Setelah hanya muncul informasi awalnya saja, DFSK Glory 580 2022 ternyata akan mulai dipasarkan di Cina akhir Oktober 2021. Meski begitu, harga resmiya sudah diumumkan. Selama masa promosi, 580 ditawarkan antara 95.900 - 129.900 Renminbi atau kira-kira setara Rp211,7 juta - Rp286,7 juta.
Tapi jangan heran kalau di negara asalnya tidak pakai nama Glory 580. Sebab Dongfeng Xiaokang selaku prinsipal DFSK menggunakan nama Fengguang 580 atau Fengon 580. Menurut klaim perusahaan, model ini pun menjadi produk yang paling mewakili tentang perkembangan dari pabrikan otomotif asal Cina itu.
Kalau kita sedikit kilas balik tentang sosok DFSK Glory 580 yang dirilis 2018 lalu, maka tak ada lagi yang tersisa di model terbarunya ini. Pihak Dongfeng menyebut 580 2022 pakai bahasa desain "Oriental Futuristic Aesthetics". Dan konsep seperti ini yang akan diturunkan kepada model-model DFSK selanjutnya di masa depan.
Kalau menurut kami, penampilannya jauh lebih keren dibanding Glory 580 sebelumnya. Itu karena seluruh pahatan tubuh Medium SUV ini dirombak total sejalan dengan target 580 yang menyasar pembeli dari kalangan muda.
Baca juga : DFSK Glory 580 Model Baru, Tampilannya Jadi Ganteng Banget!
Lihat saja bagaimana gril depannya yang tak lagi berbentuk bilah horizontal namun dibuat menyerupai sayap burung tiga dimensi. Dongfeng menyebut konsep gril ini "Bird Flying Toward The Phoenix". Kemudian di bagian ini juga tak diberi finishing krom. Warna yang dipilih hitam dengan tambahan garnish black gloss dibagian tepinya. Pemilihan kelir ini pun ikut menambah aura sporty mobil tersebut.
Hal baru lainnya adalah penggunaan lampu utama yang sudah pakai projector headlamp. Lampu ini juga sudah terintegrasi Daytime Running Light (DRL) berupa garis lurus di bagian atasnya. Lantas di tepi kiri dan kanan bemper juga ada air intake yang ternyata dipadukan foglamp kecil pakai LED. Uniknya, bagian ini pakai aksen merah, kontras dengan warna gril yang sepenuhnya hitam.
Dimensi DFSK Glory 580 2022 | |
---|---|
Panjang | 4.720 mm |
Lebar | 1.865 mm |
Tinggi | 1.710 mm |
Jarak sumbu roda | 2.785 mm |
Lanjut ke bagian samping, 580 juga pakai desain baru. Dinamakan power-through aesthetics, pabrikan merancang ada tarikan garis yang dinamis mulai dari ujung lampu depan hingga ke pilar C. Kemudian ada juga garis lurus antara bagian atas fender depan sampai dengan lampu stop di belakang. Lantas ruang fendernya juga cukup lebar sehingga terlihat proporsional ketika dijejali velg ukuran ring 19.
Lanjut ke belakang, Dongfeng membuat lampu yang menyatu antara sisi kiri dan kanan. Seluruh lampunya sudah pakai LED, dan di atas garnish lampu belakang ada emblem bertuliskan "FENGCON". Untuk lampu mundurnya malah diletakkan pada bemper, tepatnya di atas dua knalpot model persegi lima.
Baca juga : Bawa Beban 1 Ton Tembus Kepadatan Kota Pahlawan, Konsumsi BBM DFSK Super Cab Capai 12,8 km/liter
Sama seperti eksteriornya, ruang kabin DFSK Glory 2022 juga mendapat revisi besar-besaran. Kombinasi warnanya hitam dengan merah maroon serta ada aksen abu-abu dan silver di dasbor, trim pintu, serta konsol tengah.
Pada dasbor terihat ada monitor 7 + 12,3 inci yang menyatu antara meter cluster dengan sistem infotainment. Sementara di konsol tengah terlihat pula beberapa tombol pengoperasian sejumlah fitur. Antara lain Electric Parking Brake dan Drive Mode.
Fitur lain yang juga sudah ada di mobil ini diantaranya headunit dnegan Android Auto dan Apple CarPlay, jok pengemudi dan penumpang depan dengan pemanas dan pemijat, serta kamera panoramic 360 lengkap dengan sensor parkir di bemper depan dan belakang. Tak ketinggalan, bagian atap mobil ini juga sudah panoramic sunroof.
Mesin yang terpasang di DFSK Glory 580 2022 juga baru. Kapasitas silindernya memang masin 1.5-liter dan diberi imbuhan turbocharged. Namun ini adalah mesin yang diracik khusus oleh Xiaokang Power anak perusahaan dari Chongqing Xiokang Industrial Group Co.,Ltd.
Mesin ini pakai sudut camshaft kecil dan desain VVT baru. Bagian intake dan kepala silinder juga ikut mendapat revisi sehingga rasio kompresi mesin kini menjadi 11:1. Hasil racikan anyar ini membuat output tenaga meningkat jadi 184 PS dengan torsi 270 Nm. Mesin yang kini dijanjikan tanpa turbo lag itu lantas dikombinaskan transmisi otomatis 6 percepatan.
Melihat PT Sokonindo Automobile yang pernah memasarkan Glory 580, maka rasanya besar kemungkinan kalau model barunya ini masuk pula ke Indonesia. Apalagi disajikan sebagai SUV 7 penumpang, maka kehadirannya bisa berkompetisi dengan brand Jepang seperti Honda CR-V atau rekan senegaranya Wuling Almaz.
Ditambah, di negara asalnya, pabrikan juga tetap memberi garansi hingga 7 tahun/150.000 kilometer. Tentunya ini tetap menjadi nilai lebih bagi DFSK untuk memberikan rasa aman pada setiap konsumennya ketika memiliki mobil-mobil DFSK.
Baca juga : Mengenal Intelligent Feature di DFSK Glory i-AUTO yang Bikin Berkendara Makin Nyaman dan Aman
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta