Triumph Trident 660 2021 Pakai Mesin 3 Silinder, Apa Hebatnya?
Harry · 28 Jul, 2021 16:30
0
0
Salah satu naked bike kelas medium terbaru yakni Triumph Trident 660 2021 sudah rilis dibanyak negara. Termasuk di Thailand pastinya, yang merupakan basis produksi untuk motor tersebut.
Rekan kami di Thailand sana sudah mencoba motor yang dihargai 313 ribu bath saja atau kalau dikonversikan menjadi Rp 138,5 jutaan saja. Harga yang terhitung murah untuk sebuah motor 660 cc.
Salah satu yang menarik dari motor ini adalah dapur pacu andalannya, karena dibuat baru dengan tiga silinder inline. Triumph sendiri memang identik dengan berpiston ganjil itu.
Bahkan mesin tiga silinder miliknya yang terpasang di model Triumph Street Triple 765, digunakan menjadi mesin untuk motor balap Moto2. Tentunya ada banyak penyesuaian yang dilakukan untuk bisa dipakai balap tadi.
Terus apa sih istimewanya mesin tiga silinder Triumph Trident 660 ini?
Bawah Sampai Atas
Setidaknya ada dua alasan kenapa Triumph memasangkan mesin tiga silinder untuk model roadster mereka ini. Pertama karena mesin jenis ini punya torsi yang kuat.
"Torsi bawah sampai tengah sangat kuat. Kemudian alasan kedua putaran atas bisa sangat tinggi seperti mesin empat silinder," jelas Stuart Wood, Triumph Engineer Officer pada sesi peluncuran Trident 660.
Mengandalkan piston berukuran 74 mm yang dipadu pergerakan piston sejauh 51,1 mm membuat kapasitas mesinnya menjadi 660 cc. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 81 PS di 10.250 rpm dengan capaian torsi sebesar 64 Nm di 6.250 rpm.
Bukan cuma itu saja, dapur pacu tersebut dibekali transmisi manual enam percepatan, Assist & Slipper Clutch dan Ride by Wire yang mengatus buka-tutup gas secara elektronik. Dan tentu saja ada Riding Mode juga.
Menariknya pihak Triumph juga menyiapkan motor ini untuk pemegang SIM A2. SIM A2 ini sendiri di Eropa sana digunakan oleh rider pemula yang hanya boleh mengendarai motor dengan tenaga maksimal 47,6 PS saja.
Triumph meyakinkan jika Trident 660 juga bisa menjadi tunggangan untuk rider pemegang SIM A2 tadi. Loh bukannya tenaga mesinnya melebihi batas? Iya betul, tapi pabrikan Inggris ini sudah punya solusinya.
"Kami menyediakan conversion kit yang bisa membuat tenaga dan torsi motor ini lebih rendah, sesuai dengan peraturan berlaku. Jika rider sudah mendapatkan SIM A, alat ini bisa dilepas dan performa kembali normal," ungkap Stuart.
Artinya mesin tersebut bisa di-downgrade untuk menyesuaikan kebutuhan pengendara. Jika sudah lulus dari SIM A2, maka tak perlu beli motor baru karena tinggal lepas alat tadi.
Kesimpulan
Triumph Trident 660 memang belum hadir di Indonesia, pihak PT Garda Andalan Selaras selaku distributor Triumph mengaku perlu strategi khusus karena harganya bersinggungan dengan brand asal Jepang seperti Yamaha MT-07 dan Honda CB650R Neo Sport Cafe.
Namun melihat bentuknya, teknologi serta harga yang ditawarkan, seharusnya motor ini tetap akan menjadi pilihan orang-orang. Apalagi mesin tiga silinder juga memiliki suara yang khas.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil