Intip Deretan Motor Ikonik Ducati, Ada MotoGP Versi Jalan Raya!
Ilham · 12 Okt, 2023 14:00
0
0
Ducati Desmosedici RR sudah berusia lebih dari 10 tahun.
Ada yang hanya dibuat 500 unit saja.
Dalam versi standarnya, moge-moge keluaran Ducati sebenarnya sudah terbilang istimewa di Indonesia. Namun pabrikan motor asal Italia itu juga dikenal gemar merilis produk ikonik.
Tak jarang produk yang diproduksi terbatas ini diturunkan langsung dari tunggangan Ducati arena balap, seperti di ajang World Superbike (WSBK) hingga MotoGP.
Seperti beberapa line up motor ikonik Ducati yang dipajang pada acara Meet & Greet pembalap tim Ducati MotoGP hari Selasa (10/10/2023).
Selanjutnya ada superbike Ducati Panigale Superlegerra 1299, model ikonik Ducati yang hanya ada 500 unit di seluruh dunia. Sasis motor ini terbuat dari bahan karbon yang ringan.
Selain itu Ducati Panigale Superleggera 1299 berkelir merah-putih ini menggendong mesin Superquadro L-twin cylinder, 4 valve per cylinder, Desmodromic berkapasitas 1.285 cc.
Cafe Racer Retro Modern Ducati
Melihat sosok retro ala cafe racer, Ducati Paul Smart langsung jadi yang paling mudah dikenali.
Statusnya pun terbatas karena hanya tersebar sebanyak 2.000 unit di seluruh dunia.
Sebab model spesial Ducati ini dibuat untuk memperingati kemenangan Paul Smart di Sirkuit Imola pada 1972.
Ducati Paul Smart menggendong mesin L-twin 992cc yang dilengkapi oleh katup Desmodromic, injeksi bahan bakar elektronik Marelli, knalpot Termignioni, serta ECU DP race.
Ducati Paul Smart mampu menyemburkan tenaga sebesar 92 PS dengan torsi maksimum mencapai 90,8 Nm.
Motor MotoGP Versi Jalan Raya
Nah, sosok motor ikonik Ducati yang juga dipajang kali ini adalah Ducati Desmosedici RR, alias Racing Replika.
Secara usia, motor ini terbilang cukup tua, yakni 15 tahun. Tapi sosoknya terlihat timeless.
Seperti namanya motor ini merupakan replika Desmosedici MotoGP versi jalan raya yang diproduksi terbatas. Hanya ada 1.500 unit saja di seluruh dunia.
Motor ini mengusung mesin DOHC L4, Desmodromic, 4 valve per silinder dengan kapasitas 989 cc. Sebagai catatan, di era awal MotoGP, regulasi volume mesin yang diperbolehkan maksimal adalah 990 cc.