Menerka Fitur Baru Yamaha YZF-R15 V4 2022, Pakai TCS dan ABS?
Harry · 2 Agu, 2021 16:30
0
0
Sudah sejak beberapa hari lalu penampakan motor yang diyakini Yamaha YZF-R15 V4 (Version 4) beredar di dunia maya. Diketahui motor tersebut sedang diuji jalan di India, yang juga pasar untuk motor sport 155 cc tersebut.
Dari foto yang beredar, jelas jika desain motor sport satu itu akan mengadopsi gaya dari Yamaha YZF-R7. Dengan ciri-ciri lampu tunggal projector di tengah, dengan sepasang LED DRL tipis ditiap sisinya.
Seperti yang kalian ketahui, kalau beberapa waktu lalu Yamaha merilis motor sport 700 cc lewat sosok Yamaha YZF-R7. Motor ini diplot sebagai penerus dari Yamaha YZF-R6 yang gagal memenuhi standar emisi Euro 5 di Eropa sana.
Desain sporty khas keluarga Yamaha R Series diterapkan untuk motor tersebut, dengan gaya desain yang fresh dan berbeda. Tampilan seperti inilah yang nampaknya akan diterapkan untuk generasi keempat dari Yamaha YZF-R15.
Tambahan Fitur
Dari foto yang beredar itu pula, terlihat jika motor tersebut menggunakan suspensi depan upside down. Tentunya ini merupakan peningkatan karena motor ini dijual dengan suspensi depan teleskopik biasa di India.
Sementara di Indonesia, fitur tersebut sudah ada sejak awal kemunculan generasi ketiga. Lantas pada model terbarunya kelak, kira-kira akan ada tambahan fitur apa ya?
Melihat versi Indonesia, motor ini sejatinya sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup menggoda untuk konsumen. Misalnya Suspensi depan sudah upside down, belakang monosok dengan lengan ayun alumunium.
Kemudian panel meter full digital, lampu hazard, rem cakram ganda, lampu depan dan belakang LED hingga hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch. Kelengkapannya sudah terhitung banyak untuk sebuah motor sport 150 cc.
Tapi mengingat kompetitornya yakni Honda CBR150R baru saja update besar-besaran, ada sejumlah fitur yang seharusnya bisa ditanamkan oleh Yamaha untuk motor sport 155 cc andalannya itu. Apa saja kira-kira?
Pertama adalah ABS (Anti-lock Braking System). Honda CBR150R sudah punya fitur ini untuk varian tertentu. Piranti safety ini sekarang mulai banyak diterapkan, bahkan motor kecil Yamaha seperti Freego saja sudah ada versi ABS.
Terlebih di India sana Yamaha YZF-R15 V3 juga sudah ditanamkan fitur tersebut. Ya rem ABS sudah menjadi piranti wajib untuk motor-motor yang dijual di negara tersebut.
Fitur kedua adalah TCS (Traction Control System). Yamaha Nmax 155 yang berjenis skutik saja sudah dibekali fitur ini, tentu bukan hal yang sulit memberikan Yamaha YZF-R15 V4 dengan kelengkapan serupa.
Untuk yang belum tahu, TCS berfungsi untuk menjaga traksi pada roda belakang agar tidak mudah selip. Biasanya selip roda belakang terjadi karena jalanan licin atau membuka gas secara tiba-tiba.
Ketiga yang menurut kami harus dipasangkan adalah teknologi konektivitas Y-Connect. Ya supaya tak kalah dengan Yamaha Nmax 155 dan Yamaha Aerox 155 pastinya. Terlebih keduanya ditawarkan dengan harga lebih murah dari Yamaha YZF-R15 saat ini.
Dengan hadirnya fitur Y-Connect, pengendara bisa memantau kondisi motor, jadwal servis/ganti oli, konsumsi bahan bakar, adanya panggilan atau pesan masuk, mencari lokasi parkir terakhir, hingga rangking.
Masih terlalu dini sebenarnya menilai apakah mesin yang digunakan dibuat baru atau tidak. Terlebih dapur pacu yang digunakan saat ini sudah sangat mumpuni, punya tenaga yang cukup besar dipadu efisiensi bahan bakar optimal.
Yamaha YZF-R15 V3 saat ini dibekali mesin 155 cc, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan dengan transmisi manual 6 speed. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 19,3 PS di 10.000 rpm dengan torsi mencapai 14,7 Nm di 8.500 rpm.
Yamaha YZF-R15 memang sudah waktunya mendapatkan update signifikan, pasalnya model generasi ketiga sudah diniagakan lebih dari empat tahun. Penampakan calon model barunya di India sana seperti angin segar bagi pecinta motor di Indonesia.
Tentunya semua berharap pada generasi terbarunya, akan diberikan fitur-fitur yang lebih lengkap dan banyak lagi. Tapi pastinya kalian berharap kenaikan harganya tidak terlalu jauh dari harga jualnya yang diangka Rp 37 jutaan saat ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil