Nah bunyi klik kedua baru switch untuk menghidupkan mesin. Tentunya dengan menarik tuas rem belakang lebih dalam.
Jadi rem akan lebih mengunci dan efek motor loncat ketika tuas gas tak sengaja diputar bisa diminimalkan.
Hal ini berkaitan dengan keamanan saat proses menyalakan mesin motor, tentunya untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.
Seperti yang kalian ketahui, motor matic harus menarik tuas rem dulu untuk bisa menyalakan mesin.
Namun karena menyatu dengan switch lampu rem, banyak kejadian anak-anak yang dibonceng tak sengaja menekan tombol starter dan menarik tuas rem dengan mudah.
Alhasil, motor akan meluncur dan berbahaya. Jadi langkah dua kali bunyi klik seperti yang terdapat pada Honda Vario 160 merupakan saah satu fitur keamanan yang bermanfaat.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil