Walau datangnya bukan dari pemegang merek resmi, Yamaha Qbix 125 nyatanya tetap berlabuh di Tanah Air. Hal ini tentu menjadi kabar gembira untuk pehobi yang sudah kadung kepincut dengan motor matic berpaspor Thailand. Autofun pun menjadi salah yang berkesempatan mencicipinya. Dan, dari sini pula lah kami berkesempatan mengupas keunggulan motor berbanderol Rp100 juta ini.
1. Desain Unik
Sebagai pembuka, pembahasan tentu merujuk kepada desain yang sekaligus menjadi keunggulan pertama dari Yamaha Qbix 125 2022. Tampilannya sangat unik dan tidak bisa ditemui pada motor matic buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Maka dari itu, wajar jika akhirnya banyak pehobi yang lantas memburu Qbix kendati dijual mahal.
Seperti disebukan tadi. Desain Yamaha Qbix mengotak mulai dari depan sampai belakang. Penyajian tersebut pun kemudian diselaraskan melalui desain lampu depan yang sudah LED. Masih di area serupa, terdapat pula daytime running light (DRL) dengan jenis serupa. Terapan lampu hemat daya itu pun berlanjut ke penerangan belakang.
Keunikannya lantas bertambah berkat penggunaan sepasang ban berukuran 12 inci. Selain itu, pemberian setang telanjang juga menjadi daya tarik motor matic asal negeri gajah putih.
Lantaran sudah berkunjung ke Safari Motor selaku pemasok, kami pun mendapatkan kesempatan untuk melakoni kencan singkat bersama Yamaha Qbix 125 2022 ini. Saat duduk di atasnya, motor ini memiliki postur tak ubahnya dengan motor matic entry level lain.
Desain mengotak yang terkesan kompak darinya pun benar adanya. Itu lantas dipadu dengan ketinggian jok Yamaha Qbix 125 2022 hanya 775 mm. Sementara ground clearance diatur 135 mm. Menurut kami, posisi berkendara Yamaha Qbix 125 2022 santat nyaman dengan posisi setang yang tinggi. Untuk postur 170 cm, kemudi tak sekali pun bersinggungan dengan paha maupun lulut pengendara.
Dengan posisi ini pula, pengendalian menjadi lebih rileks karena posisi tangan menyiku secara ideal. Artinya, mengendarai motor ini tidak akan membuat pengendara cepat letih sekalipun bermacet-macetan.
3. Dilengkapi Stop & Start System
Selayaknya motor matic terkini, Yamaha Qbix 125 dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS). Ketika fitur bawaan itu aktif, mesin akan mati otomatis saat idle sekitar 3-5 detik. Lalu, cukup puntir gasnya saja untuk menyalakan kembali mesin motor.
Indikator tentang fungsi penyala-mati mesin otomatis itu bisa dilihat langsung pada panel meter. yap, panel meter Yamaha Qbix 125 2022 ini sudah full digital. Keseluruhan informasi motor juga ditampilkan dengan latar negative display.
4. Bagasi Luas
Dengan tubuh yang kompak tadi, Yamaha Qbix 125 nyatanya punya ruang penyimpanan lumayan besar. Bagasi yang berlokasi di bawah jok itu bisa menampung helm full face serta beberapa barang tambahan lainnya. Bagasi yang luas itu bisa diaplikasi lantaran tangki bensin Yamaha Qbix 125 berada di bawah pijakan kaki. Menariknya lagi, terdapat pula lampu di salah satu sisi bagasi. Ditujukan menjadi penerangan bantuan saat mengakses di malam hari.
Performa Yamaha Qbix 125 2022 mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, injeksi dan usung teknologi Blue Core. Mesin berkubikasi 125 cc itu juga diracik dengan bore x stroke: 52,4 x 57,9 mm dan rasio kompresi 9,5:1.
Jikapun disandingkan, rancangan jantung tersebut sama dengan kepunyaan Yamaha Mio M3 125 2021. Output yang diberikan mesin itu responsif di putaran bawah hingga menengah. Karakter demikian sangat cocok untuk penggunaan di dalam kota.
Dengan harga jual Rp100 juta, wajar jika kebanyakan orang menilai Yamaha Qbix dagangan Safari Motor ini over price (kemahalan). Tapi, daya tarik dari desain tak umum inilah yang sejatinya dicari para pehobi berdompet tebal.
Terbukti, daya serapnya cukup tinggi, si motor matic tersebut sudah terjual sebanyak 20 unit. Padahal, kuota yang mereka dapat hanyalah 25 unit. Cukup eksklusif bukan? Walau begitu, Yamaha Qbix 125 tentu memiliki beberapa kekurangan. Tunggu ulasan kami selanjutnya!
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!