Cari MPV Keluarga? Lirik Mazda Biante, MPV Roti Tawar Saingan Voxy yang Mulai Terlupakan

Pasar High MPV sekarang ini hanya diisi oleh duo Toyota Voxy dan Nissan Serena. Padahal jika berkaca, tiga tahun lalu masih ada satu model lagi yang menjadi pesaing keduanya, yakni Mazda Biante. Pernah jadi kuda hitam diawal-awal kemunculannya, Biante mengalami satu kali facelift di tahun 2014, menampilkan mesin SkyActiv baru dan beberapa ubahan kosmetik.

Awalnya Biante hanya diperkenalkan untuk pasar Jepang saja, tapi semenjak booming MPV, Mazda memutuskan untuk memborongnya ke Indonesia dalam bentuk CBU. Hadir untuk mengisi celah antara Mazda 8 yang lebih besar dan MPV kompak Mazda 5, Biante menyasar kalangan keluarga muda. Sayangnya pada akhir 2018, Biante disuntuk mati oleh Mazda karena penjualannya yang kurang sehat.

Meski disuntik mati, peminat Biante masih cukup banyak di tanah air, sehingga harga bekasnya masih cukup bertahan. Model faceliftnya jauh lebih mahal dibandingkan tahun-tahun awal, jadi jika anda punya budget terbatas dan menginginkan MPV Boxy Jepang ini, bisa coba tahun yang lebih muda dan pre-facelift. Untuk tahun 2016 keatas masih dibanderol melebihi Rp200 Juta.

Model dan Harga Mazda Biante Bekas
Tahun  Harga 
Biante AT Non SkyActiv 2012 Rp135 Juta-Rp143,5 Juta
Biante AT Non SkyActiv 2013     Rp145 Juta-Rp160 Juta
Biante AT Non SkyActiv 2014 Rp170 Juta-Rp180 Juta
Biante AT SkyActiv 2015 Rp190 Juta-Rp200 Juta
Biante AT SkyActiv 2016 Rp205 Juta-Rp215 Juta
Biante AT SkyActiv 2017 Rp215 Juta-Rp225 Juta
Biante AT SkyActiv 2018 Rp225 Juta-Rp 235 Juta

Baca juga:Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel

Eksterior Lebih Modern Ketimbang MPV Roti Tawar Lain

Mazda Biante, pernah jadi MPV laris

Kebanyakan model MPV di kelas ini membanggakan bentuknya yang mengotak, dimana Mazda justru sebaliknya. Mereka berusaha untuk menghilangkan kesan boxy lewat lekukan di bagian samping dan fascia depan.

Hasilnya memuaskan, Biante tidak terlihat seperti model lain yang doyan mengorbankan tampilan untuk sedikit fungsionalitas.

Mazda Biante pre-facelift, lebih murah

Bagi versi faceliftnya, ubahan meliputi gril depan yang terinspirasi dari Kodo Design khas mobil Mazda kekinian. Bemper depan juga baru, jadi lebih minimalis ketimbang sebelumnya.

Lampu utama sudah menggunakan HID meski untuk foglamp masih halogen biasa.Berlanjut ke samping, ciri khas Biante dalam ornament kaca yang ditarik dari lampu depan tetap hadir. 

Bagian samping banyak lekukan

Kaca pilar A luar biasa besar, mengurangi area blindspot pengemudi. Peleknya memakai ukuran 16 inci yang kelihatan agak kekecilan untuk mobil diatas 4,7 meter ini.

Lis kaca berwarna hitam memberikan kesan seamless, ditambah sedikit tarikan garis di bagian fender roda makin membuat desainnya tidak membosankan.

Buritan makin modern berkat ornamen krom

Bagian belakang juga tak kalah menarik dari fascia depan. Kembali penggunaan ornamen sejenis kaca yang memanjang dari kiri kekanan layaknya light bar, membuatnya tetap modern meski sekarang sudah berumur 7 tahun.

Logo Mazda tersembunyi pada bagian kaca

Kerennya logo Mazda dan tulisan Biante disembunyikan di ornamen ini, sehingga tidak mudah kotor dan berdebu.

Lampu belakang sendiri kombinasi dari LED dan bohlam dengan mata kucing yang bentuknya panjang. Secara keseluruhan bagian belakang Biante minimalis.

Dimensi Mazda Biante
Panjang 4,715 mm
Lebar 1,770 mm 
Tinggi 1,835 mm
Wheelbase 2,850 mm 

Masuk ke Kabin Punya Kesan Lapang dan Fungsional 

Kabin lapang khas MPV

Kesan luas dan lapang dari Biante ditekankan oleh jendela samping yang luas, ditambah kaca segitiga pilar A yang besar. Selain itu juga pemakaian dashboard yang rendah membantu visibilitas pengemudi kala perjalanan jauh.

Tata letak dari panel instrumen dan konsol tengah juga fungsional, memberikan informasi lengkap dari TFT MID tanpa pengemudi memalingkan kepalanya terlalu banyak. 

Banyak ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan juga memadai, mulai dari glovebox, cupholder di pintu, dan beberapa model laci terbuka untuk meletakkan barang termasuk handphone.

Sayangnya panel speedometer Biate masih model analog, meski sudah ditambahkan efek lampu ungu dan biru sebagai latar di belakang. Headunit 7 inci menjadi standar, sudah memiliki konektivitas Bluetooth, DVD, FM, AM, dan USB. 

Muat delapan penumpang

Fitur standar lain seperti Keyless Entry, Idling Stop System, Roof Monitor, dan Automatic Climate Control juga sudah dihadirkan.

Khusus di model pre-facelift sudah ada Auto Headlamp dan Auto Rain Wiper, yang justru hilang di setelah penyegaran. Baris kedua dimanjakan oleh Electric Power Sliding Door untuk buka tutup pintu dan pengaturannya bisa dari pengemudi depan.

Baris ketiga tetap nyaman

Hakikat Biante sebagai MPV roti tawar sudah pasti memberikan ruang kaki dan ruang kepala yang lega dari baris pertama hingga ketiga.

Joknya yang sudah kulit juga membantu kenyamanan penumpang, ditambah modelnya yang semi-captain seat menaikkan kelas Biante sebagai MPV. Akomodasi bagasi luas meski tidak bisa dilipat rata lantai.

Baca juga:New Mazda CX-5 Dibandrol Mulai dari Rp553 Jutaan, Nambah Dua Fitur Doang?

Safety Tetap Jadi Prioritas Mazda Meski Bodi MPV

Fitur keselamatan jempolan

Mazda menyematkan fitur keselamatan yang cukup baik kepada Biante. Meliputi safety Dual SRS Airbag, ABS,EBD, BA Hill Start Assist, Impact Protection Structure dan Advanced Suspension System.

Ada juga fitur Idling Stop yang berguna untuk menghemat bahan bakar lewat mematikan mesin otomatis, yang memang banyak terdapat di model Mazda.

Fitur buat keluarga muda

Sebagai MPV, Biante juga hadir dengan touch sensor pada pintu gesernya, mencegah tangan penumpang terjepit pada saat pintu menutup.

Sistem ini juga mencegah mobil untuk berjalan jika proses menutup belum sempurna. Tak lupa ISOFIX untuk penggunaan Child Seat agar lebih aman juga ada.

Pakai Mesin 2.000cc, Tenaga dan Torsi Lebih Dari Cukup

Mesin 2.000cc teknologi SkyActiv

Soal tenaga dan transmisi, Biante unjuk gigi ketimbang dua pesaing beratnya. Memakai mesin PE-VPS kapasitas 2.000cc empat silinder N/A berteknologi SkyActiv G, dapurpacu mobil ini mampu menghasilkan tenaga puncak 150 PS dan torsi maksimum 190 Nm. Tenaga diteruskan ke transmisi otomatis 6 pilihan percepatan Skyactiv-Drive.

Kombinasi mesin dan transmisi Biante inilah yang membuat respons gas dan kickdown lebih baik dibandingkan MPV roti tawar dengan CVT.

Otomatis 6 percepatan, bukan CVT

Penyaluran tenaga Biante diarahkan ke dua roda depan, meski di beberapa negara seperti Jepang, ada opsi AWD-nya.

Mesin lawas pada model pre-penyegaran juga tetap menggunakan 2.000cc berkode MZR LF-VD, hanya saja tidak ada teknologi Skyactiv sehingga efisiensi bahan bakar sedikit lebih rendah dan torsi yang didapatkan di rpm lebih tinggi. Klaim Mazda, Biante mampu mencatatkan angka keiritan 13,5 Km/L.

Baca juga:5 Mobil Baru Mazda Siap Rilis Mulai Tahun Depan, Semuanya SUV

Kenali Dua Problem yang Bisa Terjadi di Mazda Biante

Biante juga punya kelemahan 

Meski umur Biante masih tergolong muda dan jarang ada kerusakan, tapi bagi anda yang mengincar Biante bekas ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1.Engine Knocking Pada Mesin Skyactiv 
Melihat kompresi mesin di brosur, seharusnya Biante menenggak bensin minimal RON 92 alias Pertamax. Banyak pemilik yang justru memaksakan penggunaan Pertalite bagi kendaraan mereka, sehingga akhirnya mesin jadi ngelitik.

Jika belum terlalu sering terjadi, cukup memakai oktan seperti seharusnya. Apabila sudah terlalu parah, lakukan cleaning injector dan carbon cleaning.

2.Perpindahan Gigi Tidak Halus/Ngelock
Kerusakan ini biasanya terjadi akibat kerusakan model transmisi, yang disebabkan oleh oli transmisi yang tercampur dengan air.

Sebab modul transmisi Biante posisinya terendam oli didalam girboks. Jika sudah rusak, menggantinya perlu satu set dengan valve control, bisa seharga Rp10 Juta-Rp14 Juta.

Kesimpulan

Pantas jadi pilihan mobkas MPV

Jika anda mencari High MPV yang memiliki kabin luas sekaligus memiliki pintu geser, serta desain yang lebih sporty dari pesaing sekelasnya, Mazda Biante bisa jadi pilihan menarik.

Berada di rentang harga Rp130 Juta-Rp150 Juta untuk non facelift dan sekitar Rp180 Juta-Rp235 Juta bagi versi penyegaran, mobil MPV satu ini memberikan pengendalian yang lebih baik tanpa mengorbankan kenyamanan sebagai people mover.

Baca juga:Mazda 2 2022 Mulai Menampakkan Diri, Cuma Rebadge dari Yaris

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda 3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mazda 3 Hatchback Warna Baru Dirilis, Warna Premium Polymetal Grey

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mazda 3
Lihat