Pembeliannya bisa dengan sistem tukar tambah yang akan lebih murah, atau bisa beli putus menggunakan tangki bensin baru sehingga tangki bensin aslinya bisa disimpan.
“Kalau pakai sistem tukar tambah dengan tangki aslinya harga Rp 650 ribu, tapi kalau beli putus harganya Rp 750 ribu,” ujar pria yang biasa dikenal Razan Yamaha India ini.
Yang memungkinkan tangki Lexi LX 155 ini diperbesar karena masih adanya ruang antara sisi bawah tangki dengan sepatbor, ruang tersebutlah yang dimanfaatkan untuk tangki customnya.
Prosesnya dengan memotong sisi tengah tangki bensin original, dan menyambung serta membentuk sisi bawah tangki menggunakan tebal bahan yang serupa.
“Tangki original dipotong bagian tengahnya, lalu disambung plat galvanis 0,9 mm. Untuk menyambung plat galvanis dengan tangki bawaannya pakai las karbit lalu dicat hitam kembali atau bisa sesuai request warna,” sambung Razan.
Untuk memaksimalkan kapasitas tangki customnya, ada beberapa bagian di sepatbor yang perlu dipotong.
Itu merupakan dudukan beberapa kabel yang sedikit diubah posisinya agar tidak mentok dengan tangki baru yang kini berkapasitas 6 liter.
Sepertinya jadi salah satu part wajib dipasang buat pemilik Yamaha Lexi LX 155 nih!
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17