Ini Beda Tiga Varian Ducati Scrambler 800 2023 yang Baru Meluncur
Fariz · 2 Sep, 2023 09:30
0
0
Tiga model dengan tiga gaya berbeda.
Full Throttle sudah pakai Termignoni dan quick shifter.
Nightshift jadi Scrambler paling elegan.
Ducati Scrambler 800 di Indonesia sempat vakum beberapa saat, tepatnya pada tahun 2022 karena Ducati Indonesia bertujuan memperkenalkan Next-Gen Scrambler 800 2023.
Setelah diperkenalkan pertengahan pekan ini, Ducati Indonesia memboyong varian Icon yang dibanderol Rp 377 juta off the road dan varian Nightshift juga Full Throttle yang dibanderol Rp 410 juta off the road.
“Scrambler jadi model Ducati paling murah, paling enteng, dan paling enak. Ini jadi generasi kedua, generasi pertama 2015."
"Awalnya ada di tahun 1962 tapi berhenti di tahun 70-an. Untuk varian Scrambler 1100 kami tetap jual, tapi masih mengikuti model 2022,” ujar Dito Mulyawadi, Direktur After Sales Ducati Indonesia.
Lantas apa saja perbedaan antar tipe dari tiga varian yang hadir pada Ducati Scrambler 800 mondel year 2023? Mari kita ulas.
Beda Gaya Ducati Scrambler 800 2023
Ketiga varian Scrambler ini punya perbedaan utama pada gaya atau tampilan, meskipun ketiganya tetap mengusung basic konsep Scrambler yang khas.
Untuk Icon rasanya memberikan kesan modern, cheerful, dan seakan-akan pemiliknya memiliki jiwa yang lebih bebas dengan suguhan 9 pilihan warna (Storm Green, Rio Celeste, Tangerine Orange, Jade Green, Sparking Blue, Velvet Red) aksesoris yang bisa dipilih.
Motor yang punya 3 pilihan warna ‘62 Yellow, Thrilling Black, dan Ducati Red ini memang jadi varian basic yang paling iconic, sehingga wajar kalau Scrambler Icon 800 bisa menjadi primadona.
Berikutnya ada Scrambler Full Throttle 800 tampil dengan aura sporty yang lebih kental, ini langsung terasa dari penggunaan warna Red GP19 / Dark Stealth yang cukup kontras.
Kesan racy semakin terasa berkat adanya side panels yang bertuliskan angka 62 ala tunggangan balap, namun arti dari 62 tersebut merupakan tahun pertama kali adanya Ducati Scrambler pada tahun 1962.
Terakhir ada tipe Scrambler Nightshift 800, menjadi varian dari Scrambler yang paling terlihat elegan dan premium dengan balutan warna Nebula Blue cukup memberi kesan mewah.
Kesan klasik dan mewah kembali ditampilkan dengan penggunaan kulit jok berwarna cokelat dan penggunaan sepasang pelek spoke wheels yang hanya ada pada varian Nightshift.
Beda Kelengkapan
Tampilan serta gaya berbeda yang dihadirkan pada tiga varian Scrambler tersebut juga disandingkan dengan beberapa kelengkapan yang berbeda, terutama untuk Full Throttle dan Nightshift.
Penggunaan desain jok, warna bodi, serta livery yang lebih racy pada Full Throttle disandingkan juga dengan sein LED Ducati Performance, desainnya lebih kecil dibandingkan milik Icon tapi tetap punya pancaran sinar yang jelas.
Full Throttle juga sudah dilengkapi dengan knalpot slip on Termignoni alias hanya silencer, artinya untuk header dan catalytic converter original tetap terpasang sehingga kadar gas buang tetap terjaga tapi dengan suara yang lebih ngebass!
Kelengkapan lainnya ada pada setang pipa yang dimensinya sedikit lebih rendah dari Icon untuk memberi berkendara racy, lalu ada sporty tail yang mana sepatbor belakang tidak terpasang.
Sepatbor depan juga punya desain yang lebih pendek yang bertujuan menguatkan kesan racy dari Full Throttle, lalu di bawah ada sump guard untuk menjaga mesin dari benturan, dan paling keren adanya quick shifter sebagai aksesori standar pada Full Throttle.
Kemudian pada Nightshift selain tampak menggunakan pelek jari-jari dan kulit jok cokelat model klasik juga ada penggunaan flat handlebar lengkap dengan spion bar-end.
Ini membuat aura elegannya dikombinasi dengan gaya Cafe Racer yang memang sedang marak digandrungi.
Sepatbor depan pendek, sein LED Ducati Performance, dan tanggalnya sepatbor belakang turut diterapkan pada Nightshift.
Selebihnya ketiga varian ini punya spesifikasi yang sama pada mesin yang menggunakan L-Twin Desmodromic 803 cc bertenaga 74 ps, suspensi depan upside down KYB, ban Pirelli MT 60 RS, dan pengereman Brembo.
Sikattt…
Spesifikasi Ducati Scrambler 800 2023
Tipe mesin
L-Twin, Desmodromic, 2 katup per silinder, pendingin udara
Kapasitas mesin
803 cc
Bore x stroke
88 x 66 mm
Rasio kompresi
11:1
Tenaga maksimal
11:1
Tenaga maksimal
74 ps @8.250 rpm
Torsi maksimal
65,2 Nm @7.000 rpm
Sistem bahan bakar
Electronic fuel injection, 50 mm throttle body dengan ride-by-wire system