Yamaha Bersiap Rilis Motor Matic 155 Cc Oktober Ini, Keluarga Baru Maxi Yamaha?
Harry · 7 Okt, 2021 11:00
0
0
Saat ini sudah ada Yamaha Nmax, Yamaha Xmax, Yamaha Aerox, Yamaha Lexi dan Yamaha Tmax DX yang jadi anggota keluarga Maxi Yamaha. Tapi informasi terbaru, pabrikan garpu tala ini akan merilis motor matic bermesin 155 cc.
Tanggal peluncurannya pun sudah pasti, 13 Oktober 2021 mendatang dan akan rilis di Taiwan. Meski nama motor barunya itu belum terungkap, tapi dari berbagai analisa media luar sana, motor matic ini adalah Yamaha Force 155.
Yamaha Force sendiri merupakan sebuah motor matic berdesain sporty dan lebih kompak. Desainnya lebih terlihat seperti skuter Eropa dengan dimensi yang pendek dan cenderung padat.
Area deknya pun rata, andai kata masuk Indonesia rasanya bisa jadi penantang serius dari Honda Vario 150, yang juga sama-sama skutik 150-155 cc dengan dek rata. Yamaha Indonesia belum punya loh produk seperti ini.
Dari teaser yang telah disebar, hanya menampilkan lampu depan sebelah kanan saja. Lampu ini punya bentuk agresif layaknya mata predator yang sedang memburu mangsanya.
Dituliskan Greatbiker, kemungkinan besar desainnya pun tak akan jauh berbeda dari model sebelumnya. Hanya saja tetap mendapatkan sentuhan minor dan juga update fitur serta teknologi.
Misalnya lampu depan kini mengandalkan LED, mengikuti lampu belakang yang sudah lebih dulu. Setang model telanjang dengan panel meter digital, kemungkinan besar juga sudah dibekali fitur konektivitas Y-Connect.
Posisi mulut tangki bahan bakar ada di bawah setang seperti halnya Yamaha Freego. Dan bisa dipastikan jika bagasinya punya ukuran yang terhitung besar.
Yang unik mesinnya, ternyata model yang saat ini dijual telah menggunakan mesin 155 cc berdasarkan situs Yamaha Taiwan. Mesin ini berpendingin cairan dan sudah pakai 4 buah katup.
Hanya saja tanpa ada embel-embel VVA (Variable Valve Actuation) yang jadi teknologi andalan matic 155 cc Yamaha lainnya. Dan besar kemungkinan model terbaru dari Yamaha Force ini akan pakai mesin dengan teknologi VVA agar lebih efisien dan bertenaga.
Maklum saja, dari data hasil pengetesan bahan bakar, konsumsi motor satu ini bisa dikatakan gak irit-irit banget. Hasilnya cuma 36,8 km/liter. Tentu dengan jantung mekanis berteknologi VVA bisa hasilkan konsumsi bahan bakar lebih irit.
Bagaimana, cocok masuk pasar Indonesia bersaing dengan Honda Vario 150 gak nih?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil