Tanpa AC dan Minim Fitur, Daihatsu Ayla 1.0 D Si Mobil Termurah di Indonesia Layakkah Dibeli?

Daihatsu Ayla 1.0 D kini dilabeli mobil baru termurah yang dijual di Indonesia. Harganya mengacu laman resmi Rp 103,3 juta on the road Jakarta. Banderolnya terjangkau lantaran mobil ini termasuk jenis Low Cost Green Car atau LCGC. 

Ayla 1.0 D ini merupakan tipe paling rendah dari semua lini Daihatsu Ayla di Indonesia. Makanya jangan heran kalau dari tampilannya begitu standar, minus tambahan unsur kosmetika, dan juga banyak fitur yang disunat bila dibandingkan satu tipe di atasnya, Daihatsu Ayla 1.0 D+. 

Kemudian dari dalam, jangan harap ada ragam peranti guna menunjang kenyamanan dan keselamatan selama berkendara. Karena dijual murah, semua perlengkapan standar sebuah mobil pada umumnya dihilangkan oleh Daihatsu. 

Penasaran apa saja yang absen pada Daihatsu Ayla termurah ini? Mari kupas bersama dalam beberapa poin kekurangan dan kelebihan Daihatsu Ayla 1.0 D berikut, sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Baca juga: Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla?

Eksterior Sederhana Daihatsu Ayla 1.0 D, Luput Garnish dan Fitur

Pertama dari eksterior. Meskipun sudah mengadopsi wajah facelift lewat desain bumper-nya, tapi tetap saja aura Daihatsu Ayla lawas tetap terpancar. Ini karena model lampunya masih pakai halogen biasa, belum LED. Terlebih minus lampu kabut. 

Kemudian dari samping unsur mobil murahnya juga tampak, terlihat dari cover spion dan handle pintu berbahan plastik trim hitam yang lama kelamaan akan memudar hitamnya. Setiap penjualan unitnya juga tak dilengkapi talang air. Alternatifnya harus keluar dana lagi beli di diler atau produk aftermarket. 'Sepatu' si mobil murah ini juga ala kadarnya, berupa velg kaleng 13 inci.    

Beralih ke belakang lagi-lagi jangan berekspektasi lebih ya. Semua serba terondolan, tak ada wiper, sensor parkir, emblem penunjuk tipe, kamera mundur, spoiler, apalagi defogger belakang. Boleh dibilang buritannya ini masih sama seperti Ayla tipe D lawas. Singkatnya kurang sedap dipandang.

Baca juga: Mengulas Fitur dan Kepraktisan Daihatsu Ayla

Interior Daihatsu Ayla 1.0 D Polosan, Tak Ada Fitur Kenyamanan

Itu dari luar, sekarang masuk bagian kedua membahas interiornya yang tak kalah mengagetkan. Kenapa? Karena bagian dashboard tengahnya rata, alias tanpa kisi-kisi AC dan head unit! Kenop putar AC beserta lubang kisi-kisi udara samping kanan dan kiri juga diganti jadi plastik dummy. Jadinya sepanjang perjalanan harus buka jendela supaya tidak pengap, tetap sejuk secara alami, dan demi sirkulasi udara. 

Tapi kekurangannya tak cukup di situ apabila menoleh pada bagian pelapis pintu, kita tidak akan menemukan lapisan fabric. Sebab semua itu digantikan dengan kain vinyl tanpa moulding, jadinya door trim mobil tersebut rata seperti mobil zaman dulu. 

Unsur jadulnya itu kemudian diperkuat dengan pengaturan pembuka jendela yang masih window by power berupa engkol putar untuk semua sisi pintu. Kemudian instrumen meternya cuma tersedia penunjuk kecepatan berupa analog, jadi serupa motor. Namun tetap ada indikator bensin digital. 

Ketiga, tangan bisa lebih pegal lagi karena untuk menggerakan setir butuh ekstra tenaga. Terutama saat parkir, tangan pengemudi akan diuji kekuatannya, sebab lingkar kemudinya belum pakai power steering

Baca juga: Mulai Daihatsu Ayla hingga Toyota Calya, Sudah 1,1 Juta Unit LCGC Diproduksi Pabrik Daihatsu

Kejar Murah, Fitur Daihatsu Ayla 1.0 D Hanya Ala Kadarnya 

Selanjutnya yang bikin Daihatsu Ayla 1.0D ini 'low profile' lagi adalah kunci kontaknya yang mirip-mirip kunci lemari. Belum ada tambahan plastik hitam di bagian gagangnya. Ini juga mengindikasikan untuk sektor pengunciannya belum disertai immobilizer.

Mobil termurah di Indonesia ini juga menggunakan jok yang headrest-nya tersambung untuk bagian depan. Sementara belakang tanpa sandaran kepala. Tapi sudah ada slotnya, sehingga pembeli cukup melengkapinya terpisah. 

Keempat, selain minus penyejuk kabin dan penyetel audio, khususnya penumpang bagian depan bakal merana, karena tak ada hand grip dan sun shade. Sehingga saat terkena pancaran matahari bisa silau dan terasa hawa hangat berlebih. Penumpang wanita juga tak bisa dandan karena tak bisa manfaatkan cermin yang biasanya ada di penghalang sinar matahari.  

Kelima, fitur power door lock juga nyatanya absen pada mobil yang termasuk kekinian itu. Untuk itu pengemudi harus selalu mengingatkan kepada penumpangnya untuk mengunci pintunya secara manual demi keamanan dan keselamatan. Pengaturan spion secara elektrik juga belum disertai di sana. Untuk mengatur spion sebelah kanan tentu masih gampang dilakukan, tapi untuk spion kiri? Tentunya butuh orang lain untuk membantunya.

Baca juga: Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money

Meski demikian pengaturan sliding dan reclining jok depan masih tetap bisa difungsikan. Seatbelt 3-titik juga tak absen pada mobil itu. Fasilitas power outlet juga masih tampak, jadi tak perlu takut kehabisan daya baterai gadget. Cuma ya harus tetap melengkapinya pakai adaptor. 

Performa Mesin Tidak Istimewa 

Lebih lanjut tak ada yang bisa dijabarkan lagi. Jadi jangan tanya lagi ada rem ABS (Anti-lock Braking System) dan airbag? Semua itu sudah jelas tidak ada. Oh iya untuk jantung mekanisnya pakai mesin dengan kode 1KR-DE 996 cc berkonfigurasi 3-silinder. Di atas kertas menjanjikan tenaga 63 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 86 Nm yang dicapai pada putaran 6.300 rpm. 

Daya maksimumnya itu dikawinkan hanya pada transmisi manual 5-percepatan. Sudah tidak ada AC, sistem audio dan power steering, tiga pedal lagi. Bagaimana tetap ingin meminangnya?

Baca juga: Presiden RI Setujui Skema Pajak Nol Persen Mobil Baru, Harga Daihatsu Ayla 2021 Bisa Makin Murah?

Daihatsu Ayla 1.0 D layak dibeli?

Menurut penilaian kami, keputusan pembelian mobil ini perlu pertimbangan matang. Ingat lagi, fitur keselamatannya minim untuk pengemudi dan penumpangnya. Kemudian banyak fitur yang disunat, untuk melengkapinya butuh dana lagi seperti pembelian talang air, headrest kursi belakang, hingga printilan lain seperti sun shade

Belum lagi umpama ingin upgrade menambah kenyamanan mobil pakai sistem AC, sistem audio, beserta power steering yang harganya bisa menguras kantong. Maka dari itu memang secara harga masuk kategori affordable, namun sulit dikatakan value for money

Hemat kami Daihatsu Ayla 1.0 D ini hanya cocok dijadikan sebagai mobil modifikasi, juga keperluan kontestasi seperti slalom atau drag race. Alternatifnya dengan dana Rp 103 jutaan, bisa mengincar beberapa mobil bekas yang punya fitur keselamatan dan kelengkapan fitur yang lebih. Misalnya Suzuki Ignis lansiran 2018, Toyota Yaris TRD Sportivo 2016, Suzuki Ertiga 2013 hingga Toyota Innova bensin tahun produksi 2008.  

Baca juga: Mobil LCGC Bekas Daihatsu Makin Laris Akibat Pandemi Covid-19, Apa Sebabnya?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Ayla

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 151,00 Juta
Rp 3,08 Juta/bln

18.537 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Datsun GO
    Rp 112,09 Juta
    Ayla vs GO
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ayla vs Brio
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ayla vs March
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Ayla vs Ignis
Daihatsu Ayla
Lihat