Yamaha XMax Connected.
Warna Dark Petrol menghilang.
Prestige Grey berubah jadi Elixir Dark Silver.
Varian Tech Max tidak ada perubahan.
Segmen motor matic 250 cc bisa dikatakan dikuasai oleh Yamaha XMax ) , termasuk seri terbaru dengan label Connected.
Motor matic gambot ini banyak disukai untuk modifikasi dan touring, sejak dikenalkan pertama kalinya, pada akhir tahun 2016 lalu.
Motor ini mulai didistribusikan awal 2017 hingga saat ini sudah masuk generasi kedua yang rilis 2023 lalu.
Memasuki kuartal 4 tahu 2024, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyegarkan tampilan motor tersebut.
Belum masuk pada perubahan desain, karena usianya pun masih muda, namun lebih pada pilihan warna dan grafis baru.
Dari rilis resminya dijelaskan jika hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan pecinta matic premium yang terus berkembang.
Baca juga : Nyamannya Yamaha XMax Connected Untuk Jelajah Pantai Yogyakarta
Rifki Maulana, Manager Public Relations YIMM mengatakan jika model ini tidak hanya menawarkan inovasi teknologi, tapi juga performa mesin.
"Kali ini inovasi baru melalui perubahan grafis yang semakin sporty dan elegan, sekaligus sentuhan warna terbaru," katanya.
Elixir Dark Grey, gantikan Prestige Silver.
Menilik banderolnya, kini untuk varian Connected dilepas Rp 68,855 juta dan varian Tech Max berlabel Rp 72,115 juta on the road Jakarta.
Warna Dark Petrol Menghilang
Sentuhan warna baru hadir pada XMax Connected Prestige Grey yang kini diubah menjadi Elixir Dark Silver.
Tampilannya semakin menambah nuansa premium, sporty, dan elegan pada motor.
Sedangkan opsi lainnya yakni Luxury Red, Premium Black dan Magma Black untuk varian Tech Max tetap dipertahankan.
Hanya saja seluruh varian warna kini mendapatkan sentuhan baru pada bentuk dan posisi grafis yang lebih tegas, minimalis, dan sporty.
Luxury Red masih dipertahankan.
Dari yang sebelumnya berada di buritan motor kini berpindah ke bagian cover tengah, motor dekat dengan pijakan kaki.
Kini untuk varian Connected tersisa 3 dari sebelumnya ada 4 opsi, yang artinya tidak ada lagi warna Dark Petrol.
Baca juga : Selain Mesin Mumpuni, Yamaha XMax Connected Punya Fitur Berguna Lain buat Touring
Sekilas Yamaha XMax Connected
Motor ini punya ukuran 2.180 x 795 x 1.460 mm (PxLxT) yang mana ukurannya terhitung besar.
Sumbu rodanya 1.540 mm, dengan tinggi jok 795 mm dan jarak terendah 135 mm.
Yamaha menyebutnya dengan maxi riding style, yang mana motor ini memilki ruang kaki yang luas.
Warna Premium Black dengan pelek biru.
Dengan dua posisi pijakan kaki pengendara yang membuat kaki lebih rileks untuk perjalanan jarak dekat atau jauh.
Kemudian setang yang lebar memudahkan pengendalian dari motor yang punya bobot isi 181 kg ini.
Yang menarik setang motor ini bisa diseting maju mundur, disesuaikan dengan preferensi pengendaranya.
Kenyamanan berkendara lainnya didapatkan dengan adanya perlindungan dari windshield motor yang punya ukuran tinggi dan besar.
Improvement dilakukan oleh Yamaha pada motor ini salah satunya terkait karakter suspensi.
Varian Tech Max.
Yang mana pada model barunya dibuat sedikit lebih keras dari model sebelumnya.
Tapi feeling empuk dari kedua suspensinya masih terasa, sehingga redamannya tetap nyaman.
Hal terakhir adalah kinerja mesin yang memuaskan, tak kedodoran saat butuh tenaga besar.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC, 4 katup, pendingin cairan, berkapasitas 250 cc dan berteknologi Blue Core.
Baca juga : Plus-Minus Yamaha XMax Connected 2023, Cek Dulu Sebelum Beli!
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 22,8 PS padap utaran 7.000 rpm, dengan torsi maksimal menyentuh 24,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.
Efisiensinya lumayan, untuk dalam kota diangka 31 km/liter dan luar kota bisa mencapai 35 km/liter menggunakan bahan bakar oktan 92.
Yamaha XMax Connected
Dimensi
P x L x T
2.180 x 795 x 1.460 mm
Sumbu Roda
1.540 mm
Tinggi Jok
795 mm
Jarak Terendah
135 mm
Berat Isi
181 kg
Kapasitas Tangki
13 liter
Mesin
Tipe
4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah
70 x 64,9 mm
Kapasitas Mesin
249,8 cc
Rasio Kompresi
10,5 : 1
Tenaga
22,8 PS @ 7.000 rpm
Torsi
24,3 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi
Otomatis, CVT
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka
Underbone
Sok Depan
Teleskopik
Sok Belakang
Ganda
Rem Depan
Cakram, ABS
Rem Belakang
Cakram, ABS
Ban Depan
120/70-15
Ban Belakang
140/70-14