Jadi Rp 78 Jutaan, Ini Ragam Fitur Baru Vespa GTS 150 Series 2023
Fariz · 8 Jun, 2023 15:30
0
0
Fitur keyless pertama pada Vespa.
Pakai anti-dive system pada suspensi depan.
Mesin diupgrade sehingga tenaga dan torsi meningkat.
Di pertengahan tahun 2023 PT Piaggio Indonesia kembali menyegarkan produknya, namun bukan hanya sekadar warna tapi ada update juga dari segi desain sampai fitur-fitur terbaru pada line up Vespa GTS 150 2023.
Vespa GTS 150 (Spesifikasi | Berita) hadir dalam 2 pilihan tipe, ada varian Classic dengan harga jual Rp 78,800 juta OTR DKI Jakarta dan varian Super Sport dengan banderol Rp 84,550 juta OTR DKI Jakarta.
Dengan kenaikan harga tersebut, lantas apa saja pembaharuan yang dilakukan Piaggio Indonesia untuk line up GTS 150 series? Berikut ulasannya.
Hal pertama yang bisa dilihat ada pada perlampuan yang awalnya hanya LED di lampu utama dan DRL, kini mulai merambat ke lampu sein dan lampu rem dengan desain model baru yang membuat tampilannya kian modern dan mewah.
Namun jika ditengok lagi ke belakang, lampu penerangan pelat nomor masih menggunakan bohlam halogen kecil, jadi belum sepenuhnya LED.
Dari segi desain, Vespa GTS 150 2023terbaru ini punya beberapa perbedaan model seperti pada kedua peleknya yang kini punya desain lebih modern, seperti bentuk kembang bunga dengan 5 lubang besar.
Desain baru juga ada pada sepasang spionnya yang bukan lagi model bulat seperti pendahulunya, melainkan pakai desain melancip yang membuatnya terkesan lebih modern walaupun bentuknya jadi tidak senada dengan lampu utama.
Kemudian untuk detail desain baru ada pada front tie atau dasinya yang khas dengan 3 sirip grill se-warna bodi, detail lain ada pada sirip atau lateral grid di kedua sisi glove boxnya.
Keyless
Fitur baru selanjutnya yang hadir di GTS 150 series terbaru ini adalah penyematan fitur keyless yang menggantikan anak kunci dengan fitur immobilizer pada GTS versi sebelumnya.
Remote keyless berbahan plastiknya pakai kombinasi warna hitam dan silver serta terdapat logo Vespa di belakang, sisi depannya terdapat dua tombol yang berfungsi sebagai bike finder dan pembuka jok.
Ketika tombol Bike Finder dipencet, maka keempat lamu sein akan berkedip sehingga memudahkan pengendaranya untuk mencari Vespa GTS 150 2023 di parkiran.
Fitur Bike Finder dan pembuka jok pada remot sudah bisa digunakan dari jarak 50 meter, sedangkan knob kunci kontaknya baru bisa diputar ketika remote berada di radius 1,5 meter dari motor.
Yang keren adalah adanya fitur passive recognition, ini bisa digunakan ketika baterai pada remot lemah sehingga tidak bisa mengirim sinyal ke motor.
Maka cukup dekatkan atau tempelkan remot ke sisi atas glove box yang memiliki logo sinyal sehingga knob bisa diputar dan motor pun hidup.
Spidometer Vespa GTS 150 2023
Pembaharuan juga ada pada spidometer namun tetap mengandalkan kombinasi jarum sebagai penunjuk kecepatan dan layar digital di bawah yang kini punya informasi lebih lengkap.
Saat dihidupkan maka akan ada sapaan welcome pada layar digitalnya, kemudian terlihat ada fuel meter bar di sisi kiri dan engine temperature bar di sisi kanan serta jam di sisi tengah.
Lalu ada informasi volt meter yang bisa diganti menjadi real time fuel consumption, average fuel consumption, fuel range, average speed, dan max speed.
Kalau informasi di sisi kanan ada odometer yang bisa diganti menjadi trip A dan trip B, ketika informasi trip aktif maka informasi jam akan berganti menjadi trip time.
Untuk tipe GTS Super Sport 150 sudah include dengan MIA Connectivity sehingga layar digitalnya bisa menampilkan notifikasi pesan, telepon masuk, telepon tidak terjawab, sinyal, kapasitas baterai, dan music.
Selebihnya ada indikator servis, indikator ASR off, indikator engine cut off, dan standar samping. Kalau di sisi atas ada indikator high beam, low fuel level, ABS, Stop & Go, MIL, dan oil level.
Anti Dive-System
Ubahan yang sangat baru dihadirkan oleh Vespa dengan menyematkan Anti-Dive System pada konstruksi suspensi depan, jika dilihat terdapat sebuah batang besi yang terhubung antara fork dan link suspensi depan.
Sistem ini diklaim bisa menjaga motor saat pengereman agar tidak amblas atau menukik, dengan begitu pengendara tetap dalam posisi nyaman meski sedang melakukan pengereman.
Mesin Vespa GTS 150 2023
Di sektor mesin masih menggunakan konfigurasi 155 cc, 4-langkah, silinder tunggal 4 katup, dan berpendingin cairan. Starter yang digunakan sudah halus dengan fitur Start & Go layaknya Stop & Start System.
Meski begitu ada sedikit peningkatan tenaga dan torsi, dari tenaga maksimal 14,6 ps kini meningkat jadi 15,6 ps pada 8.250 rpm dengan torsi maksimal yang awalnya 13,5 Nm berubah menjadi 15 Nm di 6.500 rpm.
Kenaikan tenaga dan torsi tersebut didapat dari hasil setingan ulang pada area ECU dan racikan baru pada noken as namun klaimnya bahan bakar tetap efisien.
Kesimpulan
Dengan harga yang ditawarkan, praktis konsumen mendapatkan banyak perubahan pada sosok Vespa GTS 150 2023, yang mencakup banyak bagian.
Ubahan desain yang lebih menarik, upgrade performa mesin dengan sentuhan ulang pada part internal hingga fitur-fitur yang disematkan.
Maka tak heran jika sampai disebut kemunculan motor ini merupakan hari bersejarah untuk Vespa, karena akhirnya mereka menyematkan kunci keyless pada motor buatannya.
Spesifikasi Vespa GTS 150 2023
Mesin
4-langkah, silinder tunggal, 4 katup, I-get, sistem Start & Go
Kapasitas mesin
155 cc
Tenaga maksimal
15,6 ps @8.250 rpm
Torsi maksimal
15 Nm @6.500 rpm
Sistem pendingin
Cairan
Sistem bahan bakar
Injeksi elektronik
Transmisi
CVT
Suspensi depan
Lengan tunggal pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan sistem Anti-Dive
Suspensi belakang
Peredam kejut hidrolik ganda dengan 4 tingkat setelan kekerasan