window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150

Harry · 29 Okt, 2020 19:00

Honda Vario 150 jadi salah satu produk yang cukup diterima sangat baik masyarakat Indonesia. Desain sporty dan serba tajam, sudah sesuai dengan selera orang Indonesia kebanyakan.

Sedikit menilik sejarahnya, Honda Vario dicipatakan sebagai pilihan baru akan sebuah skutik yang pantas digunakan khususnya untuk kaum pria, karena punya ukuran yang agak besar.

PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis versi mesin 150 cc, sekaligus sebagai jawaban akan kehadiran Yamaha Aerox, yang secara tampilan, kapasitas mesin dan target konsumen mirip.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Honda Vario 150 mengusung mesin 4-tak, SOHC, pendingin cairan dan pakai teknologi eSP (Enchanced Smart Power) khas Honda, dan sudah pakai pasokan bahan bakar injeksi.

Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesin tersebut mencapai 13,1 PS / 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 13,4 Nm / 5.000 rpm. Mesin ini memiliki rasio kompresi 10,8 : 1 dan dipadukan transmisi otomatis CVT.

Dengan mesin eSP, proses menghidupkan mesin motor lebih halus karena memanfaatkan teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter, yang sudah diterapkan untuk skutik-skutik keluaran Honda.

Panel instrumen Honda Vario 150 sudah model digital dengan tampilan negatif display yang nampak canggih. Informasi di dalamnya ada spidometer, fuel meter, jam digital, voltmeter, odometer, trip A dan B, konsumsi bahan bakar rata-rata dan konsumsi bahan bakar aktual.

Penunjuk konsumsi bahan bakar aktual berupa indikator bar kecil yang posisinya ada di layar paling bawah. Bar tadi akan naik memanjang sesuai pergerakan tuas gas.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150 01

Pros dan Cons

Desain sporty dengan banyak lekukan tajam memang menjadi selera orang Indonesia, saat memilih sebuah sepeda motor. Lalu Honda Vario 150 punya ukuran yang cukup besar, yang bahkan menjadi kilasan pada website resminya.

AHM menyebut Honda Vario 150 ukurannya sempurna untuk konsumen Indonesia. Melirik data spesifikasi, skutik ini punya panjang mencapai 1.919 cc, lebar 679 mm dan tinggi 1.062 mm. Sumbu roda 1.280 mm dan tinggi tempat duduk 769 mm.

Penjualan Honda Vario 150 di Indonesia termasuk laris, maka Honda rajin meng-update tampilan motor ini dan juga fitur-fiturnya supaya semakin terlihat canggih, seperti penggunaan lampu-lampu LED dan kunci Smart Key.

Berikut beberapa alasan kenapa harus membeli Honda Vario 150:

1. Desain sporty dan ukurannya pas untuk orang Indonesia. Desain seperti ini sangat bisa diterima orang Indonesia, dan ukurannya yang agak besar, cocok digunakan untuk para pria.

2. Mengadopsi mesin 150 cc, eSP, 4-tak, SOHC, pendingin cairan dan sudah pakai pasokan bahan bakar injeksi. Konsumsi bahan bakarnya tergolong irit, pabrikan mengklaim bisa mencapai 46,9 km/liter.

3. Teknologi yang dibawa Honda Vario 150 ini tergolong canggih. Mesin eSP memungkinkan adanya fitur Idling Stop System (ISS), yang bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Lalu ACG Starter membuat proses menghidupkan mesin menjadi sangat halus.

4. Bagasi besar seperti sudah jadi kewajiban bagi skutik yang dijual di Indonesia. Honda Vario 150 punya bagasi yang mampu menampung sebuah helm, full face atau open face, karena bagasi berkapasitas 18 liter.

5. Tampilan panel instrumen canggih, informatif dan sangat lengkap. Penunjuk konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual biasanya diterapkan untuk motor kelas premium. Lalu ada voltmeter yang bisa memantau kondisi tegangan baterai.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150 02

Tapi ada beberapa hal yang menjadi kekurangan Honda Vario 150, diantaranya:

1. Basis mesin yang dipakai Honda Vario 150 sama dengan ADV150 dan PCX 150. Ada potensi penyakit khas yakni 'gredek' aau getar pada komponen CVT, khususnya saat motor mulai bergerak dari posisi diam. Untungnya mesin tergolong responsif.

2. Meski pabrikan mengklaim jika ukuran motor ini pas untuk orang Indonesia, tapi untuk pengendara wanita akan sedikit menyulitkan. Ini karena tinggi tempat duduk mencapai 769 mm, agak menyulitkan karena rata-rata tinggi wanita di Indonesia kurang dari 170 cm.

Kesimpulan

Selain masalah penyakit khas dari mesin 150 cc miliknya, dan ukurannya yang kurang pas untuk pengendara wanita, Honda Vario 150 sangat pas untuk dijadikan kendaraan harian. Terlebih harga jualnya juga lebih murah dibandingkan kompetitornya, Yamaha Aerox 155.

Perbandingan

Seperti telah disebutkan di atas, Honda Vario 150 memiliki kompetitor terdekat yakni Yamaha Aerox 155. Skutik buatan Yamaha ini juga memiliki desain yang sporty dan fitur canggih, tapi unggul dalam hal performa mesin.

Mesinnya 155 cc SOHC 4 katup, dengan katup VVA (Variable Valve Actuation). Tenaganya mencapai 14,9 PS / 8.000 rpm dan torsi 13,8 Nm / 6.250 rpm.

Bandingkan dengan mesin Honda Vario 150 yang punya tenaga 13,1 PS / 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 13,4 Nm / 5.000 rpm. Jelas Honda Vario 150 kalah dalam performa mesin.

Tapi keduanya sama-sama sudah halus dalam proses menghidupkan mesin, Honda pakai ACG Starter dan Yamaha Aerox 155 berteknologi Smart Motor Generator (SMG). Teknologi ini terkait dengan fitur ISS pada Honda dan SSS (Stop Start System) pada Yamaha.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150 03

Lalu pilihan varian, Honda Vario 150 hanya ada satu varian saja dan perbedaan harganya hanya tergantung pada pilihan warna, tanpa ada perbedaan fitur atau aksesoris yang melekat.

Beda dengan Yamaha Aerox 155 yang hadir dengan varian tiga varian, yakni Standar, R Version dan S Version. Belum lagi ada opsi warna Monster Energy MotoGP untuk penggemar balapan.

Honda Vario 150 punya kapasitas tangki lebih besar, mencapai 5,5 liter. Sedangkan Yamaha Aerox 155 hanya 4,6 liter saja. Jelas pengguna Honda Vario 150 akan lebih jarang berhenti untuk mengisi bahan bahar ketimbang Yamaha Aerox 155.

Soal utilitas, meski Honda Vario 150 bisa menampung helm di balik tempat duduknya, tapi soal kapasitas bagasi Yamaha Aerox 155 lebih unggul karena punya kapasitas mencapai 25 liter sedangkan Honda Vario 150 hanya 18 liter saja.

Lainnya bisa dibilang seimbang, rem hanya depan yang pakai cakram, belakang masih tromol. Lalu lampu-lampu seluruhnya sudah LED. Kunci kontak sudah model keyless, tapi untukYamaha Aerox 155 ada opsi yang pakai kunci kontak model magnet biasa, tergantung variannya.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150 04

Harga

Yamaha Aerox 155 dijual mulai dari Rp 24.795.000 untuk varian Standar, lalu Rp 26.135.000 dan Rp 26.645.000 (MotoGP) untuk R Version, Rp 28.565.000 untuk S Version dan Rp 28.550.000 untuk Doxou Version.

Sementara Honda Vario 150 dijual mulai dari Rp 24.150.000 untuk varian Exclusive, dan Rp 24.300.000 untuk varian Exclusive Matte Black dan Sporty Series.

Kesimpulan

Jika membutukan sebuah motor skutik yang proper dan lincah dipakai harian, serta punya bagasi yang cukup besar dan performa baik, Honda Vario 150 jadi pilihan yang pas, khususnya untuk pengendara pria.

Harga jual yang lebih murah dari kompetitornya, serta punya fitur yang tak kalah canggih, menjadikan Honda Vario 150 lebih mudah untuk dimiliki.

 

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });