Yamaha XSR900 2022 Tampil Unik, Bakal Jadi Desain Baru XSR155 Nih
Ilham · 4 Nov, 2021 15:30
0
0
Sejak satu dekade terakhir, segmen motor sport retro modern mulai berkembang. Sederet pabrikan hadir mengisi pasar tersebut. Tak terkecuali Yamaha dengan keluarga XSR yang oleh pabrikan asal Jepang tersebut dijuluki Sports Heritage.
Kabar terbarunya, Yamaha secara resmi merilis XSR900 versi 2022 pekan ini. Sederet penyegaran dan ubahan dilakukan di model terbaru dan boleh dibilang cukup signifikan update-nya, calon-calon desain baru Yamaha XSR155 nih!
Karena bukan hanya di sektor tampilan dan kosmetiknya saja, namun hingga ke bagian framenya. Yamaha pun mengklaim jika pengembangan tersebut berdampak pada handling dan stabilitas yang lebih baik dari model sebelumnya.
Secara tampilan, sosok Yamaha XSR900 2022 masih mengacu pada desain retro klasik ala motor-motor sport Yamaha di era 80-an. Bisa dilihat dari bentuk headlamp bulat yang hadir sebagai perwakilan front fascia.
Headlamp tersebut menjadi bagian revisi yang dilakukan Yamaha pada XSR900. Kini dibuat lebih proporsional, ditunjang teknologi lampu LED, headlamp tersebut juga terlihat futuristik lewat aksen reflektor biru.
Uniknya, posisi lampu sein depan yang sebelumnya menempel di kupingan headlamp kini beralih ke bagian sasis, tepatnya di sisi radiator. Ukurannya pun mengecil dari versi terdahulu dengan lampu LED sebagai andalannya.
Masih dari bagian depan. Kesan sporty nan sangar ditunjukan dengan perpindahan posisi spion dari bagian tengah setang ke ujung, atau kerap dikenal sebagai spion bar end.
Dari samping, desain tangki dengan bodi penutup aki kini terlihat berbeda. Selain lebih segar, ubahan tersebut diyakini sebagai konsekuensi akan hadirnya sasis Deltabox terbaru yang diusung oleh Yamaha XSR900 2022. Pembaruan tersebut juga terlihat pada jok model buntut tawon dengan lekuk baru di buritan untuk menegaskan aksen retronya.
Oiya, sasis baru ini juga membuat handling dari Yamaha XSR900 2022 terasa lebih mudah. Diantaranya lewat bobotnya yang lebih ringan, lalu sudut posisi duduk yang lebih baik, serta tingkat kekakuan yang baik.
Bisa ditengok juga, dari posisi komstir (headstock) dibuat 30 mm lebih rendah. Yamaha mengklaim akan meningkatkan feeling berkendara, khususnya di tikungan. Serta hadirnya wheelbase 1.495 mm yang lebih panjang 55 mm dari versi lawas untuk meningkatkan kestabilan di trek lurus.
Warna dan grafis Yamaha XSR900 2022 pun terbilang spesial. Karena mengikuti tampilan ala motor balap lawas, yakni Yamaha YZR-500 di era GP500. Kelir biru dengan kombinasi grafis kuning akan mengingatkan kita akan sosok livery balap Gauloises Blonde dari motor Christian Sarron.
Grafis legendaris tersebut berpadu apik dengan dominasi mesin dan sasis berwarna hitam. Serta laburan warna bronze pada bagian velgnya yang 700 gram lebih ringan.
Fitur lainnya adalah layar dashboard LCD 3,5 inci TFT multi informasi. Selain itu, motor ini juga sudah dilengkapi kontrol traksi modern yang menghadirkan six-axis inertial measurement unit. Peranti tersebut akan meminimalisir terjatuh saat berkendara.
Spesifikasi Mesin Yamaha XSR900 2022
Tak lengkap jika belum membahas sektor mesinnya. Memang area yang satu ini juga diperbarui. Yakni dengan memakai mesin Yamaha Crossplane 3 (CP3) yang volumenya naik dari 857 cc menjadi 889 cc. Dengan standar emisi Euro-5, mesin tersebut dibekali juga dengan transmisi 6-speed, quickshifter dan assist & slipper clutch.
Lewat kapasitas tambahan tersebut, maka didapat kenaikan tenaga hingga 4 dk atau menjadi 118 PS pada 10.000 rpm. Torsinya juga naik dari 87 Nm di 8.500 rpm menjadi 93 Nm yang kini didapat cukup di putaran 7.000 rpm.