Melihat sosoknya nampak lebih fresh berkat desain yang total baru, ini bisa dilihat dari berbagai sisi, gak ada sisa desain lamanya.
Kesan X semakin dipertegas pada tampak mukanya. Lampu lebih agresif dengan LED DRL yang berada di bawahnya.
Lampu sein pun pindah ke bagian atas. Windshield tinggi masih bertahan dengan sedikit perubahan shape.
Asyiknya bodi belakang kini lebih ramping dengan lampu belakang dibuat lebih tipis.
Kini semua lampu-lampu motor ini sudah LED termasuk lampu sein.
Baca juga : 15 Unit Yamaha XMax Connected 'Uji Nyali' Lintasi Jalur Pegunungan Bromo
Desain agresif.
Dan selama perjalanan seharian menjelajah berbagai pantai di area Gunung Kidul, kami melewati beragam kondisi jalan.
Dari perkotaan yang padat, karena titik awal adalah seputaran Tugu Yogya dan pagi hari, dimana banyak orang mulai aktivitas.
Kemudian jalur menanjak, aspal lurus nan mulus, hingga jalan bebatuan yang harus dilewati dengan hati-hati.
Ini semua kami lakukan demi mencari pantai-pantai eksotis dan masih tersembunyi, belum banyak diketahui orang.
Bodi belakang lebih ramping dengan stop lamp model baru.
Tapi yang jadi catatan, tak ada rasa pegal berlebih kala mengendarai Yamaha XMax Connected ini.
Dan hal ini menjadi keunggulan dari Maxi Yamaha bermesin 250 cc itu, kira-kira kenapa bisa begitu ya?
1. Dimensi Yamaha XMax Connected Besar
Motor ini punya ukuran 2.180 x 795 x 1.460 mm (PxLxT) yang mana ukurannya terhitung besar.
Sumbu rodanya 1.540 mm, dengan tinggi jok 795 mm dan jarak terendah 135 mm.
Secara ukuran untuk rider berpostur 172 cm terasa pas, kaki hanya perlu sedikit jinjit kala mencoba menapak jalan.
Dimensi besar, lebih terlihat pengendara lain.
Ukurannya ini membuat sosoknya terlihat mencolok di jalanan, sehingga pengendara lain dari lawan arah akan mudah mengetahui kehadirannya.
Belum lagi hal itu dipadu pancaran lampu depan LED, yang semakin membuat semakin terlihat.
Hal ini memberikan rasa aman ketika melakukan perjalanan bersama Yamaha XMax Connected.
2. Posisi Berkendara Nyaman
Yamaha menyebutnya dengan maxi riding style, yang mana motor ini memilki ruang kaki yang luas.
Kaki bisa santai.
Dengan dua posisi pijakan kaki pengendara yang membuat kaki lebih rileks untuk perjalanan jarak dekat atau jauh.
Kemudian setang yang lebar memudahkan pengendalian dari motor yang punya bobot isi 181 kg ini.
Tak hanya lebar, setang juga punya sedikit lekukan yang mengarah ke dalam, sehingga untuk berkendara agresif pun tak ada kendala.
Dan tentunya motor ini punya jok yang lebar, nyaman menopang bokong pengendara selama perjalanan.
Maxi Yamaha dikenal nyaman dikendarai.
Jok bawaannya memiliki undakan yang lumayan tebal, sehingga bisa untuk menopang tulang ekor.
Dalam posisi duduk demikian serta posisi kaki selonjoran, maka kenyamanan berkendara akan didapatkan.
Baca juga : Kredit Yamaha XMax Tech Max 2024, Uang Muka Mulai Rp 7,13 Juta
3. Setang Yamaha XMax Connected Bisa diseting
Yang menarik setang motor ini bisa diseting maju mundur, disesuaikan dengan preferensi pengendaranya.
Jika posisi standar terasa terlalu ke depan, maka setang bisa dimundurkan satu langkah.
Setang bisa diatur, satu-satunya dikelas matic 250 cc.
Proses penyetelannya pun mudah lantaran cukup membuka cover setang saja dan melepas baut pengikat setang.
Ini karena dudukan setang layaknya motor sport, yang bisa dengan mudah disetel dengan dengan melepas baut, pindahkan posisi dan pasang kembali.
Ini jadi satu-satunya fitur yang dimiliki Yamaha XMax Connected untuk kelas matic 250 cc.
4. Windshield Tinggi dan Besar
Kenyamanan berkendara lainnya didapatkan dengan adanya perlindungan dari windshield motor yang punya ukuran tinggi dan besar.
Windshield adjustable pas buat touring.
Dengan penampang yang lebar, maka ampuh untuk menghalau angin agar tak menerpa badan pengendara.
Perjalanan jarak jauh baik saat malam, jadi meminimalisir gejala masuk angin.
Pun saat hujan datang, windshield ini juga bisa menghalau air tak langsung mengenai badan pengendara.
Tahu sendiri, saat berkendara dalam kondisi hujan deras, rintik air yang 'menabrak' badan kerap terasa sakit.
Enaknya windshield motor ini bisa disetel juga tinggi rendahnya, tinggal disesuaikan kebutuhan.
Tangguh melewati beragam kondisi jalan.
Cukup lepas dua penguncinya saja, lalu posisikan windshield pada setingan yang diinginkan dan pasang kembali.
Enaknya karena windshield bawaan ini bening, jadi tak menghalangi pandangan ke depan ya!
5. Kaki-Kaki Empuk
Improvement dilakukan oleh Yamaha pada motor ini salah satunya terkait karakter suspensi.
Yang mana pada model barunya dibuat sedikit lebih keras dari model sebelumnya.
Tapi feeling empuk dari kedua suspensinya masih terasa, sehingga redamannya tetap nyaman.
Redaman suspensi depan dan belakang empuk.
Suspensi depan motor ini panjang layaknya motor sport, sehingga redamannya terasa padat.
Kemudian suspensi belakang pakai model ganda yang juga telah dilengkapi dengan setelan preload.
Alhasil pengendara bisa menyesuaikan karakter suspensi yang diinginkan, mau empuk atau keras.
Asyiknya karakter dan handling motor jadi lebih menyenangkan dari generasi sebelumnya.
Lebih lincah bermanuver dan nikung lebih nurut karena ada perubahan sudut rake setang, yang dibuat lebih tegak.
Pengereman lebih empuk dibanding versi lama.
Hal ini disempurnakan dengan pengereman yang empuk dan pakem, lantaran ada perubahan panjang dan sudut kedua handle rem.
Baca juga : Yamaha XMax Tech Max Pakai Jok Mahal, Nyaman buat Touring?
6. Performa Mesin Pas
Hal terakhir adalah kinerja mesin yang memuaskan, tak kedodoran saat butuh tenaga besar.
Meski mesin tak ada perubahan, namun yang kami rasakan karakternya sedikit berubah.
Di mana mesin pada model baru ini nafasnya terasa lebih panjang, dengan top speed lebih dari 130 km/jam.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC, 4 katup, pendingin cairan, berkapasitas 250 cc dan berteknologi Blue Core.
Mesin 250 cc pas untuk harian dan touring.
Ukuran pistonnya 70 mm dengan stroke 64,9 mm, sehingga kapasitas mesin murninya diangka 249,8 cc.
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 22,8 PS padap utaran 7.000 rpm, dengan torsi maksimal menyentuh 24,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.
Konsumsi bahan bakarnya pun terhitung irit, bisa mencapai 35 km/liter untuk perjalanan yang kami lakukan.
Salah satu suasana pantai yang kami datangi.
Yamaha XMax Connected 2024
Dimensi
P x L x T
2.180 x 795 x 1.460 mm
Sumbu Roda
1.540 mm
Tinggi Jok
795 mm
Jarak Terendah
135 mm
Berat Isi
181 kg
Kapasitas Tangki
13 liter
Mesin
Tipe
4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah
70 x 64,9 mm
Kapasitas Mesin
249,8 cc
Rasio Kompresi
10,5 : 1
Tenaga
22,8 PS @ 7.000 rpm
Torsi
24,3 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi
Otomatis, CVT
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka
Underbone
Sok Depan
Teleskopik
Sok Belakang
Ganda
Rem Depan
Cakram, ABS
Rem Belakang
Cakram, ABS
Ban Depan
120/70-15
Ban Belakang
140/70-14