Tak mau kalah langkah, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia pada 8 November lalu telah meluncurkan New Xpander dan New Xpander Cross. Keduanya hadir dengan berbagai update termasuk dari sisi transmisi.
Tidak seperti yang dulu, versi facelift Xpander kini hadir dengan transmisi otomatis CVT. Tidak seperti yang dikeluhkan banyak orang soal payahnya kinerja CVT, pihak MMKSI mengklaim kalau transmisi ini membuat Xpander jadi lebih baik.
Bahkan untuk saat ini, pihak MMKSI begitu yakin dengan keandalan mesin naturally aspirated yang dikombinasikan transmisi CVT di keluarga Xpander. MPV ini tak kehilangan kemampuannya melibas tanjakan yang sudut kemiringannya cukup tinggi meskipun dengan transmisi CVT.
"Kita tidak ada rencana bikin mesin turbo dan transmisi tiptronic. Walau pakai CVT, kami berusaha supaya kemampuan menanjak Xpander bisa tetap sama seperti sebelumnya," jelas Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI.
Hal ini tentu dapat menjawab keraguan masyarakat yang menganggap kalau transmisi CVT kurang perkasa saat digunakan pada mobil MPV. Demi memberikan rasa peace of mind, pihak MMKSI bahkan menyebut kalau daya tahan transmisi CVT di New Xpander bisa digunakan seumur mobil.
"CVT yang dipasang di Mitsubishi Indonesia desainnya long live, jadi tidak perlu ganti, karena seumur mobil. Kalau garansi CVT sama seperti garansi mobil yaitu 3 tahun 100.000 kilometer, bahkan ada yang sudah pernah selesai garansinya tapi belum pernah ganti CVT-nya. Untuk penggantiannya dia assy atau sepaket, tidak bisa satu persatu," ucap Boediarto, General Manager Aftersales Division PT MMKSI.
Bicara soal transmisi otomatis berbasis sabuk baja yang satu ini masih sedikit kontroversial. Pasalnya masih banyak masyarakat yang kurang menyukai karena kinerja yang kurang responsif. Namun, pihak Mitsubishi telah mengatasi kelemahan tadi supaya kemampuan mobil bisa tetap responsif namun tetap efisien.
Hal ini sudah dibuktikan langsung oleh Rifat Sungkar yang merupakan pebalap nasional sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi. Ia menilai kinerja transmisi CVT yang baru ini tak kalah responsif dengan transmisi otomatis konvensional.
"CVT sudah jd hal yg wajib di mobil jaman sekarang, friksi yg terjadi sedikit sehingga tidak ada hentakan saat pindah gigi naik atau turun. Saat sampai rpm 3.000-3.500 seperti ada dorongan ekstra dan tidak ada hambatan sama sekali. Kalau Xpander sebelumnya, kalau kita kickdown maka akan terasa turun 1 atau 2 gigi," jelas Rifat.
Performa CVT di New Xpander memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan. Kinerja rasio pulley CVT Xpander menghasilkan efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.
Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.
Pada facelift kali ini, MMKSI juga memperbaiki kelemahan yang muncul di versi sebelumnya. Dulu, banyak keluhan dari pengguna Xpander dengan transmisi matic kalau putaran mesin saat idle bisa cukup tinggi. Hal ini sudah diatasi meskipun idle masih dibuat sedikit agak tinggi.
"Kasus ini terjadi ada batch pertama yang awal-awal dulu. Pada kasus sebelumnya kami sudah lakukan penangan dengan reprogramming ECU. Di model baru ini kami gunakan ECU program terbaru jadi masalah itu sudah teratasi," sebut Guntur Harling selaku General Manager of Product Strategy Division PT MMKSI.
Dijelaskan, kalau di New Xpander langsamnya tetap dibuat agak tinggi dengan beberapa tujuan. Putaran mesin idle dibuat agak tinggi supaya tidak mudah drop saat mendapat beban cukup besar dari kelistrikan atau dari transmisi.
"Naik RPM itu dibutuhkan supaya mesin tidak mati karena ada beban yang mendadak dari baik dari transmisi dan electrical. Engine menyikapi ada load tambahan, supaya tidak drop atau mesin mati, jadi dinaikin rpm-nya. Cuma koreksinya sudah diimprove jadi lebih bagus," jelas Boediarto.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5
15.640 km
1,5 tahun
Banten
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5
17.350 km
3,5 tahun
Banten
2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5
19.997 km
1,5 tahun
Java East
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0
105.533 km
5,5 tahun
Jakarta