Skutik Kymco Ini bikin Minder Honda BeAT dan Yamaha Gear 125
Ary · 30 Agu, 2021 12:00
0
0
Rentang produk jualan Kymco di Eropa semisal Inggris, ternyata lebih luas dibanding Indonesia. Selain maxi scooter bermesin besar, mereka juga menjajakan skutik bermesin kecil seperti Kymco Super 8 50 2021 ini. Kalau saja masuk ke Indonesia, skutik ini dijamin bikin minder Honda BeAT dan Yamaha Gear 125.
Bukan tanpa alasan. Dari sisi desain, skutik baru Kymco ini jauh lebih agresif dibanding kedua skutik asal Indonesia. Tengok saja bagian fasad yang sudah berpelengkap lampu utama ganda ini. Tidak cuma itu. Daytime running light (DRL) juga teraplikasi layaknya sepasang alis.
Kesan agresif itu juga mengalir ke bodi samping. Uniknya, terdapat kisi-kisi pada panel yang menutupi bagian mesin. Hal ini tentu ditujukan agar ruang bakar Kymco Super 8 50 2021 mendapatkan pendinginan yang optimal.
Lanjut ke bagian buritan, pahatan bodi skutik Kymco malah bikin Honda BeAT dan Yamaha Gear 125 makin iri. Bagaimana tidak. Pihak pabrikan mendesain lampu belakang motor selaras dengan bentuk bodi yang meruncing. Ditambah lagi penempatan sein LED layaknya sebuah motor sport (berada di area sepatbor).
Masih berkaitan dengan desain, area kokpit skutik baru Kymco juga lebih modern. Diantara kedua handle grip terdapat panel meter berukuran lumayan besar dan sudah full digital. Sementara kita ketahui, penampang informasi Honda BeAT masih dipadukan dengan indikator analog. Jelas pula lebih keren dari Yamaha Gear 125 yang masih sepenuhnya analog.
Perlu diketahui juga bahwa segmentasi Kymco Super 8 50 2021 ini ditujukan bagi pengendara pemula. Maka dari itu, perancangan dalam hal posisi berkendaranya pun dibuat senyaman mungkin. Terlihat pijakan kakinya yang luas dan rendah.
Memang, penyetelan joknya lebih tinggi dari Honda BeAT dan Yamaha Gear 125. Akan tetapi, tinggi jok 780 mm dengan padu padan dimensi 2.030 x 740 x 1.150 mm (P x L x T) darinya, jelas ideal untuk postur orang bule. Optimasi pengendaraannya pun terlihat melalui penggunaan shock absorber ganda.
Mesin cuma 50 cc
Kendati begitu, tak dapat dipungkiri jika performa Kymco Super 8 50 2021 kalah jauh dibanding Honda BeAT maupun Yamaha Gear 125. Sesuai dengan penamaannya tadi, skutik Kymco ini hanya dibekali mesin SOHC 4-tak satu silinder berkapasitas 49,4 cc (pembulatan 50 cc) saja. Wajar jika tenaga yang dihasilkan hanya 3,2 PS @7.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimal, tercatat 3,2 Nm @6.000 saja.
Walau demikian, Kymco Super 8 50 2021 menjanjikan efisiensi lebih baik. Di samping minimnya kubikasi mesin, skutik ini ternyata sanggup menampung bensin sebanyak 6 liter. Yap, lagi-lagi lebih banyak dari Honda BeAT dan Yamaha Gear 125.
Meski peruntukkan pemula, harga skutik Kymco Super 8 50 2021 ini ternyata lumayan mahal. Pemegang merek Kymco di Inggris saja mematoknya dengan harga 2,299 Poundsterling atau sekitar Rp45,4 jutaan. Kalau sudah begini, mending 'balik kanan' pilih Honda BeAT atau Yamaha Gear 125 lagi deh!
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!