Yamaha XMax 2023 Ganti Tampang di Eropa, Versi Indonesia Meluncur Minggu Depan?
Ilham · 28 Okt, 2022 11:30
0
0
Desain eksterior berubah.
Spidometer sudah full digital.
Pada Kamis 27 Oktober 2022, Yamaha Eropa mengumumkan kehadiran versi terbaru dari skuter matic gambot mereka, Yamaha XMax 2023. Sejumlah ubahan dihadirkan mulai dari tampilan hingga ke bagian fitur.
Menariknya, untuk pasar Eropa ini Yamaha XMax dilepas dalam dua varian dengan tampilan yang sama. Diantaranya Yamaha XMax bermesin 300 dan 125 cc. Sehingga kemungkinan di Indonesia volume mesinnya akan menjadi 250 cc seperti saat ini untuk mengikuti regulasi pajak.
Selain itu, dilansir dari Visordown, terdapat juga varian standar dan Tech Max sebagai tipe di atasnya dengan perbedaan di fitur spidometer.
Membahas Yamaha XMax 2023 perubahan yang langsung bisa terlihat ada di sektor tampilan luarnya. Bentuk headlamp yang sebelumnya bertipe triple headlight dengan tebeng X shape kini ditinggalkan.
Sebagai gantinya, ada headlamp dengan bentuk X yang jelas berkat hadirnya sepasang DRL LED di bagian bawah dengan posisi diagonal. Pengadopsian bentuk lampu yang baru mempengaruhi desain tebeng yang tak lagi X shape.
Masih dari sisi depan. Sepasang lampu seinnya pindah dari bagian bawah ke sisi windshield. Bentuk dan posisi windshield juga berbeda dari sebelumnya. Namun pengaturan posisi tinggi-rendahnya masih tetap manual. Ini yang bikin front fascianya terasa lebih agresif.
Bukan hanya depan, bentuk huruf X juga hadir di bagian belakang. Tepatnya pada bagian stop lamp anyar di Yamaha XMax 2023. Sehingga 'tema' huruf X di motor ini makin kental.
Jika versi yang beredar sebelumnya mengandalkan panel spidometer digital dan analog, maka di Yamaha XMax 2023 berubah total. Menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan masa kini, maka spidometer Yamaha XMax 2023 sudah mengandalkan layar LCD digital.
Di versi standarnya, terdapat layar 4,3 inci dengan dasar gelap yang adem tidak menyilaukan mata. Hal ini membuat instrumen di dalamnya mudah terpantau.
Sementara pada versi tertinggi, yakni Yamaha XMax 300 Tech MAX, fungsi layar 4,3 inci berubah menjadi tampilan peta navigasi. Tak main-main, di sistem navigasi itu dikembangkan bersama perusahaan GPS kenamaan, Garmin.
Konsekuensinya, panel spidometer beralih ke layar kedua yang berada di bagian atasnya. Memang ukurannya jadi lebih kecil, yakni 3,2 inci tapi secara fungsinya tetap sama.
Meski berbeda, tapi di seluruh versi terbaru Yamaha XMax sudah disematkan koneksi ke smartphone dengan aplikasi berjuluk MyRide. Namanya bukan Y-Connect seperti di sini.
Yamaha sendiri punya beberapa nama aplikasi koneksi nirkabel dengan smartphone. Selain MyRide dan Y-Connect ada juga YMCC-X di India.
Fitur Tetap Komplet
Ditilik dari fiturnya, Yamaha XMax 2023 tetap mempertahankan sederet teknologi canggih yang sudah ada di tipe sebelumnya. Misalnya sudah tertanam fitur TCS (Traction Control System), rem ABS dan Smart Key.
Tapi sayangnya, sistem pengaturan posisi setang dan windshield masih manual seperti sebelumnya. Jadi belum ditingkatkan dengan tipe elektrik seperti pesaingnya, Honda Forza 250.
Kira-kira bakal hadir di IMOS 2022 minggu depan nggak ya?