Pakai Teknologi MotoGP, Mesin Yamaha MT-09 2021 Makin 'Sakti'
Yongki Sanjaya · 17 Nov, 2020 17:00
0
0
Mengikuti jejak Indonesia, Yamaha Indonesia juga meluncurkan MT-09 2021 bersamaan dengan MT-07. Mesin Yamaha MT-09 makin sakti karena adopsi Crossplane ala MotoGP. yang menghasilkan tenaga dan performa maksimal.
Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat. Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia.
Maksudnya, daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.
Beberapa peningkatan hadir pada Yamaha MT-09 dibandingkan generasi sebelumnya Perubahan terbesar hadir dalam bentuk rangka yang benar-benar baru. Yamaha menyebut peningkatan kekakuan frame pada MT-09 baru memberikan feedback rigid yang lebih baik kepada pengendara sekaligus meningkatkan stabilitas.
Rangka memakai aluminium die-cast yang bobotnya 2,3 kg lebih ringan. Caranya dengan memanfaatkan pengalaman membangun rangka Deltabox Yamaha. Struktur rangka di MT-09 dilengkapi dengan sub-frame aluminium die-cast 1,5 kg lebih ringan dari unit baja sebelumnya.
Mesin Baru Yamaha MT-09 2021 Makin Buas, Makin Bertenaga
Untuk mesin, konfigurasi mesin inline-triple Crossplane 3 yang sama dipertahankan tetapi kapasitasnya telah ditingkatkan hingga 889 cc. Ini memberikan MT-09 output tenaga yang tercatat sebesar 117,3 hp pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm.
Saluran masuk dan knalpot yang didesain ulang, bersama dengan injektor bahan bakar baru yang terletak di intake bertanggung jawab atas peningkatan tenaga. Mesin baru tiga silinder, DOHC, berpendingin cairan, 12 katup sekarang lebih ringan 1,7 kg dari sebelumnya. Bersama dengan sistem pembuangan, dengan model knalpot kolong mereduksi 1,4 kg.
Desain Futuristik Yamaha MT-09 2021, Motor Gede Masa Depan
Yamaha juga mengubah desain MT-09 jadi kian futuristik. Lampu depan LED proyektor tunggal dengan DRL merupakan perbedaan utama, dibandingkan reflektor kembar yang ditemukan pada MT-09 tahun lalu. Di bagian belakang, lampu belakang LED kini membentuk bentuk 'Y'.
Perubahan besar di instrument cluster, dengan semua informasi pengendara ditampilkan pada layar TFT-LCD 3,5 inci penuh warna. Panel instrumen menampilkan semua informasi penting termasuk takometer grafik batang warna variabel, indikator roda gigi, dan data lain yang diperlukan. Pengendara bisa mengubah menu di panel instrumen dengan dikontrol oleh sakelar di bagian stang.
Kinerja Handling Semakin Presisi Bermanuver
Untuk tahun 2021, MT-09 mendapatkan suspensi upside down berdiameter 41 mm yang dapat disesuaikan. Sementara suspensi belakang memakai monoshock yang dapat disesuaikan untuk menghasilkan handling yang lincah dan stabil ketika bermanuver.
Pengereman sekarang mengandalkan kaliper radial baru dengan empat piston dikombinasiman cakram rem kembar 298 mm. Piringan cakram identik dengan pengaturan pengereman model sebelumnya.
MT-09 versi 2021 dipasarkan dengan harga Rp 290.000.000 on the road Jakarta. Konsumen dapat memilih MT-09 dengan tiga pilihan warna yaitu Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black.
Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget.
FB:Yongki Sanjaya Putra