Setelah beberapa tahun mengaspal di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memberikan penyegaran sekaligus peningkatan pada New Sirion. Mobil perkotaan alias city car tersebut rresmi dipasarkan pada 2 Juni 2022.
Ada banyak perubahan yang dilakukan oleh Daihatsu pada New Sirion, mulai dari bagian eksterior, interior, fitur, hingga sektor mesin dan transmisinya. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan juga turut mengalami perubahan.
Pertama kali Daihatsu Sirion diluncurkan di Indonesia adalah pada tahun 2007. Hatchback yang satu ini kemudian diterima dengan baik di pasar otomotif nasional dan bertahan hingga sekarang. Penjualannya juga sudah melebihi angka 36.000 unit. Sejak awal peluncurannya hingga sekarang, Sirion juga didatangkan secara utuh alias completely built up (CBU) dari Malaysia.
Untuk New Sirion, Daihatsu fokus pada tiga hal, yakni desain yang modern, fitur kekinian yang membuat sensasi berkendara lebih menyenangkan, dan interior yang nyaman. Pada bagian eksteriornya, New Sirion hadir dengan desain bumper yang berbeda, lampu utama juga turut berubah, serta bagian spion juga ikut berubah.
Terkait fitur, New Sirion sudah dibekali dengan Hill Start Assist (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur selama beberapa detik saat berhenti di tanjakan. Sehingga, pengendara bisa memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa perlu tergesa-gesa.
Lalu, terdapat fitur Idle Stop System (ISS) yang sebelumnya disematkan pada New Terios. Fitur ini bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi konsumsi BBM. Sehingga, tak hanya irit, tapi emisi gas yang dihasilkan juga berkurang dan dengan kata lain jadi lebih ramah lingkungan. Meskipun, aki yang digunakan harus khusus dan harganya juga meningkat hingga lebih dari dua kali lipat.
Fitur lain yang menambah kenyamanan adalah kehadiran air purifier yang membuat sirkulasi udara jadi lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin mobil. Selain itu, berkendara menggunakan New Sirion juga jadi lebih aman dan nyaman, karena sudah dilengkapi dengan Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu.
Kemudian, terdapat fitur canggih lainnya, seperti key free, engine start-stop button, digital air conditioner, serta pengaturan kursi yang fleksibel agar memudahkan pengaturan barang bawaan di dalam kabin.
Dari segi dapur pacu, New Sirion sekarang dibekali dengan mesin berkode 1NR-VE dengan kapasitas 1.300 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimumnya dapat mencapai 119,6 Nm pada 4.200 rpm. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT).
Transmisi D-CVT ini jadi salah satu keunggulan terbaru dari New Sirion. Keuntungan dari penggunaan D-CVT adalah mesin menjadi responsif pada putaran bawah dan putaran atas. Mesin juga cenderung tidak terlalu meraung saat mengejar kecepatan tinggi. Ketika kecepatannya sudah mencapai 80 kilometer per jam, tarikannya jadi lebih responsif dan bertenaga.
Transmisi D-CVT yang dikembangkan oleh Daihatsu memiliki cara kerja yang cukup unik. Terdapat dua sistem kerja di dalamnya, yakni belt dan gear. Sementara pada CVT biasa, murni hanya mengandalkan belt, seperti pada skuter matik.
Dengan menggunakan D-CVT, akselerasi yang dihasilkan lebih responsif, tanpa jeda, hentakan, dan perpindahan giginya lebih mulus. Selain itu, ada juga tambahan planetary gear sebagai split gear system yang akan bekerja secara bergantian.
Saat mobil dalam kondisi diam, kecepatan rendah, hingga kecepatan menengah, transmisi akan mengandalkan kinerja belt dan pulley. Tapi, ketika sudah masuk di kecepatan tinggi, transmisi akan melibatkan kerja split gear system.
Tenaga yang disalurkan jadi lebih halus. Daihatsu juga mengklaim dengan penggunaan D-CVT, adanya power loss atau tenaga yang terbuang percuma dapat diminimalisasi. Sehingga, konsumsi BBM yang dihasilkan bisa lebih efisien alias lebih irit.
Selain New Sirion, transmisi D-CVT juga sudah disematkan pada Rocky dan All New Xenia.
Terkait konsumsi BBM New Sirion, Daihatsu mengklaim city car ini lebih irit 10 persen dibandingkan dengan mode sebelumnya. Dari hasil tes yang dilakukan oleh Daihatsu secara internal, New Sirion dapat menghasilkan konsumsi BBM hingga 22,2 kilometer per liter.
Menurut pengetesan yang kami lakukan, untuk penggunaan di dalam kota, konsumsi BBM New Sirion bisa tembus hingga 14,7 kilometer per liter. Dengan catatan, fitur ISS diaktifkan. Sedangkan untuk penggunaan ke luar kota atau di jalan tol, konsumsi BBM yang dihasilkan bisa mencapai 22,3 kilometer per liter.
Hasil tersebut didapat tanpa menggunakan teknik berkendara Eco Driving. Tapi, perlu diingat, hasil konsumsi BBM setiap kendaraan bisa berbeda-beda. Tergantung dari banyak faktor, seperti gaya berkendara, kondisi lalu lintas yang dilalui, kondisi cuaca, kondisi mesin, jenis bahan bakar yang digunakan, tekanan udara pada setiap ban, bobot yang dibawa di kabin, dan lainnya.
Saat ini, Daihatsu New Sirion ditawarkan dalam dua varian, yakni X CVT dan R CVT. Untuk X CVT, dipasarkan dengan harga Rp 227,6 juta (on the road Jakarta). Sedangkan untuk R CVT, dijual dengan harga Rp 236,8 juta (on the road Jakarta).
Sedangkan untuk pilihan warnanya, Daihatsu menyediakan lima warna pilihan untuk New Sirion, yakni Glittering Silver Metallic, Icy White Solid, Glittering Grey Metallic, Lava Red Metallic, dan Electric Blue Metallic.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
16.906 km
3,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
46.441 km
3 tahun
Jawa Barat