Misalnya saja mengenai sistem navigasi. Jika Honda PCX160RoadSync mengandalkan peta dari Google Maps, maka navigasi yang digunakan Honda CUV e: berasal dari penyedia peta digital bernama Mapbox Navigation.
Navigasi Seperti Apa yang Digunakan Honda CUV e:
Lantas, berbeda pula pengaplikasian navigasi pada kedua motor ini. Tidak seperti PCX160 RoadSync dengan mekanisme mirroring peta dari smartphone, navigasi pada motor listrik Honda CUV e: justru dirancang built in.
Simpelnya, sistem navigasi pada CUV e: tidak terintegrasi secara langsung dengan smartphone pun aplikasi itu sendiri.
Pasalnya, navigasi CUV e: tetap aktif sekalipun smartphone dalam kondisi mati. "Ketika handphone mati, navigasi di layar TFT motor tetap jalan," kata Tommy Rinaldi, Tim Technical Service PT AHM.
Setelah menentukan lokasi dari aplikasi RoadSync Duo, peta dikirimkan ke motor untuk kemudian menjalankan navigasi
Kondisi demikian didapat lantaran pemilik CUV e: harus terlebih dulu mengirimkan titik tujuan pada aplikasi RoadSync Duo ke sistem navigasi di motor.
Setelah data diterima maka navigasi akan aktif sekalipun smartphone kehabisan daya karena dapat diakses secara offline karena menggunakan bantuan setelit.
Namun, Tommy menambahkan bahwa navigasi ini perlu mendapatkan update menggunakan jaringan internet.
Tampilan Navigasi sama dengan Honda PCX160?
Selain build in map, nyatanya navigasi Honda CUV e: juga memiliki tampilan yang berbeda dengan Honda PCX160 RoadSync 2025.
Sebagaimana diketahui, navigasi Honda PCX160 RoadSync diperlihatkan dalam bentuk turn by turn. Informasinya pun hanya memakan porsi kecil saja di panel meter.
Lain halnya dengan Honda CUV e: yang tak sekadar memperlihatkan informasi turn by turn, tapi dilengkapi pula peta beserta grafis dari titik A ke titik B.
Tak berhenti di sana, eksplorasi terhadap daerah sekitarnya pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan switch control yang terletak di setang sebelah kiri. Anda dapat menggeser peta ke kanan dan kiri, zoom in maupun zoom out.
Memang, mengenai point of interest pada peta ini tidak sedetail peta Google Maps. Tapi, RoadSync Duo akan memperlihatkan lokasi swap station battery yang ada di sekitar rute Anda.
Dengan penetapan rute tersebut, maka penggunaan baterai bisa lebih efektif. Toh, pada aplikasi RoadSync Duo pula terdapat estimasi persentase baterai yang terpakai dari titik A ke B.
Artinya, pengguna dapat memonitoring perjalanan Bersama Honda CUV e RoadSync Duo.
Selain navigasi, RoadSync Duo juga memiliki fitur lain seperti informasi panggilan telepon dan penyetel musik. Namun, absen untuk pembaca pesan masuk dan perintah suara yang mana tersedia pada Honda PCX160 RoadSync.
Sekadar informasi, Honda CUV e: ditenagai motor listrik model side drive dengan tenaga maksimal 6 KW di 3.500 rpm, yang bisa membawanya melaju hingga kecepatan 83 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km.
Namun tenaga rata-ratanya hanya di angka 4,2 kW dengan torsi maksimal 22 Nm pada 2.300 rpm saja.
Terdapat tiga mode berkendara, yakni ECON, STD, dan Sport yang bisa dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan pengendara serta kondisi perjalanan.
Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: dengan spesifikasi 50,26 V 29,4 Ah pada masing-masing baterai.
Bisa menggunakan sistem swap atau ditukar, bisa juga langsung charge sendiri dengan off-board charger.
Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam, dan butuh waktu 2,7 jam atau 160 menit untuk pengisian dari 25% ke 75%.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!