DFSK Glory 580 yang meluncur di Indonesia pada pertengahan 2018 lalu belum pernah mendapat penyegaran. Sudah tiga tahun lebih umurnya, tentu SUV yang dijadikan rival Honda CR-V itu harus segera diperbarui supaya dirilik pasar.
Bila tidak, pamor DFSK Glory 580 akan terus terseok-seok. Sebab penjualannya di Indonesia masih belum berhasil menunjukkan tajinya, malah trennya cenderung menurun dari tahun ke tahun menagcu data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Gaikindo.
Pada 2018 usai diluncurkan, penjualannya sebanyak 614 unit. Tapi malah turun pada 2019 sebesar 558 unit. Kemudian anjlok pada 2020 berkenaan kondisi pandemi jadi sebanyak 45 unit. Lalu puncaknya pada semester pertama tahun ini, DFSK Glory 580 cuma terdistribusi 1 unit!
Baca juga: Biar Jualannya Moncer Lagi, DFSK Bikin Subsidi Diskon PPnBM Sendiri Buat Glory 560 dan i-AUTO
Namun rupanya di negara asalnya, prinsipal DFSK yakni Dongfeng Xiaokang sudah bergerak cepat. Fengguang 580 atau DFSK Glory 580 rencananya bakal mendapat ubahan yang radikal. Jadi lebih dinamis dan berjiwa muda, atau sederhananya mengadopsi konsep 'oriental futuristic aesthetics', sesuai bahasa desain yang akan diterapkan pabrikan di masa mendatang.
Dari depan SUV ini punya desain grille serupa sayap burung yang disebut 'Birds Flying Towards The Phoenix', jadi tak ada lagi model grille konvensional berupa garis horizontal atau titik-titik dot matrix. Oleh karena itu secara visual desainnya tampak tiga dimensi.
Lanjut ke samping lagi-lagi ada bahasa desain baru yang disematkan. Namanya 'power-through aesthetics', punya perpaduan tarikan garis yang seakan menyambung dari lampu depan ke lampu belakang, guratan lainnya memanjang dari over fender roda depan hingga buritan.
Adapun dari belakang, sejauh mata memandang punya tampilan serupawan wajahnya. Desain baru ini lebih sedap dipandang dari model DFSK Glory 580 lawas. Pancaran lampunya LED, ditambah LED bar memanjang yang menyambungkan housing lampu remnya. Hal yang tak berubah juga ada sepasang lampu kabut pada bumper, serta dua lubang desain knalpot yang telah direvisi.
Baca juga: Harga Mobil DFSK di Lombok vs Jakarta, Ternyata Bedanya Jauh Banget
Spesifikasi dimensi dan mesin DFSK Glory 580 baru
Selain tampilannya yang makin ganteng, rancang bangun DFSK Glory 580 dirombak total ternyata. Makanya dimensinya jadi membesar dari sebelumnya. Glory 580 sebelumnya punya panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm, tinggi 1.715 mm, dengan jarak sumbu roda 2.780 mm.
Nah pada model terbaru itu nantinya menjanjikan kelegaan kabin yang lebih lapang karena dimensinya menjadi 4.720 mm untuk panjang keseluruhan, lebar 1.865 mm, tinggi 1.710 mm, serta wheelbase 2.785 mm.
Oh iya tingginya memang lebih rendah karena penggunaan profil ban yang lebih kecil. Dari gambar bocoran dia dipasang ban yang tidak terlalu tebal, kemudian menyelimuti velg baru palang bintang. Sayangnya belum terungkap ukurannya.
Terakhir menyoal jantung mekanis DFSK Glory 580 tetap dipersenjatai mesin bensin 1.500 cc turbo. Tapi output yang dikeluarkan lebih bertenaga hingga 184 dk. Bandingkan dengan mesin DFSK Glory 580 yang sekarang dijual, pakai mesin SFG15T bertenaga 147 dk dan torsi 220 Nm.
Baca juga: DFSK Super Cab vs Esemka Bima, Pilih Mobil Pick Up Murah dari Cina atau yang Lokal?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta