SKR Racing Rilis Knalpot Desibel Rendah, Tampilan Kece!
Fariz · 2 Jan, 2025 13:00
0
0
Pilihan suara soft di bawah 80 dB.
Pakai cover knalpot dan end cap desain original dari SKR.
Knalpot jadi salah satu komponen pada sepeda motor yang bisa meningkatkan estetika sekaligus meningkatkan performa mesin.
Sadar akan hal itu, SKR Racing Exhaust yang merupakan produsen knalpot asal Ciledug, Tangerang membuat model baru yang mencangkup kedua hal tersebut.
Padahal merek yang sudah hadir sejak tahun 2000-an ini mulanya lebih mengedepankan sisi performa, jadi tidak heran kalau cukup nyohor di ajang balap road race maupun drag race.
“Tapi emang gak bisa dipungkiri kalau sekarang ini banyak dari pengguna motor suka bikin konten motornya, jadi perlu desain knalpot yang bagus juga,” buka Misjaya, owner SKR Racing Exhaust.
Suara SKR Racing LS24 Bersahabat
Knalpot baru yang diberi nama LS24 ini memiliki karakter yang cukup bersahabat di telinga.
Sehingga diklaim kalau cukup aman digunakan di jalan raya karena punya ambang batas kebisingan yang cukup rendah.
"Nama LS ini dari Legal Street dan 24 merupakan risetan di tahun 2024. Suaranya lumayan soft, saat dites kondisi idle gak sampai 80 dB, hanya sekitar 75 dB makanya aman dipakai sehari-hari. Tapi ada juga versi hard buat yang mau agak berisik,” sambung Gondronk sapaan akrabnya.
Knalpot ini menggunakan bahan stainless steel dan diberi finishing sandblast serta ada efek biru di beberapa titik yang cukup mendongkrak kesan sporty.
Pembuatan knalpot ini tidak main-main karena memakan waktu riset sejak bulan Agustus 2024 yang akhirnya tersedia untuk beberapa motor matic seperti Vario series, Maxi series, Honda 110 series, dan Yamaha 115 series.
Diameter pipa Vario series pakai 26 mm, 28 mm, 38 mm, dan ujung 38 mm. Kalau Maxi series 28 mm, 32 mm, 38 mm, dan ujung 38 mm.
"Pipa leher pakai tebal 1,2 mm dan silencer tebal 1mm, bracket pegangan knalpotnya total tebal 3 mm biar gak gampang patah,” tunjuk Teguh salah satu pramuniaga SKR Racing.
Karena memikirkan juga soal tampilan, Gondronk pun turut memikirkan membuat cover knalpot dan end cap yang merupakan desain orisinal dari SKR Racing.
Menggunakan bahan plastik agar tidak menghantarkan panas sehingga aman kalau terkena anggota tubuh, untuk memberi kesan racy terdapat aksen carbon fiber pada cover knalpotnya.
“Jadi emang ada beberapa material yang belum sempurna pas riset kemarin, makanya makan waktu cukup lama. Harga knalpotnya Rp 1,350 juta, ini jadi produk SKR Racing yang paling mahal karena emang mau incar di segmen premium,” tutupnya.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17