Sudah Tembus Rp 92 Juta, Tengok Lagi Plus-Minus Honda CRF250 Rally 2023
Ilham · 23 Agu, 2022 13:30
0
0
Hadirkan pembaruan di tahun 2021.
Harganya lebih tinggi dari Kawasaki Versys-X 250.
Saat meluncur pada tahun 2017 silam, harga Honda CRF250 Rally di Indonesia hanya Rp 62,9 juta dengan status on the road Jakarta. Tapi kini harganya melonjak signifikan. Pasalnya per bulan Agustus 2022 harganya sudah mencapai Rp 92,145 juta on the road Jakarta.
Kenaikan yang dialami pasca penyegaran di bulan Maret 2021 juga terbilang jauh. Di mana saat itu harganya masih Rp 87,5 juta saja. Dengan banderol tersebut membuat Honda CRF250 Rally 2023 jadi varian non moge (100-250 cc) paling mahal dari PT Astra Honda Motor (AHM).
Mengalahkan CBR250RR – SP QS Garuda X Samurai yang dilepas Rp 78,577 juta atau matic gambot, Honda Forza yang kini dihargai Rp 90,3 juta.
Dengan banderol yang cukup tinggi, tentu ada pertimbangan dari segi keunggulan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum menebus Honda CRF250 Rally 2023. Sehingga tak salah dalam memilih motor tersebut.
Nilai Plus
Pertama di bahas bagian plusnya. Karena menyasar segmen penggemar petualangan alam bebas, maka beberapa poin unggulan yang ditawarkan oleh Honda CRF250 Rally 2023 cukup banyak di kemampuannya melibas trek jelek. Mulai dari performa dan desainnya mendukung hal ini.
1. Bobotnya Makin Ringan
Seperti disebut sebelumnya, keunggulan yang ditawarkan Honda CRF250 Rally 2023 cocok buat penggemar petualangan. Mulai dari tampilannya yang mengusung desain tangguh dari Honda CRF450 Rally dari ajang Reli Dakar.
Desain ini cocok untuk perjalanan touring dan semi offroad berkat penyematan floating wind screen dan shroud samping untuk perlindungan bagi pengendara. Sementara itu, suspensi dan ketinggian jok mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off road.
Bukan hanya itu, terdapat juga hand guards untuk melindungi tangan pengendara di bagian tuas rem serta kopling. Lalu ada panel under cover memberikan perlindungan mesin dari benturan dan tuas pemindah gigi dapat dilipat.
Ketimbang versi terdahulunya, Honda CRF250 Rally 2023 memiliki bobot yang lebih ringan, yakni 152 kg saja dibanding edisi 2017 yang 155 kg. Hal ini hadir berkat redesain di rangka semi double cradle dan desain cover knalpot serta singwarm.
Dari segi mesin, meski secara spek tetap satu silinder 250 cc berpendingin cair, tapi tenaga dan torsinya lebih besar. Tercatat, keluaran tenaganya kini mencapai 25,6 PS dan torsi 23,1 Nm. Sedangkan versi lamanya berdaya 24,7 PS dan torsi 22,6 Nm.
Perubahan desain juga terasa pada kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar. Dari 10,1 liter, kini dapat menampung bahan bakar 12,8 liter. Klaim AHM, Honda CRF250 Rally 2023 mampu menjelajah lebih dari 445 km berkat hasil konsumsi bahan bakar 34,8 km/liter.
Bukan hanya itu, akselerasi yang lebih responsif melalui penyempurnaan pada rasio gear. Serta penyematan fitur assist/slipper clutch membuat penggunaan kopling lebih ringan dan dapat membantu engine brake yang mencegah roda belakang selip.
Honda CRF250 Rally 2023 didesain untuk dapat menaklukkan beragam kondisi jalan. Sehingga kaki-kaki motor tersebut dirancang untuk mampu melibas trek jelek sekalipun.
Untuk itu terdapat suspensi depan 43mm Inverted Front Fork Showa dan monosok di belakang. Daya pegas dan peredam telah dioptimalkan sesuai dengan karakternya untuk menjelajah jarak jauh.
Honda CRF250 Rally 2023 hadir dengan velg alumunium dengan warna hitam Alumite kombinasi 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Serta menggunakan ban dengan pola dual purpose, depan 80/100-21 dan belakang 120/80-18.
Nilai Minus
Sekarang beralih ke nilai minusnya. Karena Honda CRF250 Rally 2023 juga ada beberapa kekurangannya lho.
1. Harga Mahal Dibanding Pesaing
Salah satu kekurangannya adalah harga yang tidak bersahabat. Dengan banderol lebih dari Rp 92 juta, produk kompetitornya terasa lebih terjangkau dan komplet untuk perjalanan jauh.
Sebut saja Kawasaki Versys-X 250 yang dibanderol Rp 70,6 juta sudah dilengkapi dengan sepasang panniers dan fog lamps. Speknya pun mumpuni untuk touring jarak jauh.
Pun demikian dengan Kawasaki D-Tracker X 250 yang masih lebih terjangkau dengan banderol Rp 69,3 juta. Secara spek, supermoto yang sama-sama bermesin 250 cc satu silinder ini jauh lebih murah ketimbang Honda CRF250 Rally 2023.
Dari segi eksterior, meski sudah mendapat penyegaran total di tahun 2021. Baik dari segi mesin dan fitur, tapi tampilannya tetap terlihat sama secara sekilas.
Hal ini mungkin akan membuat Anda tak bisa membedakan lebih detail antara versi terbaru dan yang sudah berumur lebih dari 3 tahun. Meski demikian, tampilan ini memang terbilang timeless.
3. Kurang Cocok Buat Motor Commuter Harian
Dimensi panjang x lebar x tinggi dari Honda CRF250 Rally 2023 mencapai 2.230 X 920 X 1.415 mm. Hal ini membuatnya kurang lincah untuk dibawa melibas kemacetan kota.
Apalagi buat bikers pemula yang tinggi badannya di bawah 170 cm. Kurang nyaman jika kerap terjebak macet, karena tinggi jok yang mencapai 885 mm membuat kaki tak bisa menapak sempurna.