Komparasi Honda BeAT 2022 VS Yamaha Gear 125 2022, Pemain Lama dan Pendatang Baru
Harry · 6 Sep, 2021 08:30
0
0
Yamaha Gear 125 2022 hadir dengan menawarkan beragam keunggulan pada akhir tahun 2020 lalu. Namun apakah kehadirannya mampu menggoyahkan posisi Honda BeAT 2022 yang jauh lebih dulu eksis di Indonesia?
Dengan namanya yang sudah sangat kuat, tentu bukan perkara mudah untuk merecoki Honda BeAT. Dari sekian banyak masyarakat Indonesia, semuanya pasti tahu skutik satu ini.
Namun Yamaha Gear 125 menawarkan sesuatu yang baru, bahkan lebih dari skutik murah Yamaha lainnya macam Yamaha Mio M3 125. Lantas jika keduanya disandingkan, mana yang lebih dulu dari spesifikasi teknisnya?
Semua pasti sepakat kalau Honda BeAT itu skutik yang kecil, ringkas dan ramping. Tak salah memang, karena itu sudah menjadi gambaran umum setiap orang terhadap skutik satu ini.
Namun jika disejajarkan, justru Yamaha Gear 125 yang punya dimensi lebih ringkas. Panjangnya 1.870 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1.060 mm. Honda BeAT punya panjang 1.877 mm, lebar 669 mm dan tinggi 1.074 mm.
Tapi bicara bobot, Honda BeAT dengan sasis eSAF miliknya hanya 89-90 kg saja. Lantas Yamaha Gear lebih berat, tepatnya 95-96 kg tergantung tipe apa yang kalian pilih.
Sejak generasi keempat, Honda BeAT menawarkan bentuk yang sporty, ramping dengan banyak sudut tajam dan garis tegas. Begitu pula kala mereka merilis generasi kelima pada awal 2020 lalu.
PT Astra Honda Motor (AHM) paham, jika desain menjadi faktor penting konsumen dalam menentukan motor yang akan dibelinya. Hal ini pun sukses dieksekusi dengan baik dan model terbaru ini bisa diterima masyarakat.
Yamaha Gear 125 justru menawarkan sesuatu yang berbeda. Tampilan skutik entry level dibuat tangguh ala mobil SUV dengan body moulding disekujur bodinya, dari depan, dek sampai bodi belakang.
Ini sesuai dengan konsep skutik ini yang disebut matic multi guna, yang dalam artian bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Desainnya pun fresh karena tak ada jejak skutik entry level Yamaha lainnya pada motor ini.
Performa : Irit Atau Gesit?
Skutik entry level sejatinya dibuat dengan efisiensi bahan bakar tinggi, untuk performa kalau bisa gesit berakselerasi itu bonus. Nah kedua hal ini coba ditawarkan oleh masing-masing unit nih.
Honda BeAT menang soal efisiensi bahan bakar dari lawan barunya itu. Klaim pabrikan bisa 60,6 km/liter namun berdasarkan hasil pengetesan kami sendiri, capaiannya 52,9 km/liter.
Yamaha Gear 125 memang tak seirit lawannya, karena dengan metode pengukuran full to full, mencatatkan angka 47 km/liter. Namun akselerasinya lebih gesit berkat kapasitas mesin lebih besar.
Data Akselerasi
Honda BeAT
Yamaha Gear
0-60 km/jam
7,75 detik
6,78 detik
0-80 km/jam
15,85 detik
13 detik
0-100 km/jam
N/A
N/A
0-100 m
8,83 detik
8,55 detik
0-201 m
13,94 detik
13,4 detik
0-402 m
18,57 detik
17,8 detik
Topspeed Spidometer
105 km/jam
104 km/jam
Topspeed Racebox
95,6 km/jam
99,8 km/jam
Harga Bersaing
Yang namanya skutik entry level haruslah memiliki harga yang bisa dijangkau banyak orang. Keduanya pun bermain direntang harga yang bersahabat, paling mahal diangka Rp 17 jutaan untuk tipe tertingginya.
Berikut daftar harga Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022, per September 2021 dilansir dari masing-masing situs resmi pabrikan.
Keduanya memang bermain disegmen yang sama, tapi punya keunggulan masing-masing. Jika cari irit, desain sporty serta punya nama besar, Honda BeAT adalah pilihan yang pas untuk kalian.
Namun jika ingin motor skutik murah model paling baru, desain fresh dan punya performa lebih baik, Yamaha Gear 125 jawabannya. Tentu semuanya kembali pada kebutuhan masing-masing, yang jelas keduanya layak dipilih sebagai motor harian.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil