Pilihan Matic Murah, Dana Rp 18 Jutaan Mending Honda BeAT 2022 atau Yamaha Gear 125 2022?
Harry · 25 Mei, 2022 16:00
0
0
Honda BeAT 2022 menang irit.
Yamaha Gear 125 2022 lebih bertenaga.
Harga direntang Rp 17 jutaan sampai Rp 18 jutaan.
Motor matic dengan harga terjangkau saat ini sudah menjadi semacam kebutuhan banyak orang. Bisa mendapatkan motor yang praktis digunakan oleh siapa pun, tapi harga yang ditawarkan terhitung murah, tak sampai Rp 20 juta.
Di pasaran saat ini ada pilihan Honda BeAT 2022 sebagai motor terlaris di Indonesia, dan Yamaha Gear 125 2022. Keduanya pun punya harga yang relatif mirip yang main direntang Rp 17 jutaan sampai Rp 18 jutaan.
Pilihan yang sulit? Tenang, kami coba perbandingkan keduanya agar kalian bisa lebih mudah menentukan pilihan. Yuk disimak!
Nah, dari sisi desain keduanya menawarkan perbedaan yang lumayan signifikan nih. Honda BeAT 2022 tampil dengan banyak sudut tajam di bodinya, yang memberikan kesan sporty.
Ukurannya pun ramping sehingga memudahkan siapa saja untuk menaikinya. Desainnya ini secara keseluruhan masih ada jejak dari generasi sebelumnya, namun dipermanis sehingga tetap menarik mata.
Beda dengan Yamaha Gear 125 2022 yang tampil tangguh ala mobil SUV. Ini berkat penyematan body moulding di bagian bawah bodi depan, samping bawah dek dan juga bodi belakang dekat pijakan kaki pembonceng.
Asyiknya tampilan motor satu ini lebih fresh, karena tak ada peninggalan bentuk Yamaha Mio sama sekali. Ya kecuali desain pelek palang lima yang memang sudah sangat melegenda.
Soal kemudahan dikendarai keduanya relatif mirip kok. Panjangnya masih diangka 1.800-an mm. Yang terpenting, bobotnya tak lebih dari 100 kg. Nah data soal dimensi ini bisa dilihat ditabel bawah ini.
Perbandingan Dimensi
Honda BeAT
Yamaha Gear
Panjang
1.877 mm
1.870 mm
Lebar
669 mm
685 mm
Tinggi
1.074 mm
1.060 mm
Sumbu Roda
1.256 mm
1.260 mm
Tinggi Jok
740 mm
750 mm
Jarak Terendah
147 mm
135 mm
Berat
89-90 kg
95-96 kg
Performa Mesin, Antara Irit atau Kuat?
Efisiensi bahan bakar jelas jadi konsen setiap pabrikan kala membuat motor matic entry level. Nah, keduanya pun bisa didapatkan pada Honda BeAT 2022 atau Yamaha Gear 125 2022.
Tapi Honda BeAT bisa dikataka lebih irit, karena mesin barunya berkarkater over stroke yang kuat pada putaran rendah. Klaim pabrik bisa menyentuh 60,6 km/liter bahan bakar.
Meski begitu, saat diuji menggunakan metode full to full dengan bahan bakar oktan 92 dan bobot rider 75 kg, bisa mencatatkan 52,9 km/liter. Masih irit, mengingat dipakai di dalam kota dan karakter rider cenderung agresif.
Yamaha Gear 125 memang tak seirit lawannya, karena dengan metode pengukuran full to full, mencatatkan angka 47 km/liter dengan rider yang sama.
Meski tak seirit kompetitornya itu, namun akselerasinya lebih kuat dan tenaganya merata, berkat kapasitas mesin lebih besar. Motor ini lebih mudah melibas jalan menanjak dan karakter tenaganya lebih mengalir rata.
Data Akselerasi
Honda BeAT
Yamaha Gear
0-60 km/jam
7,75 detik
6,78 detik
0-80 km/jam
15,85 detik
13 detik
0-100 km/jam
N/A
N/A
0-100 m
8,83 detik
8,55 detik
0-201 m
13,94 detik
13,4 detik
0-402 m
18,57 detik
17,8 detik
Topspeed Spidometer
105 km/jam
104 km/jam
Topspeed Racebox
95,6 km/jam
99,8 km/jam
Fitur Masih Mirip-Mirip
Dengan harga 'murah' tadi fitur apa saja yang didapatkan konsumen? Dari panel meter, Honda BeAT 2022 unggul dengan hadirnya layar LCD sebagai penunjuk fuelmeter dan odometer. Yamaha Gear 125 2022 masih full analog.
Keduanya juga sudah ada Parking Brake Lock. Tapi Yamaha Gear 125 unggul berkat hadirnya switch lampu hazard. O iya, keduanya kompak hanya lampu depan saja yang sudah disematkan teknologi LED.
Lanjut untuk tipe teratas, sudah ada fungsi untuk mematikan mesin otomatis, ISS di Honda dan SSS di Yamaha. Kunci kontak kompak pakai model pengaman magnet dan terintegrasi pembuka jok, tapi Yamaha Gear 125 tertinggi ada remote sebagai Answer Back System.
Perkara akomodasi, Honda BeAT unggul dengan bagasi 12 liter dan sepasang konsol depan yang dilengkapi Power Outlet. Yamaha Gear 125 bagasinya tak terlalu besar dan cuma punya satu konsol depan yang cukup dalam.
Tapi juga punya Power Outlet serta dua buah gantungan barang, model lipat di depan dan di bawah ujung jok. Jadi lebih memudahkan kala harus membawa banyak barang.
Soal pengereman sama-sama pakai rem cakram di roda depan dan rem tromol di roda belakang. Tapi Honda BeAT ada fitur rem Combi Brake System (CBS) yang sudah jadi standar disemua varian.
Kesimpulan
Keduanya memang relatif seimbang, dan sama-sama jadi pilihan menarik untuk segmen motor matic entry level. Honda BeAT punay bagasi lebih luas, ada rem CBS serta panel meter paduan digital analog.
Yamaha Gear 125 boleh bangga dengan kemudahan membawa barang berkat dua gantungan barang, konsol terbuka dan bagasinya. Tapi jangan lupa, motor ini punya mesin yang lebih kuat dan gesit. Sekarang pilihan kembali pad kalian sebagai konsumen.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil