Menjajal Moge Setengah Milyar Honda CBR600RR 2021 Sejauh 200 Km Lebih di Thailand
Harry · 27 Mei, 2021 18:00
0
0
Pertengahan Februari 2021 lalu PT Astra Honda Motor menambah pilihan motor gede (moge) yang dijual untuk pasar Indonesia, dengan memboyong Honda CBR600RR 2021. Motor supersport tersebut dilepas dengan nominal Rp 550 juta dan bisa didapatkan di dealer Honda Big Wing.
Meski produk tersebut belum kami coba langsung, namun rekan kami di Autofun Thailand sudah mencobanya. Motor tersebut dipakai untuk penggunaan harian dan menempuh jarak total lebih dari 200 km, sebagai gambaran jika motor ini digunakan sehari-hari.
Hal pertama yang menjadi bahasan adalah sosoknya yang keren dan sporty. Desainnya tak berbeda jauh dengan sang kakak yang di Indonesia dijual Rp 1 milyar lebih, Honda CBR1000RR-R Fireblade 2021.
Fascia depan agresif dengan sepasang lampu ganda berbentuk tajam dan tipis, yang memberi kesan agresif. Namun karena ada ornamen panel bodi hitam, membuatnya sedikit aneh, tapi itu soal selera pastinya.
Kemudian warna yang ditawarkan yakni tricolor sudah sangat indah dan pas diterapkan pada motor ini. Bagian yang tak kalah menarik adalah panel meter dengan layar TFT, satu-satunya disegmennya saat ini.
Dan yang telah menjadi ciri khas dari Honda CBR600RR adalah buritan dengan knalpot undertail. Pada bagian ini orang yang melihatnya akan langsung mengetahui jika motor tersebut adalah Honda CBR600RR.
Sebagai tambahan, bentuk knalpot undertail ini sangat keren dan tak seperti motor lain, karena knalpot ini memiliki suara yang sangat kuat. Hal tersebut akan memberikan sensasi adrenalin tinggi saat memacunya di lintasan.
Performa Mesin Memuaskan
Honda CBR600RR mengandalkan mesin baru DOHC 599cc 4 silinder segaris, yang mampu torehkan tenaga maksimal 121 PS pada 14.000 rpm dengan torsi 64 Nm diputaran 11.500 rpm.
Beberapa perubahan pada komponen mesin dilakukan, seperti mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup.
Performa mesinnya sangat bisa diandalkan, karena tak perlu usaha lebih untuk bisa membuat motor ini mengeluarkan potensinya. Cukup putar tuas akselerator untuk berakselerasi atau mendahului dengan cepat.
Potensi mesinnya ini memang sangat besar, namun kala digunakan untuk berkendara sehari-hari jelas sangat berlebihan. Masih banyak performa mesin yang bisa dieksplor dan itu tak bisa dirasakan dalam berkendara seperti biasanya.
Dengan berkendara lebih dari 200 km, rekan kami di Thailand merasa kagum dengan kinerja suspensi depan. Pergerakannya mampu meredam lubang hingga permukaan jalan tak rata dengan sangat baik. Begitu pula dengan kinerja peredaman belakang.
Hanya saja jika Anda merasa redamannya terlalu keras atau terlalu empuk, Anda bisa melakukan penyetelan ulang untuk preload, compression dan rebound. Ya suspensi motor ini full adjustable sehingga bisa disesuaikan kebutuhan.
Berbicara pengereman, tak ada yang meragukan dari cakram ganda dengan kaliper empat piston dari Tokico untuk roda depan. Lantas roda belakang dikawal rem cakram tunggal dengan kaliper satu piston dari Nissin. Tentunya rem sudah berteknologi ABS.
Jangan lupakan pula fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang bekerja sangat baik. Dengan rem ABS dan HSTC, Anda bisa melakukan pengereman kuat meski saat melaju dalam kecepatan tinggi.
Namun jika keduanya terlalu mengganggu kesenangan berkendara, Anda bisa membuatnya bekerja menjadi tak terlalu sensitif dengan pengaturan secara manual sesuai kebutuhan, melalui panel meter.
Honda CBR600RR 2021 membawa banyak teknologi. Mari mulai dari IMU 5 axis yang biasa digunakan pada motor superbike 1000 cc. IMU ini bertugas mengetahui pergerakan motor dan kemiringan, untuk membantu mengontrol keseimbangan motor ketika melewati tikungan.
Jangan lupakan pula Assist & Slipper Clutch yang mereduksi kekuatan engine brake, saat melakukan penurunan gigi transmisi dengan cepat. Pengendalian motor pun terbantu dengan adanya Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang rapi di balik tangki.
Jangan lupakan juga lima opsi mode berkendara, mode 1 paling kuat, mode 2 cocok untuk berkendara di jalan umum dan mode 3 untuk berkendara saat hujan. Dua mode lainnya bisa disetel sesuai selera yang mengatur Power Selector, Wheelie Control, HSTC dan Selectable Engine Brake.
Kesimpulan
Honda CBR600RR 2021 mengusung penampilan yang berbeda, sporty dan menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Penampilannya agresif, namun sangat menyenangkan untuk dipakai sehari-hari atau pun penggunaan di lintasan tertutup.
Berkendara seharian penuh dengan menempuh jarak lebih dari 200 km, rekan kami di Thailand melintasi beragam kondisi jalan dan cuaca. Lubang-lubang jalan, hujan hingga panas terik. Namun kondisi badan tak terlalu merasa lelah.
Seluruh teknologi yang diterapkan pada motor ini sangat membantu dan memudahkan, responsif dan membuat berkendara menjadi sangat menyenangkan. Rekan kami menikmati setiap momen berkendara dengan Honda CBR600RR 2021.
Akhir kata, jika Anda adalah penggemar motor motor sport, Honda CBR600RR 2021 ini tak akan mengecewakan. Karena kebutuhan untuk keperluan berkendara harian hingga melakukan trackday, bisa dipenuhi hanya dalam satu motor saja.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil