Lagi Dicari-Cari, Harga Yamaha F1ZR Bekas Siap Pakai Kini Tembus Rp 20 Juta!
Harry · 13 Agu, 2021 18:00
0
0
Sejak beberapa tahun belakangan pamor motor bermesin 2-tak kembali naik. Salah satu alasannya tentu karena mesin 2-tak punya respon mesin yang spontan dan lebih galak dibandingkan mesin 4-tak.
Motor-motor 2-tak yang dulu sempat beredar pun kembali dicari banyak orang. Salah satunya adalah Yamaha F1ZR, motor bebek bermesin 110 cc dengan penampilan yang disukai anak muda.
Selain tergoda mesin 2-tak yang bersuara khas, dimensinya yang ringkas dan desain sporty menjadi daya tarik lainnya. Tak heran karena banyak diburu, harga bekasnya pun mulai melambung.
"Untuk harga bahan sekitar Rp 5 sampai 7 jutaan. Padahal dulu tahun 2015 saja itu masih Rp 4 sampai 5 jutaan. Rp 5 juta saja udah mahal banget," ujar Andi Yusuf dari Andi Garage21, pedagang spesialis Yamaha F1ZR.
"Sekarang karena banyak yang cari, harganya malah dinaik-naikin padahal bbelum tentu barangnya bagus. Tapi ada juga barang bagus harganya murah, itu hoki banget kalau dapat seperti itu," sambungnya beberapa waktu lalu.
Kemudian jika mendapatkan unit yang sudah rapi dan siap pakai, menurutnya itu sudah harga hobi. Kalau cocok ya bayar. "Harganya gelap, sudah lebih Rp 10 juta karena kita ngebangun pasti lebih dari harga beli motor," bebernya.
F1ZR Edisi Khusus
Yamaha F1ZR juga beberapa kali merilis edisi khusus seperti Limited Edition, Millenium yang muncul tahun 2000. Kemudian ada Caltex dan Marlboro yang merupakan replika motor balap road race.
"Untuk harga yang seperti ini sudah tinggi lagi, Caltex tuh paling gak sudah tembus Rp 20 juta," katanya. Memantau toko online, harga full set bodi Yamaha F1ZR Caltex saja ada yang mencapai Rp 20 juta.
Tentu harganya bisa lebih mahal jika lengkap termasuk striping bodi original Yamaha. Karena edisi khusus, stok bodi dan striping juga tak banyak beredar.
Biaya Restorasi
Seperti yang telah disebutkan Andi, biaya untuk merestorasi pasti lebih mahal dari harga beli bahan. Hal ini tak terlepas karena dari banyaknya komponen yang dibeli agar motor bisa rapi dan kembali seperti baru.
"Sekarang belanja bodi, part-part vital kaya master rem, kaliper rem, karburator, blok mesin sudah bisa tembus Rp 3 jutaan. Itu part orisinil semua," sambung Harry, yang merestorasi Yamaha F1ZR Millenium.
Menurutnya ada banyak harga part yang ajaib, seperti bodi set, besi dudukan footstep belakang, behel dengan warna seri khusus, lampu behel LED Koito atau Stanley, lampu depan model garis-garis dan banyak lagi.
"Striping saja untuk seri Millenium, untuk sayap dalam sebelah kanan, saya pernah ditawarkan Rp 500 ribu. Striping tulisan F1ZR satu sisi untuk bodi belakang juga segitu," ungkapnya.
Sejauh ini Harry masih melakukan restorasi kuda besi miliknya itu secara bertahap. "Pelan-pelan masih jajanlah, sekarang kalau ditotal sudah habis sekitar Rp 25 jutaan, belum termasuk bahan dan hidupkan surat-surat," pungkasnya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil