Ini Alasannya Bumper Mobil Kekinian Dirancang Gampang Penyok dan Ringsek

Mobil keluaran terbaru disebut-sebut gampang penyok, utamanya bagian bumper baik depan maupun belakang. Umumnya penyok terjadi saat terbentur kendaraan atau material lain.
Kendati begitu kalau tidak sampai pecah atau patah, bumper yang penyok bisa dengan mudah dibetulkan kembali pakai teknik tertentu. 

Bumper mobil kekinian lebih mudah penyok.

Biasanya disiram air panas supaya lunak dulu kemudian didorong dari arah dalam, atau juga ditarik dari luar pakai komponen vacuum. Setelah itu bumper yang tadinya penyok bisa kembali seperti sedia kala.

Bahan Pembuat Bumper Memang Dibuat Ringkih

Untuk menjawab itu, Pengamat Otomotif yang juga akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu memberikan alasannya. Dirinya mengamini bahwa bumper mobil sengaja dibuat lebih gampang berubah bentuk untuk tujuan keselamatan. Sebab mobil-mobil terbaru dituntut memiliki konstruksi pedestrian protection atau perlindungan terhadap pejalan kaki. 

"Bumper yang cepat penyok ketika berbenturan itu untuk menyerap sebanyak mungkin energi kinetik akibat tabrakan frontal. Utamanya dari bagian depan dan belakang yang biasa disebut sebagai crumple zone atau zona kendaraan yang dirancang remuk saat terbentur dengan kekuatan tertentu," ujarnya. 

Tampak mobil yang ringsek bagian depannya, atau disebut crumple zone.

Crumple zone berada di depan dan belakang di antara passenger cell, atau rangka yang dibuat untuk melindungi penumpang termasuk pengemudi di dalam mobil. Zona remuk dirancang menggunakan material serat fiber atau plastik yang disebut polypropylene sehingga lebih lunak dan lentur. 

Makanya bahan tersebut lebih 'ramah' ketika berbenturan dengan anggota badan, ketimbang material berbahan pelat baja yang keras dan bisa memberikan efek cedera yang lebih parah karena energi kinetik benturan diserap oleh tubuh.

Baca juga: Sudah Agustus, Kapan Penggolongan SIM C Motor Diberlakukan?

Tak cuma bumper, kap mesin juga dibuat mudah penyok lho

Supaya lebih bisa menjaga keselamatan pejalan kaki, kap mesin juga dirancang tipis sehingga mudah remuk dan landai. "Demi mengurangi tingkat cedera pejalan kaki, saat terjadi tabrakan frontal," lanjut Yannes. 

Jadi begini mekanismenya. Saat pejalan kaki tak sengaja tertabrak mengenai betis atau pahanya, bumper mobil akan penyok kemudian membuatnya terpelanting dan jatuh di atas kap mesin. Nah energi benturan saat terkena kap mesin itu juga diserap material pelat baja yang tipis. 

Untuk mengurangi cedera pada bagian kepala karena benturan di area kap mesin atau kaca, maka kelandaian kap mesin diatur sedemikian rupa agar energi kinetik yang mengenai orang terguling ke atas dan berputar ke atas kaca. 

"Makanya energi benturan tidak diserap penuh oleh bagian tubuh orang yang ditabrak, melainkan dibuah menjadi gerakan berputar atau rolling, orang tersebut berputar ke atas kap mesin yang sekarang relatif lunak atau gampang remuk," lanjutnya. 

Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp 5 Jutaan

Bumper dan kap mesin mudah penyok juga lindungi penumpang mobil

Tak melulu untuk melindungi pejalan kaki, ternyata bagian eksterior mobil yang dibuat mudah remuk juga semata-mata untuk melindungi penumpang di dalam mobil dari dampak tumbukan. Terutama ketika mobil mengalami tabrakan frontal yang lajunya cenderung cepat. Crumple zone tadi digunakan sebagai penyangga yang membantu meredam benturan, dengan memperpanjang waktu deselerasi sehingga lajunya berhenti perlahan, bukan tiba-tiba untuk meminimalisir hentakan. 

Sebab secara teknis apabila kendaraan melaju dalam kecepatan 80 km/jam kemudian menabrak sesuatu dan berhenti, siapa pun penumpang di dalanya akan terus bergerak dengan kecepatan yang sama sampai ada sesuatu yang menghentikannya. Misalnya kantung udara atau airbag, sabuk pengaman, juga dashboard mobil. 

Jadi bayangkan apabila mobil tetap pakai material keras wilayah di crumple zone, tak dilengkapi airbag, serta sabuk pengaman tanpa pretensioner dan force limiter. Tubuh akan ikut maju ke depan secara mendadak dan cepat, kemudian dada terhimpit karena ditahan sabuk pengaman yang kencang. Sudah barang tentu cedera serius tak terhindarkan. 

Baca juga: Ini Dia Wujud Toyota Veloz GR Limited, Edisi Perpisahan Sebelum Kehadiran Avanza Model Baru?

Bumper dari bahan plastik lebih murah dan mudah dibentuk

Produsen mobil menggunakan bahan yang relatif lunak juga seiring perkembangan teknologi dunia otomotif. Bumper yang jadi penghias serta penguat identitas mobil tak lagi menggunakan material besi, juga untuk menghemat biaya produksi. 

Biji plastik sebagai komposisi utama pembuatan bumper relatif lebih murah dan mudah diperoleh industri otomotif. Alasan kedua, plastik atau serat fiber juga mudah dibentuk. 

Yannes menambahkan, mobil zaman dulu cenderung pakai pelat besi karena keterbatasan teknologi membuat panel bodi mobil. Memang lebih kuat dan tidak mudah penyok, tapi konsumsi bahan bakarnya besar karena bobotnya berat. "Itulah kenapa mobil dulu juga disematkan mesin dengan kapasitas yang besar supaya bisa cepat bergerak dan melaju kencang," katanya.  

Fitur pelindung pejalan kaki mobil zaman dulu bentuknya seperti 'perangkap'

Bentuk mobil pertama kali dibuat belum meiliki bumper. Oleh karena itu untuk melindungi pejalan kaki yang tak sengaja tertabrak, dipasang seperangkat 'perangkap'. Pemikiran ini didasarsi saat terjadi kecelakaan mobil pada 1896, sejumlah produsen mobil mulai merancang produknya lebih aman. 

Beberapa tahun berikutnya tercetus inovasi pedestrian catcher yang sesuai namanya menangkap pejalan kaki yang berada di depan mobil. Dengan cara itu dipercaya bisa menyelamatkan nyawa manusia yang tertabrak. 

Ada dua mekanisme pedestrian cather yang saat itu diciptakan. Pertama perangkap yang sudah terbuka sendiri, pakai kain yang membuat pejalan kaki saat terjatuh akibat tertabrak mobil, tidak mengalami cedera yang serius. Kedua, adalah pedestrian catcher model lipat. Hanya saja mekanisme yang satu ini membutuhkan kejelian dan kesigapan si pengemudi. 

Sebab perangkap pejalan kaki baru bisa terbuka ketika tuasnya diaktifkan oleh pengemudi. Bila tidak cepat, maka akan terjadi tabrakan, membuat korban luka hingga bisa mengakibatkan nyawa melayang. Tapi seiring berjalannya waktu komponen tersebut seperti hilang bak ditelan bumi. Seiring perkembangan pemikiran dan inovasi, komponen penyelamat itu mulai digantikan. 

Sekarang dalam bentuk bumper yang lunak supaya menghindari cedera serius. Bahkan mobil terbaru ada yang ditambahkan fitur keselamatan aktif pakai Advanced Driver Assistant System (ADAS) berupa sistem radar dan kamera pintar, yang bisa mencegah terjadinya tabrakan karena mampu menginterupsi kendali dengan pengereman mendadak. 

Baca juga: Begini Cara Melepas Emblem Mobil yang Benar, Jangan Sampai Meninggalkan Bekas Ya!

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Almaz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil