Segini Konsumsi Bensin Honda PCX 160 2022 Yang Pakai Mesin Baru, Irit Gak?
Harry · 3 Nov, 2021 16:33
0
0
Setelah sebelumnya membahas uji performa Honda PCX 160 2022 yang mencakup topspeed dan akselerasi, kini giliran mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Tentunya banyak yang mengira motor matic satu ini bakal boros.
Tak salah juga, karena kapasitas mesin barunya lebih besar, jadi 157 cc. Kemudian karena masih banyak yang penasaran sama performa mesinnya, maka akan cenderung sering buka gas besar untuk merasakan jambakan akselerasinya.
Nah pertanyaannya, seberapa boros atau iritkah Honda PCX 160 ini kalau dipakai harian? Kami sudah membahasnya lengkap pada video di bawah ini jika kalian mau menonton mengetahuinya dalam format video.
Tapi jika kalian masih penasaran dengan artikel ini, silahkan baca terus ya bro.
Penggunaan Sehari-Hari
Seperti biasanya, pengetesan yang kami lakukan yakni motor ini digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Total jarak tempuhnya 175,8 km yang kami dapatkan setelah penggunaan selama 3 hari.
Karakter berkendara pun normal dan cenderung agresif. Buka gas yang besar ketika bertemu jalanan kosong, dan mengikuti arus lalu lintas ketika kondisi jalan padat dan stop & go. Kecepatan tertinggi saat digunakan bisa 100 km/jam.
Kemudian, motor ini sempat dibiarkan dalam kondisi idle untuk mengisi daya smartphone rekan kami selama 30 menit, takut akinya drop jika dalam kondisi mesin mati. O iya, bobot rider yang mengendarai Honda PCX 160 yakni 76 kg dengan postur 172 cm.
Hasilnya, konsumsi bahan bakarnya terhitung hemat menurut kami. Pada layar panel meter, menunjukkan angka 39,3 km/liter. Masih oke mengingat kapasitas mesin yang membengkak dari model sebelumnya.
Tapi kala diukur dengan menggunakan metode full to full, hasilnya ternyata lebih irit. Dari hasil penghitungan kami bisa mencapai 42 km/liter dan hanya butuh 4,18 liter bahan bakar oktan 92 untuk menempuh jarak 175,8 km.
Tentunya hasil pengetesan konsumsi bahan bakar ini bisa berbeda-beda tergantung cara berkendara kalian, medan yang dilalui, kondisi lalu lintas dan bobot pengendara. Jika lebih banyak jalanan lurus, tentu akan lebih irit lagi.
Berikut hasil lengkap konsumsi bensin Honda PCX 160 2022 berikut data akselerasinya.
Data Akselerasi Honda PCX 160 2022
0-60 km/jam
5,92 detik
0-80 km/jam
10,58 detik
0-100 km/jam
19,46 detik
60-100 km/jam
13,54 detik
0-100 m
8,15 detik
0-201 m
12,71 detik
0-402 m
20,34 detik
Topspeed Spidometer
115 km/jam
Topspeed Racebox
110,2 km/jam
Konsumsi BBM (MID)
39,3 km/liter
Konsumsi BBM (full to full)
42 km/liter
Rasio Tenaga dan Bobot Lebih Baik
Kalau kalian pernah mencoba Honda PCX 150 dan kemudian merasakan Honda PCX 160, tentu kesan pertama adalah tarikannya lebih responsif. Salah satunya disebabkan karena rasio tenaga dan bobot motor yang lebih baik dari sebelumnya.
Sebagai gambaran, Honda PCX 150 punya berat 131 kg untuk tipe CBS dan 132 kg untuk tipe ABS. Dengan tenaga 14,7 PS maka hasilnya adalah 0,112 (PS/kg) dan 0,111 (PS/kg).
Sementara Honda PCX 160 dengan output 16,2 PS serta bobot 129 kg untuk tipe CBS dan 131 kg untuk tipe ABS, maka hasilnya adalah 0,125 (PS/kg) dan 0,123 (PS/kg). Semakin besar angkanya, maka performanya akan lebih baik. Bobot lebih ringan ini juga berimbas pada efisiensi bahan bakar.
Pengurangan bobot ini tak terlepas dari penggunaan rangka model baru yang benar-benar dibuat lebih ringkas, tanpa ada banyak sambungan. Alhasil selain bobot motor lebih ringan, handling dan performanya juga jadi lebih baik.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil