnakan dengan mesin eSP yang starternya halus.
Fiturnya pun bertambah dengan adanya Combi Brake System dan Idling Stop System.
Kekurangan Honda Vario FI 110
Beralih ke kekurangan Honda Vario FI 110. Ada sejumlah kekurangan yang dimiliki oleh skuter matic tersebut.
Harga Jual Masih Mahal
Saat ini, banderol bekas Honda Vario FI 110 rata-rata masih di atas Rp 7 jutaan untuk motor buatan 2013.
Harganya makin melambung jika tahunnya lebih muda dan kondisi siap pakai, bahkan ada yang melepasnya Rp 11 jutaan untuk keluaran 2018.
Harga ini dirasa cukup tinggi, karena dengan menambah budget sedikit lagi Anda sudah bisa mendapat motor dengan volume mesin lebih besar dan pendingin cair.
Seperti Honda Vario 125 Old atau LED Old atau Yamaha Xeon GT 125, yang pastinya lebih bertenaga dan tak kalah irit.
Kenyamanan Setara Beat Series
Dimensinya yang kompak membuat motor ini kurang nyaman bagi pengendara berbadan bongsor.
Selain itu, karena basisnya diambil dari Honda Beat, soal kenyamanan pun masih kalah dari keluarga Honda Vario lainnya.
Usia Pakai
Meski masih terlihat segar, tapi usianya sudah sekitar 10 tahun. Sehingga beberapa komponen pun sudah perlu dicek ulang, atau bahkan diganti.
Kondisi ini mengharuskan Anda menyediakan budget lebih pasca menebus Honda Vario FI 110.
Apalagi sejumlah komponennya pun harus inden cukup lama. Seperti panel bodi hingga headlamp LED yang harus dibeli satu set jika terjadi kerusakan.
Kesimpulan
Motor ini bisa jadi opsi motor matic bekas dengan konsumsi bahan bakar irit dan dimensi kompak.
Mesin 110 cc tanpa adanya radiator akan membuat perawatan lebih mudah, tanpa mengorbankan performa.
Meski belum dibekali Smart Key System, namun hadirnya remote untuk Answer Back System cukup memberi rasa nyaman.
Hanya saja untuk orang yang berbadan besar akan kurang nyaman, dan harga bekasnya yang masih tinggi bisa jadi pengganjal.