Trend Tabung Minyak Rem Celup, Tampilan Batok Setang Jadi Rapi!
Fariz · 16 Agu, 2024 12:30
0
0
Harus pakai slang minyak rem khusus.
Pemilihan bracket tabung minyak rem yang tepat jadi kunci.
Upgrade perangkat rem terkadang bukan hanya mengejar performa pengereman agar lebih pakem, tapi juga ada unsur modifikasi yang mementingkan penampilan motor.
Salah satu perangkat rem yang kerap dimodifikasi adalah master rem yang bertugas memompa minyak rem lalu menekan piston kaliper dan membuat kampas rem menjepit cakram.
Upgrade yang dilakukan umumnya mengganti master rem dengan model tabung minyak rem pisah agar tampilannya lebih sporty juga menarik.
Apalagi sekarang ini sudah banyak merek aftermarket yang membuat tabung minyak rem dengan beragam model juga warna, jadi bisa disesuaikan dengan selera serta warna motor.
Untuk yang ingin tampil sporty, mungkin lebih memilih untuk menggunakan tabung minyak rem besar layaknya motor balap.
Tapi untuk di motor matic, ternyata tampilan ini kurang sesuai dengan dimensi cover setang atau batok.
Untuk itu RD Matic Shop yang memang spesialisnya memodifikasi matic khususnya Honda ini melakukan hal unik agar tabung minyak rem ini tetap tampil proporsional.
Tabung Minyak Rem Celup
Agar tampilan tabung tidak terlalu menonjol, maka posisi tabung minyak rem dibuat celup hampir separuh badan botol masuk ke dalam cover setang.
Bahkan ada yang hanya menyisakan tutup tabung minyak remnya saja, jadi area batok setang bakal lebih bersih.
Namun prosesnya tidak bisa sembarang, karena harus dilakukan dengan telaten agar bisa terpasang optimal dan tampil proporsional.
“Yang pertama harus ganti slangnya yang dilengkapi per, karena slang ini nantinya akan diputar. Kalau slang tanpa per akan nekuk patah dan bikin aliran minyak rem gak maksimal, kalau slang dengan per ini aman gak bakal nekuk patah,” tunjuk Alie dari RD Matic Shop.
Setelah slang diganti, langkah berikutnya membuat dudukan tabung minyak rem agar posisinya menjadi lebih rendah.
Rata-rata menggunakan bracket tabung minyak rem dari Kyta atau KTC Kytaco, bracket ini dipilih karena memiliki panjang yang pas.
Kalau pakai bracket lain seperti WR3, itu terlalu panjang jadi posisi tabung minyak rem gak nempel sama master rem.
"Habis bracket tabung minyak rem dipasang, kalau posisinya kurang rendah bisa ditambah bushing,” tambah pria yang ngebengkel di Jl. Kembang Kerep No.C10, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakbar.
Trend tabung minyak rem ‘celup’ ini bisa dilakukan di hampir semua motor matic, namun diakuinya paling enak melakukan fitment ini pada Vario 125 KZR.
Ini karena memiliki cover setang lebar, jadi posisinya benar-benar bisa bikin tabung minyak rem tenggelam.
Kalau motor tipe lain mungkin agak nongol, prosesnya ada yang coak batok ada juga yang tanpa coak, tergantung posisi dan diameter tabung minyak remnya.
"Kalau mau dibikin ‘celup’ gini, ada tambahan jasa Rp 50 ribu,” tutupnya.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17