Kawasaki ER-6n Masih Jadi Moge Entry Level Idaman, Harga Bekas Mulai Rp 65 Jutaan
Fariz · 7 Des, 2022 12:30
0
0
Kawasaki ER6-n masih menjadi favorit moge entry level.
Dibekali dengan desain sport naked yang gagah dan berkarakter.
Pakai mesin 650 cc 2 silinder segaris dengan torsi dan tenaga besar.
Kawasaki ER-6n masih menjadi favorit bagi mereka yang ingin mulai naik kelas dari 250 cc. Favorit di sini karena dengan harga yang ditebus, pengendaranya bisa mendapatkan motor 650 cc dengan desain naked yang cukup gagah.
Desain bodi dan rangka tubularnya terlihat sangat menyatu dan seirama, didukung dengan desain tangki bensin yang cukup tinggi memberikan kesan gagah. Belum lagi ada mesin 650 cc 2 silinder di tengah dengan dimensi yang juga besar.
Meski masih menggunakan suspensi depan tipe teleskopik, namun ER-6n sudah dibekali dengan sepasang rem depan dengan cakram wavy semi-floating khas Kawasaki.
Terlebih sport naked ini juga menggunakan knalpot model underbelly yang membuat desain swing armnya model banana atau asimetris. Desain itu juga yang membuat tampilan ER-6n tampil lebih moge.
Tampilan gagah dengan rangka tubular yang terekspos
Tampilan buritan lebih berkesan moge look berkat kombinasi lebar pelek 4,5 inci yang dibalut ban berukuran 160/60-17. Gambot!
Mesin Bertenaga Kawasaki ER-6n
Salah satu ciri dari ER-6n yang cukup khas adalah karakter torsi dari mesinnya yang cukup badak. Mesinnya punya spesifikasi 649 cc dengan kombinasi diameter piston 83 mm, panjang langkah 64 Nm, serta perbandingan kompresi 10,8:1.
Sistem bahan bakar sudah injeksi dan berpendingin radiator ini punya klaim tenaga maksimal 72,1 ps pada 8.500 rpm serta torsi 64 Nm di 7.000 rpm. Tenaga tersebut sudah mampu membawa motor seberat 204 kg ini melaju dengan cepat.
Mesin 650 cc 2 silinder segaris yang punya torsi kuat
Bahkan tangan harus pintar-pintar menjaga putaran selongsong gas agar tidak terlalu menghentak dan tetap mudah dikendalikan.
Berat Kawasaki ER-6n 204 kg
Meskipun ER-6n masuk dalam kategori moge entry level, tapi bicara handling pengendaranya harus tetap memiliki skill mumpuni untuk bisa mengontrol sport naked satu ini.
Pasalnya ER-6n punya bobot isi mencapai 204 kg, yang mana angka ini bukan lah angka yang ringan untuk sebuah sepeda motor. Jadi pengendaranya perlu menyiapkan diri, terutama saat berada di kondisi macet.
Walau bobotnya lumayan berat, asyiknya ER-6n punya posisi jok yang tidak terlalu tinggi. Menurut data spesifikasinya, motor ini punya tinggi jok 805 mm yang mana cukup bersahabat untuk postur badan 170 cm.
Bobot 204 kg membuatnya cukup berat saat dikendalikan
Posisi jok yang rendah juga dikombinasi dengan setang telanjang yang punya posisi cukup tinggi, dengan begitu posisi badan akan lebih rileks dan nyaman untuk perjalanan jauh.
Fitur Sederhana
Belum banyak teknologi modern yang disematkan pada Er-6n. Seperti lampu-lampunya yang masih bohlam halogen, tidak ada power modes, tidak ada TCS, dan belum keyless.
Yang terlihat agak modern hanya di sektor spidometer, ini karena menggunakan kombinasi tampilan analog dan digital. Di atas ada jarum takometer untuk menunjukan putaran mesin dengan latar putih.
Di bawahnya ada layar digital memanjang yang berisi informasi kecepatan, fuel meter odometer, trip meter, dan rata-rata konsumsi bahan bakar.
Harga Bekas Mulai Rp 65 Jutaan
Kawasaki ER-6n diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2011 akhir, motor produksi Thailand ini kala itu punya banderol Rp 99 juta. Siap meminang ER-6n di tahun 2022? Cukup siapkan dana mulai Rp 65 jutaan saja.
Itu terlihat di beberapa situs jual beli kendaraan, di mana Kawasaki ER-6n lansiran 2011 dan 2012 dibanderol mulai dari harga Rp 65 juta hingga ada harga tertinggi hingga menyentuh Rp 90 jutaan.
Semua itu kembali kepada kondisi motor dan part modifikasi apa saja yang sudah terpasang, semakin banyak dan branded part modifikasi yang terpasang maka akan membuat harga jualnya semakin tinggi.
Knalpot underbelly serta swing arm model banana di sisi kanan
Bagi yang ingin punya dengan tahun yang lebih muda, bisa lirik ER-6n lansiran tahun 2015. Ciri pembedanya adalah ada yang menggunakan rangka dan swing arm warna merah, sirip mesin yang polished, serta dilengkapi ABS. Varian ini dibanderol di kisaran Rp 95 - Rp 100 jutaan.