Adu Fitur Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022, Harga Beda Tipis Dapat Apa?
Harry · 8 Sep, 2021 14:30
0
0
Motor murah pelit fitur? Sekarang sih bisa dibilang sudah tak ada lagi ya. Pasalnya setiap pabrikan sudah semakin rajin menambahkan fitur kekinian pada produk barunya, termasuk untuk motor berharga murah.
Contohnya adalah Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022, yang harga termahalnya cuma Rp 17 jutaan, tapi punya fitur yang terbilang banyak. Tentu semuanya dilakukan untuk memberikan value lebih kepada konsumen.
Nah, kedua skutik ini punya harga yang beda-beda tipis. Tapi dapat fitur apa saja ya?
Honda BeAT boleh dikatakan unggul karena menerapkan paduan digital dan analog. Pada layar kecilnya menampilkan fuel meter dan juga odometer. Lalu penunjuk kecepatan masih andalkan jarum.
Sementara itu Yamaha Gear 125 masih mengandalkan analog, dengan penunjuk kecepatan jarum dan odometer berupa angka yang satuan terkecilnya ikut bergerak kala motor melaju.
Untuk panel meter Honda BeAT bisa dikatakan unggul karena lebih canggih. Meski begitu, informasi yang disajikan keduanya tetap sama.
Area Setang
Melihat area kemudi Honda BeAT, disebelah kiri ada switch lampu jauh-dekat, tombol klakson dan switch lampu sein. Terdapat pula Parking Brake Lock. Sebelah kanan ada tombol Idling Stop System dan juga tombol starter.
Untuk area setang Yamaha Gear 125 relatif sama, bedanya ada switch lampu hazard. Lampu hazard sendiri sudah menjadi fitur standar untuk motor-motor keluaran terbaru Yamaha.
Kunci Kontak
Urusan kunci kontak keduanya kompak nih, pakai rumah kunci dengan pengaman magnet, dan terintegrasi dengan pembuka jok. Bedanya jika kalian beli Yamaha Gear 125 tipe S Version, ada tambahan remote sebagai Answer Back System.
Akomodasi
Mengandalkan rangka eSAF, akomodasi Honda BeAT lebih memuaskan karena punya bagasi berkapasitas 12 liter. Konsol depan 2 buah dengan salah satunya berisi Power Outlet, serta sebuah gantungan barang.
Yamaha Gear bagasinya tak terlalu besar dan cuma punya 1 konsol depan yang cukup dalam. Tapi juga punya Power Outlet serta 2 buah gantungan barang, model lipat di depan dan di bawah ujung jok.
Lampu-Lampu
Keduanya relatif seimbang, karena hanya mengandalkan lampu LED untuk penerangan utamanya saja. Sementara lampu sein dan juga lampu belakang masih percayakan bohlam halogen.
Jika beli kedua skutik ini, kalian tak akan lagi mendengar suara dinamo starter saat menghidupkan mesin. Ini berkat teknologi ACG Starter pada Honda BeAT dan SMG Starter pada Yamaha Gear 125.
Pengereman
Meski keduanya kompak percayakan rem depan tipe cakram dan rem belakang tipe tromol, namun Honda BeAT boleh bangga karena unggul kali ini. Hal ini lantaran skutik Honda tersebut sudah dibekali fitur Combi Brake System (CBS) untuk semua tipenya.
Dengan adanya CBS, pengendara cukup menarik tuas rem belakang saja maka kedua rem akan aktif, dengan porsi 60:40. Yamaha Gear 125 memang tak punya fitur serupa, namun kinerja remnya tak kalah pakem.
Kesimpulan
Sebenarnya relatif hanya beda-beda tipis membandingkan fitur kedua skutik entry level ini. Honda BeAT unggul pada panel meter digital-analog, akomodasi dengan bagasi besar dan fitur rem CBS-nya.
Yamaha Gear 125 boleh bangga karena punya lampu hazard dan Answer Back System. Keduanya terhitung lengkap dan sudah memuaskan konsumen di segmen ini. Pada akhirnya pilihan kembali pada konsumen.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil