First Impressions Daihatsu Sirion 2022: Pakai Transmisi D-CVT dan Mesin Xenia Terasa Lebih Baik?

Tes drive Daihatsu Sirion 2022 atau dengan nama lain Perodua Myvi facelift

Daihatsu Sirion 2022 atau dengan nama Perodua Myvi facelift berhasil diluncurkan pertama kali di Negeri Jiran pada November 2021. Untuk merasakan lebih dekat, rekan kami Wapcar Malaysia berkesempatan menjajali langsung city car berpenampilan hatchback tersebut.

Sebelumnya Sirion 2022 diperkirakan akan hadir di Tanah Air melalui ajang GIIAS 2021. Namun kabarnya PT ADM baru akan memperkenalkannya pada tahun ini. Di Malaysia, mobil ini hadir dalam lima varian, dengan harga bandrol yang ditawarkan mulai dari 45.700 ringgit sampai 58.800 ringgit. Jika dikonversikan, maka harganya menjadi Rp155 jutaan hingga Rp199 jutaan.

Agar terlihat berbeda dengan generasi pre-facelift, maka Daihatsu Sirion memperoleh beberapa penyegaran pada tampilan yang lebih futuristik sekaligus sporty, fitur, serta penggunaan transmisi D-CVT.

Lalu bagaimana rasanya mengemudikan Daihatsu Sirion atau dengan nama lain Perodua Myvi facelift di Negeri Jiran? Berikut ulasannya berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh rekan kami Wapcar Malaysia.

Baca juga: Daihatsu Sirion 2022 Harganya Mulai Rp150 Jutaan, Pakai Mesin Avanza-Xenia Baru

Pakai Transmisi D-CVT Daihatsu Sirion 2022 Tetap Responsif Namun Irit Bahan Bakar

Transmisi D-CVT pada Daihatsu Sirion 2022

Kini semua varian Daihatsu Sirion 2022 versi matic ditawarkan dengan transmisi D-CVT. Sebagai informasi, transmisi D-CVT merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear. Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit bahan bakar.

Dalam pengetesannya, rekan kami berkendara lebih dari 500 km menggunakan varian 1.5L D-CVT diberbagai kondisi jalan, seperti; perkotaan, maupun jalan bebas hambatan. Seperti yang disampaikan rekan kami, Daihatsu Sirion 2022 jauh lebih baik daripada model sebelumnya, serta memiliki lebih banyak rasio roda gigi yang bisa dimainkan.    

Hal ini dibuktikan saat mobil dipacu di atas 40 km/jam, transmisi D-CVT terasa langsung intuitif, kedap, dan halus ketika memperlambat maupun mempercepat kendaraan. Saat mencoba melaju pada kecepatan 110 km/jam, untuk putaran mesinnya generasi facelift Daihatsu Sirion 2022 tersebut berada di angka 2.000 rpm. Beda halnya dengan model pre-facelift berdasarkan pengetesan yang pernah dilakukan berada diputaran 2.500 rpm.

Dengan RPM yang lebih rendah tentunya mesin tidak perlu bekerja lebih keras, selain itu juga lebih hemat bahan bakar.

0-100 Km/jam Daihatsu Sirion 2022 Tidak Sampai 11 Detik!

0-100 km/jam Daihatsu Sirion 2022 di bawah 11 detik

Ketika melakukan pengetesan 0-100 km/jam terhadap Myvi atau Sirion facelift bermesinkan 1.5L, rekan kami berhasil mencatatkan waktu 10,76 detik. Dalam pengetesan selanjtunya, catatan waktu yang didapat lebih kecil, yakni 10,6 detik.

Perolehan waktu yang didapat mendekati catatan waktu yang diklaim Perodua, yaitu 10,2 detik. Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa Myvi atau Sirion baru 20 persen lebih cepat daripada generasi pre-facelift dengan transmisi otomatis 4-percepatan dengan waktu 12,2 detik.

Mode 'Power' pada Daihatsu Sirion 2022 Benar-benar Bekerja Sebagaimana Fungsinya

Tombol mode 'Power' tersedia di sisi kanan setir 

Daihatsu Sirion 2022 hadir dengan tombol mode 'Power' yang terletak di roda kemudi, dimana menurut pabrikan akan memberikan akses penuh ke tenaga mesin. Dan terbukti mode tersebut sangat berguna ketika rekan kami mendahuli kendaraan yang ada didepannya.

Dengan satu kali sentuhan, putaran mesin meningkat dan mengoper kecepatan ke gigi rendah serta respons throttle menjadi lebih cepat.

Aktifnya mode ‘Power’ terasa mirip seperti ketika mengaktifkan tombol Overdrive (O/D) pada transmisi otomatis di mobil 90-an yang benar-benar seperti menunjukan taringnya.

Baca juga: Pikir-Pikir Lagi Sebelum Beli Honda Brio, Masih ada Daihatsu Sirion Seken yang Lebih Menggoda

Daihatsu Sirion 2022 Tembus 5,9 liter/100 Km!

Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022

Menurut pabrikan, konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022 ini mencapai 4,7 liter/100 km untuk varian 1.5L dan 4,5 liter/100 km bermesin 1.3L. Dibandingkan generasi sebelumnya, model faceliftnya ini diklaim lebih irit 5 persen.  

Selama pengujian dilakukan oleh rekan kami, varian 1.5L nya berhasil mencatatkan angka konsumsi lebih hemat, sebesar 5,9 liter/100 km.

Rute pengujian mencakup 60/40 persen berkendara di jalan raya/kota pada siang hari ditambah lagi melakukan uji akselerasi 0-100 km/jam untuk mengetahui waktu yang diperoleh.

Kekurangan Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Sirion 2022

Transmisi D-CVT pada Daihatsu Sirion 2022

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan rekan kami, transmisi D-CVT yang disematkan pada Daihatsu Sirion 2022 juga memiliki kekurangan.

Selama akselerasi awal sekitar 0-25 km/jam, transmisi CVT terasa seperti dipatok pada rasio gigi yang agak rendah. Disaat posisi diam dan ingin melanjutkan perjalanan, mobil terasa seperti melompat secara tiba-tiba. Tentunya kondisi seperti itu akan sedikit berbahaya disaat kondisi macet atau berhenti lampu merah.

Sebagai informasi, varian 1.3L Daihatsu Sirion dibekali jantung pacu 1NR-VE 4-silnder segaris DOHC dual VVTI-i yang dapat menghasilkan tenaga 95 PS dengan torsi 121 Nm. Sedangkan mesin 1.5L 2NR-VE 4-silnder segaris DOHC dual VVTI-i yang ditawarkan dapat memuntahkan daya sebesar 103 PS dan torsi 137 Nm.

Baca juga: Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sirion

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

16.906 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

46.441 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Memperkenalkan Daihatsu Sirion True Perfection Baru

Pameran Daihatsu Sirion yang Serba Baru

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sirion
Lihat