Nunggu Model Barunya Kelamaan, Tengok Lagi 5 Daya Tarik Yamaha R15 2021
Harry · 27 Sep, 2021 17:30
0
0
Tergoda sama sosok Yamaha R15 Version 4 (V4) 2022 dan Yamaha R15M 2022 yang sudah rilis di India beberapa waktu lalu? Wajar kok, karena memang ternyata Yamaha seolah memberi kejutan lantaran semuanya di luar perkiraan.
Misalnya tampang ala Yamaha R7, moge supersport terbaru Yamaha yang diterapkan persis pada motor sport ini. Terus fitur-fitur barunya menggoda banget, seperti Traction Control System, rem ABS dual channel dan bisa tersambung dengan smartphone.
Tapi entah kapan motor ini akan hadir di Indonesia, belum ada informasi lebih lanjut terkait hal ini, meski konon katanya penampakan motor ini sudah terlihat sedang road test di Jawa Tengah.
Daripada menunggu yang tak pasti, lebih baik cek dulu deh Yamaha R15 2021 (Yamaha R15 V3) yang masih dijual PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sampai saat ini. Toh masih layak banget untuk dibeli loh.
Harga jualnya pun masih diangka Rp 37,405 juta sampai Rp 37,685 juta untuk MotoGP Edition. Pastinya bakal lebih murah ketimbang Yamaha R15 V4 yang pasti harganya akan lebih mahal nanti.
Supaya semakin yakin, kami paparkan 5 keunggulan yang menjadi daya tarik dari Yamaha R15 V3.
1. Mesin Tak Berubah
Ingat, mesin yang digunakan Yamaha R15 V4 masih tetap sama loh dengan model yang dijual di Indonesia. Spesifikasi mesinnya 4-tak, silinder tunggal, kapasitas 155 cc, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuation).
Ukuran pistonnya 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 19 Hp @ 10.000 rpm, serta torsi tertinggi mencapai 14,7 Nm @ 8.500 rpm. Sudah ada Assist & Slipper Clutch juga.
Karakter mesinnya bisa dibilang square, artinya ukuran piston dan langkah piston sama atau hampir sama. Mesin ini karakter tersebut memiliki kemampuan akselerasi yang baik, tapi juga performa bagus diputaran tinggi.
2. Kaki-Kaki Ala Moge
Kalau untuk warga India, model terbaru pasti menggoda karena punya sok depan upside down, karena model Yamaha R15 V3 di sana pakai sok depan teleskopik. Tapi untuk konsumen Indonesia, lagi-lagi tak ada yang berubah signifikan kok.
Suspensi depan sudah menggunakan jenis upside down loh. Lalu suspensi belakang pakai monosok, dengan link yang membuat peredaman lebih lembut. Jangan lupakan juga lengan ayun alumunium yang kekar layaknya moge.
Bagian kaki-kaki cukup kekar dengan ban berukuran 110/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang, yang melingkari pelek berdesain multi spoke yang sangat keren. O iya, bannya sudah tubeless.
3. Desain Tak Kalah Keren
Secara tampilan, generasi terbaru ini memang menarik karena desainnya terinspirasi dari model Yamaha R7. Punya lampu depan projector LED, dengan LED DRL melengkung manis ditiap sisinya.
Tapi apakah model lawas lantas dibilang jelek? Tidak juga loh, desainnya menganut gaya bahasa Yamaha R Series juga. Bentuk bodi depannya sedikit banyak ada kemiripan dengan Yamaha R6 dengan lampu ganda yang tipis.
Bentuk cover tangki dan fairing pun masih cantik dan tak membosankan dilihat. Nah kalau menengok area buritan, Yamaha R15 V3 ini tak kalah kok, karena Yamaha R15 V4 masih terlihat sama dengan model pendahulunya.
4. Fitur Mumpuni
Untuk lampu-lampu, hanya depan dan belakang yang sudah pakai LED, lampu sein masih bohlam, bahkan untuk generasi barunya loh. Lalu area dashboard, nuansa Yamaha R1 masih terasa kok, dengan segitiga atas dengan ornamen kisi-kisi.
Yamaha R15 V3 punya informasi panel meter yang lengkap, isinya berupa penunjuk kecepatan, putaran mesin, odometer, trip 1-2, trip fuel, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, fuel meter dan indikator VVA aktif.
Disekitar area layar LCD, terdapat indikator lain seperti MIL, suhu mesin dan gigi netral di kiri. Lalu shift light di atas, dan indikator lampu sein dan lampu jauh di sisi kanan layar.
Tapi untuk fitur lainnya harus diakui untuk fitur, model Yamaha R15 V3 sudah agak tertinggal nih. Ini lantaran tak punya rem ABS dual channel, Traction Control System, Quick Shifter sampai Side Stand Switch.
Kemudian panel meternya sudah ada konektivitas Y-Connect dan juga punya desain ala Yamaha R1. Belum lagi ada tampilan track mode dan street mode.
5. Punya Warna Baru
Pada awal tahun 2021 ini, YIMM menghadirkan 3 warna baru untuk Yamaha R15 V3 agar sosoknya tetap terlihat fresh. Warna tersebut adalah metallic blue, matte black dan matte silver.
Jangan lupakan juga kelir spesial Yamaha MotoGP Edition dengan kelir hitam dan logo cakaran ala Monster Energy seperti halnya tunggangan Fabio Quartararo. Masa gak kepincut sih?
Ketimbang menunggu model terbaru dari Yamaha R15 yang belum ada kepastian akan kemunculannya, tak ada salahnya menebus Yamaha R15 yang masih diniagakan YIMM. Toh meski fiturnya kalah lengkap, tapi terhitung banyak loh.
Lagi pula desain pun hanya beda bagian depan dan untuk mesinnya pun masih sama persis. Ingat harga jual model terbaru juga pasti bakal lebih tinggi, dan pasti tak ada diskon atau promo khusus karena terhitung model baru.
Nah, jadi mau ambil Yamaha R15 V3 saja atau sabar menanti Yamaha R15 V4 nih?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil