Awas, Posisi Jempol Saat Pegang Setir Mobil Nggak Boleh Asal, Harus Begini

Posisi menggenggam setir mobil yang ideal, jempol tidak melingkar
  • Posisi jempol saat pegang setir mobil nggak boleh sembarangan
  • Idealnya tidak usah melingkar, cukup senderkan mengikuti kontur lingkar kemudi
  • Salah-salah malah bisa bikin tangan terkilir

Setiap pengemudi wajib mengetahui posisi memegang setir mobil yang benar. Tidak boleh sembarangan karena khawatir bisa mencedarai jari tangan. Khususnya ibu jari atau jempol, tidak boleh asal. 

Umumnya posisi tangan ketika menggenggam lingkar kemudi membentuk jarum jam di angka 10-2 atau yang paling sering adalah 9-3 sesuai kontur setir. Lalu jempol diposisikan melingkar masuk ke dalam setir supaya genggamannya kuat. 

Hanya saja posisi jempol tadi sebenarnya kurang direkomendasikan dari kacamata keselamatan berkendara. Senior Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, khusus jempol idealnya tidak ikut menggenggam setir mobil

"Itu membahayakan, sebaiknya ibu jari tidak melingkar di setir. Cukup disenderkan sesuai pola yang biasanya ada di lingkar kemudi, diistirahatkan tidak perlu sampai menggenggam," katanya saat dihubungi AutoFun Indonesia. 

Baca Juga: Terkuak Pajak Tahunan Nissan Leaf Mirip Motuba, Lebih Murah Dibanding Toyota Agya!

Posisi jempol bisa ikuti kontur yang ada di setir, tapi tak pelu melingkar

Kenapa bahaya? Khawatir ketika jempol diposisikan menggenggam kuat, tangan pengemudi akan susah melepas setir mobil ketika sewaktu-waktu menghantam atau terperosok lubang. Ketika itu terjadi, setir akan bergerak cepat tak terkendali mengikuti gerakan ban depan. 

Maka dari itu supaya tangan tidak terpelintir, genggaman dari lingkar kemudi tidak perlu terlalu kuat. "Saat terpelintir tentunya pengemudi akan mengalami sakit dan membuat konsentrasi terpecah," pungkas Jusri. 

NHTSA juga merekomendasikan jempol tidak perlu melingkar di setir mobil

NHTSA Juga Menganjurkan Jempol Tidak Melingkar di Setir Mobil

Perihal ini sebenarnya juga telah dianjurkan Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat atau NHTSA. Dalam materi publikasinya, NHTSA menganjurkan posisi jempol tidak melingkar di setir mobil. 

Posisi tangan di lingkar kemudi yang tepat adalah:

  1. Kedua tangan harus ditempatkan di setir dan berseberangan (membentuk pola 10-2 atau 9-3)
  2. Genggaman harus kuat tapi lembut
  3. Letakkan ibu jari di permukaan setir, tidak sampai melingkar
  4. Jangan pernah memutar kemudi dari bagian dalam (metode cebok)

"Untuk memaksimalkan kontrol kendaraan, kemudi yang baik melibatkan posisi yang seimbang menggenggam setir mobil untuk menghindari gerakan tiba-tiba dan meminimalkan pembalikan roda kemudi," demikian mengutip pernyataan NHTSA. 

Selain menghindari cedera saat ban terperosok lubang juga lebih mudah mengatur audio

Baca Juga: Jokowi Tetapkan Aturan Kendaraan Listrik Tak Perlu Bayar Pajak dan Bea Balik Nama

Dengan posisi tersebut, lebih memudahkan berbagai macam gaya menggenggam lingkar kemudi ketika belok. Misalnya hand to hand atau push/pull steering dengan gerakan menarik dan mendorong setir oleh kedua tangan saat berbelok arah secara bergantian. 

Gaya hand to hand juga dapat dimaksimalkan. Metode ini adalah ketika belok dengan menggerakkan setir mobil dengan cara tarik-dorong atau dorong-tarik kedua tangan namun posisi menggenggamnya satu per satu.

Posisi menggenggam setir mobil kuat tapi juga harus lembut

Terakhir juga bisa menerapkan gaya one hand steering. Cara ini biasa dilakukan saat mundur dari parkiran. Satu tangan tetap menggenggam lingkar kemudi yang idealnya diposisikan di arah jam 12, dan tangan satu lagi berada di headrest kursi sampingnya. 

Kemudian posisikan pengelihatan ke belakang sambil menggerakan setir mobil ke arah yang diinginkan. Dengan memposisikan di jam 12, maka pengemudi bisa lebih mudah menggerakan mobilnya ketimbang berada di posisi ham 10 atau 2.  

Baca Juga: Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil