Yamaha Lexi dihadirkan sebagai model paling rendah dari keluarga skutik Maxi Yamaha. Pasalnya hanya skutik ini yang mengandalkan mesin paling kecil, yakni 125 cc saja.
Tapi meski begitu performa yang ditawarkan terhitung memuaskan, hal ini didukung teknologi mesin yang sama dengan skutik-skutik Maxi Yamaha di atasnya, yakni teknologi katup VVA (Variable Valve Actuation).
Dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada akhir tahun lalu merilis warna baru yakni prestige silver. Warna ini pun menjadi hero color baru untuk Yamaha Lexi 2021.
Apalagi setelah selebgram Anya Geraldine tertangkap terlihat belajar mengendarai motor dengan skutik ini. Anya pun didaulat menjadi bintang iklan dari Yamaha Lexi.
Kami pun menelisik skutik ini dan merangkum sejumlah daya tarik yang bisa menjadi keunggulan dari Yamaha Lexi ini. Kira-kira apa sih yang bikin Anya Geraldine suka sama skutik ini?
Model Stylish
Dibandingkan skutik Maxi Yamaha lainnya, Yamaha Lexi 2021 ini memang terlihat agak berbeda. Bentuknya stylish dan elegan, dengan bodi yang agak lebih besar dari skutik entry level Yamaha.
Pada bagian depan disematkan lampu LED ganda, dengan aksen biru transparan yang memberi kesan mewah. Garis bodi depan layaknya boomerang memberikan kesan dinamis.
Begitu pula lekuk dari cover mesin di tengah hingga bodi belakang yang terlihat melengkung manis. Garisnya dinamis dan enak dilihat. Bagian bodi belakang ini sedikit nampak tebal karena ada bagasi yang cukup besar.
Dek Luas
Yang paling unik tentu saja area dek yang dibuat rata, dek keluarga Maxi Yamaha lainnya terpisah karena menempatkan tangki bahan bakar di tengah. Karena dek rata, pastinya memberi keleluasaan untuk membawa barang.
Bahkan pada sesi peluncuran yang dilakukan tahun 2018 lalu, Minoru Morimoto, President Director YIMM mempraktikkan jika dek skutik ini bisa untuk membawa galon dengan leluasa. Valentino Rossi dan Maverick Vinales pun ikut menyaksikannya.
Kaya Fitur
Apa yang Anda inginkan dari skutik ini? Panel meter berukuran besar dimilikinya. Fitur Stop Start System tersedia untuk Lexi S dan Lexi S-ABS. Jangan lupakan juga fitur Brake Lock yang memudahkan saat motor berhenti.
Lalu juga terdapat Smart Key System untuk dua varian teratas, sehingga motor akan lebih aman dari pencuri. Asyiknya remote kunci kontak juga terintegrasi dengan Answer Back System loh.
Masih kurang? Tersedia pula power outlet untuk mengisi ulang baterai gawai, lampu hazard yang sudah jadi standar skutik Yamaha terbaru serta suspensi belakang dengan tabung alias sub-tank suspension.
Dibekali mesin 125 cc, Yamaha Lexi tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi kalau bukan teknologi yang diusung, sama dengan Yamaha Aerox 155, yakni adanya katup VVA dan juga teknologi Smart Motor Generator (SMG).
Kubikasi mesin murni skutik ini 124,7 cc dengan piston 52 mm dan langkah piston 58,7 mm. Rasio kompresinya pun cukup tinggi, 11,2 : 1 loh. Karakter mesinnya halus dan stabil berkat teknologi VVA tadi.
Output maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 11,8 PS pada putaran 8.000 rpm. Lantas untuk torsinya berada diangka 11,3 Nm saat putaran mesin menyentuh 7.000 rpm.
Yamaha Lexi 2021 ditawarkan dengan tiga varian, yakni Standard yang dilepas Rp 21,71 juta. Kemudian ada Lexi S yang dijual Rp 24,7 juta dengan tambahan fitur SSS dan Smart Key System.
Teratas adalah Yamaha Lexi S-ABS dan sesuai namanya, pastinya varian ini telah tersemat teknologi rem Anti-lock Braking System (ABS). Varian termahal ini dijual Rp 27,31 juta. Semua harga tertulis on the road Jakarta.
Berbicara siapa kompetitor dari Yamaha Lexi 2021, tentu tak bisa lepas dari sosok Honda Vario 125. Dengan kubikasi mesin yang mirip, juga sama-sama dari brand asal Jepang, jelas keduanya kompetitor sepadan.
Namun bentuk turunan Maxi Yamaha membuat Yamaha Lexi terlihat unik dengan desainnya yang elegan dan dimensi agak besar. Jadi tak heran deh kalau Anya Geraldine sampai menyukai skutik ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil