window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Langsung Tergiur, Cek Dulu Kekurangan Honda PCX 160 Bekas

Ilham · 28 Jul, 2023 11:30

Servis Honda PCX 160

Servis Honda PCX 160
  • Honda PCX 160 masih terbilang muda.
  • Sempat terkena recall di 2022.

Dalam kondisi baru, Honda PCX 160 2023 kini dilepas dengan harga Rp 32,67 juta di versi CBS. Serta Rp 36,085 juta pada model ABS.

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa menebus unit bekasnya yang mulai marak ditawarkan. Harganya jelas lebih bersahabat.

Seperti dipantau dari situs jual beli online, harga jual dari unit bekasnya dibuka dari Rp 27 jutaan untuk tipe CBS. Sedangkan versi ABS masih dihargai Rp 30 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hal ini tentu menarik, apalagi usia motor masih relatif muda. Sehingga biaya perbaikan masih terbilang minim. 

Meski demikian, ada beberapa kekurangan yang patut jadi pertimbangan bagi Anda sebelum menebus Honda PCX 160 dalam kondisi bekas.

Sehingga unit yang didapat sesuai dengan ekspektasi. Seperti apa?

Baca Juga: Honda ADV 150 2024 Masih Eksis di Brazil, Harga Tembus Rp 73 Jutaan!

Suspensi dan Jok Honda PCX 160

Hadir sebagai skuter matic premium yang menawarkan kenyamanan berkendara, suspensi dan busa jok standar yang kerap dianggap keras.

Sehingga tak sedikit pemiliknya yang melakukan ubahan di dua bagian tersebut untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih optimal. 

Jangan Langsung Tergiur, Cek Dulu Kekurangan Honda PCX 160 Bekas 01

Honda PCX 160 punya ground clearance rendah.

Seperti tips yang marak diunggah di forum-forum sosial media penggemar Honda PCX 160. Seperti ubahan sokbreker belakang yang memakai produk aftermarket.

Rata-rata, sokbreker aftermarket memiliki setelan kekerasan dan tabung gas atau oli sok tambahan. 

Baca Juga: Pertamax Green Cocok Diminum Matic Kompresi Tinggi, Ini Daftarnya

Hal ini berbeda dari bawaan yang masih standar tanpa tabung, dan belum memiliki setelan kekerasan.

Sementara kekerasan busa jok kerap diatasi dengan penambahan bahan latex. Penggunaan latex diklaim cukup menambah kenyamanan motor secara signifikan.

Baca Juga: Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini

Wajib Cek Kondisi Mesin

Meski relatif berusia muda, namun namanya motor bekas pakai tentu perlu ketelitian lebih sebelum memilih Honda PCX 160. 

Jangan Langsung Tergiur, Cek Dulu Kekurangan Honda PCX 160 Bekas 02

Termasuk model yang disukai konsumen.

Apalagi tak sedikit yang mengandalkan motor ini sebagai ojek online dan kurir barang. Dua profesi yang kerap mengandalkan motor dengan daya jelajah jauh.

Untuk itu, cek dulu kondisi mesinnya. Pastikan tak ada suara berisik yang tidak umum saat mesin menyala.

Lihat juga adanya potensi rembesan oli dari sambungan mesin. Serta pastikan mesin bebas retakan bekas benturan, apalagi ground clearance motor ini termasuk rendah.

Ada baiknya, Anda mengetahui riwayat servis motor tersebut. Bisa dilihat dari buku panduan servis atau menanyakan langsung ke penjualnya.

Waspadai CVT Kasar Honda PCX 160

Tahun 2022 lalu PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan recall pada model ini, termasuk juga Honda ADV 160. Perbaikan ini terjadi untuk memeriksa dan mengganti komponen di bagian CVT.

Jangan Langsung Tergiur, Cek Dulu Kekurangan Honda PCX 160 Bekas 03

Sempat ada recall di bagian CVT

Tepatnya pada bagian pulley assy driven atau face set driven. Pergantian dilakukan karena komponen disebut memiliki ketebalan tak merata karena proses produksi yang kurang sempurna.

Akibatnya akan ada suara asing di area CVT, bahkan jika masih dipakai tanpa diganti akan berefek pda penurunan kinerja motor dan kerusakan lainnya.

Nah, dengan pengecekan riwayat servis motor juga Anda bisa mengetahui apakah komponen tersebut sudah diganti atau belum. Sehingga bisa terhindar dari masalah dari peranti tersebut.

Pastikan Fitur Masih Bekerja

Honda PCX 160 dikenal juga dengan berbagai fitur yang kekinian dan canggih. Seperti adanya spidometer digital, lampu LED, ISS, Smart Key System, port charger hingga rem ABS di tipe tertingginya.

Jangan Langsung Tergiur, Cek Dulu Kekurangan Honda PCX 160 Bekas 04

Ragam fitur Honda PCX 160.

Jelas hal tersebut adalah deretan keunggulan yang ditawarkan. Di sisi lain, Anda perlu cermati kinerja fitur-fitur tersebut. 

Sebab jika terjadi kerusakan pada salah satu fitur yang ada, selain mengurangi kenyamanan berkendara, juga bisa menambah pengeluaran Anda untuk perbaikannya.

Kesimpulan

Beberapa poin tadi tentunya bisa menjadi perhatian bagi calon pembeli Honda PCX 160 dalam kondisi bekas, agar tak bikin tekor setelah ditebus.

Jika bisa mendapatkan unit yang baik, tentunya motor ini termasuk asyik untuk dikendarai sebagai kuda besi harian atau touring.

Desain elegan berpadu fitur canggih jadi andalan motor ini, tak heran masa tunggu alias inden motor ini terhitung lumayan panjang.

Ada baiknya pula untuk mengantisipasi unit yang zonk, bisa cari unit bekas di showroom motor bekas yang berani memberikan garansi ya.

Jadi, tetap teliti sebelum membeli ya.

Spesifikasi Honda PCX 160
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });