Saat ini, SUV kompak termasuk salah satu segmen yang cukup diminati di Indonesia. Memang, popularitas belum sebaik SUV ladder Frame. Namun, kehadirannya cukup memberi warna tersendiri.
Didominasi oleh pemain dari Asia seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, atau Toyota Corolla Cross yang sebentar lagi rilis. Selain model ini, hadir juga penantang dari Prancis, Peugeot 3008 yang hadir di Indonesia sejak 2018.
Awalnya cuma punya satu varian, GT Line, PT Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) menambah satu lagi varian Allure Plus untuk pembeli yang menginginkan Peugeot 3008 dengan harga lebih miring. Selisihnya sampai Rp 80 juta.
Tipe | Harga | |
---|---|---|
Peugeot 3008 GT Line 2020 | Rp750.000.000 | |
Peugeot 3008 Allure Plus 2020 | Rp670.000.000 |
Mesin Peugeot 3008 Allure Plus 2020 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) with Direct Petrol Injection, 4 Inline cylinders, DOHC 16 Valve | |
Kapasitas Silinder | 1.598 cc | |
Tenaga Maksimal | 167 PS @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 240 Nm @ 1.400 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 8,9 detik | |
Konsumsi bahan bakar | 11,6 km/liter (dalam kota), 16,9 km/liter (luar kota) | |
Transmisi | Efficient 6-speed auto with Quickshift Technology and Paddle Shift | |
Sistem Penggerak | Front-wheel Drive |
Dimensi Peugeot 3008 Allure Plus 2020 | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 4.510 x 1.850 x 1.662 mm (Allure Plus) 4.447 x 1.841 x 1.624 mm (GT Line) | |
Wheelbase | 2.730 mm (Allure Plus) 2.675 (GT Line) | |
Ground Clearence | 198 mm | |
Kapasitas Tangki Bensin | 53 liter |
Kaki-kaki dan Suspensi Peugeot 3008 Allure Plus 2020 | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | Independent with MacPherson axle, coil springs and integrated and pressurized hydraulic shock absorbers | |
Suspensi Belakang | Semi-independent wheels with twist beam axle and pressurized shock absorbers | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated discs / Solid discs | |
Pelek/Ban | 225/55 R18 |
Diperkenalkan tahun 2008 sebagai pengisi line-up Compact Crossover SUV yang sedang jadi tren, Peugeot 3008 generasi pertama memiliki desain yang cenderung biasa saja.
Namun, Peugeot 3008 cukup diterima pasar dan jadi mobil terbauk tahun 2010 di Inggris dan Britania Raya. Masa jualnya pun cukup lama, sekitar 8 tahun, sebelum akhirnya lahir generasi kedua tahun 2016.
Berbeda dari generasi pertama, Peugeot 3008 generasi kedua memiliki desain yang sangat futuristik dan sangat keren. Mulai dari eksterior, sampai kabinnya.
Tak ayal, mobil ini langsung diganjar dengan berbagai penghargaan. Salah satunya European Car of The Year tahun 2017. Tahun 2018, Astra Peugeot membawa 3008 ke Indonesia dengan varian GT Line, sebelum trim Allure Plus mengaspal tahun 2020.
Meski sepintas sama, ternyata ada beberapa perbedaan Peugeot 3008 Allure Plus 2020 jika dibandingkan dengan GT Line, apa saja? Simak reviewnya di Autofun ya.
Kita mulai dari eksterior, perbedaan paling mencolok antara Peugeot 3008 Allure Plus 2020 dibandingkan varian GT Line adalah dimensinya. Didesain khusus untuk pasar Asia, 3008 Allure Plus punya dimensi lebih panjang 63 mm, lebih lebar 9 mm, dan lebih tinggi 38 mm.
Selebihnya hampir tidak ada beda, fascia depannya tampak sangat necis dengan gril depan menggunakan desain Vertical Front End dengan aksen krom serta Long Flat Bonnet.
Kesan agresif hadir dengan lekukan bumper depan yang membagi lampu depan menjadi dua bagian, alhasil lampu yang sudah memakai teknologi Full LED serta Daytime Running Light (DRL) tampak lebih necis dengan desain radikalnya.
Kesan tangguh Peugeot 3008 SUV hadir di bagian bawah dengan tampilan bumper yang tangguh dengan finishing hitam plastik dan silver. Lower grille-nya didominasi kisi-kisi udara dengan pattern garis horizontal, dengan housing fog lamp beraksen krom di bagian atasnya.
Body bagian samping juga menunjukkan aura maskulin mobil, namun berbeda dengan GT Line, Peugeot 3008 Allure Plus 2020 tidak memakai konsep dual tone. Handle pintunya juga berbeda, yakni dengan finishing black chrome.
Selebihnya sama, termasuk kehadiran aksen krom sebagai penghubung warna body dan aksen hitam di side skirt, dan penggunaan pelek 18 inci yang membuat mobil tampak sangat proporsional. Di bagian atas, Anda akan menemukan roof rail yang lebih besar.
Pindah ke belakang, hampir tidak ada perbedaan antara Peugeot 3008 Allure Plus 2020 dengan model GT Line. Paling cuma hilangnya emblem GT Line di sebelah kanan bawah saja, selebihnya sama saja.
Mulai dari model lampu belakang LED 3D dengan model Claw Effect yang jadi trademark line-up Peugeot saat ini. Lampu berteknologi LED itu dihubungkan dengan garis hitam tebal, yang sekaligus jadi housing emblem singa khas Peugeot.
Sama seperti bumper depan, dan side skirt, bumper belakang juga hadir dengan aksen hitam dan silver yang menguatkan kesan tangguh. Ada juga fog lamp belakang yang ditutup dengan reflektor merah, dan knalpot ganda berbentuk trapesium.
Seperti ada di dalam kokpit pesawat jet, mungkin itu kesan awal ketika masuk ke dalam kabin Peugeot 3008 Allure Plus. Mengadopsi platform interior Peugeot i-Cockpit, tampilan kabin, khususnya dasbor tampak sangat futuristik dan eye-catching.
Mulai dari desain setir flat-top bottom yang cantik, desain persneling ala joystik jet fighter, sampai model instrumen cluster digital berukuran 12,3 inci dengan tampilan sangat futuristik. Ya, meski secara transisi interface terasa sedikit kurang smooth.
Bukan cuma desain, material yang dipakai juga berkualitas tinggi dan jauh dari kesan murahan. Tombol instrumen AC tampak sangat solid dengan besi yang diberi finishing satin chrome yang memberi kesan mewah.
Uniknya, meski sama-sama menggunakan head unit berukuran inci, sistem multimedia di 3008 Allure Plus 2020 yang hitungannya lebih murah justru lebih lengkap dengan hadirnya sistem navigasi on-board pada mobil Peugeot 3008. Sisanya sama saja, mulai dari konektivitas bluetooth, mirrorlink, Apple Carplay, Voice recognition, dan Arkamys 3D Sound Staging.
Desain kursinya cukup supportif dengan pengaturan 8 arah di sisi pengemudi, dan 6 arah untuk penumpang. Namun berbeda dari trim GT Line yang memadukan denim dan kulit, untuk Peugeot 3008 Allure Plus 2020 memakai material kulit Claudio warna hitam.
Soal kepraktisan, Peugeot 3008 juga cukup oke. Armrest di depan bisa dialih fungsikan sebagai cooling box dengan kapasitas 11 liter, dan juga total empat buah port USB dengan masing-masing dua di depan dan belakang.
Berbicara soal kabin belakang, dimensi mobil yang lebih panjang serta jangkung di 3008 Allure Plus 2020 memberikan kabin belakang yang jauh lebih mumpuni dengan leg room dan head room yang sangat melimpah.
Soal bagasi, 3008 Allure Plus memiliki kapasitas seluas 512 liter. Jika itu dirasa kurang, Anda bisa melipat bangku baris kedua dengan format 60-40 dan meningkatkan kapasitas bagasi secara signifikan.
Berbicara soal fitur keamanan, Peugeot 3008 Allure Plus 2020 punya pilihan cukup lengkap. Dimulai dari fitur keamanan pasif, mobil ini dilengkapi enam buah airbag, yang terdiri dari dua airbag depan, dia airbag samping, dua curtain airbag, dan sabuk pengaman tiga titik untuk lima orang penumpang.
Fitur keamanan mobil Peugeot 3008 ini amunisinya cukup lengkap. Sebut saja Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), Electronic Brake Distribution (EBD), Dynamic Stability Control (DSC), Hill Assist Descent Control (HADC), dan masih banyak lagi. Dan khusus di varian Allure Plus, hadir juga fitur keamanan aktif seperti Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System.
Pada dasarnya, Peugeot 3008 merupakan mobil berpenggerak roda depan. Namun, mobil ini bisa dipakai off-road ringan layaknya mobil 4x4 dengan fitur Advanced Grip Control. Fitur ini menghadirkan lima mode berkendara sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui, yakni Normal, ESP off mode, Snow, Mud, dan Sand.
Peugeot 3008 Allure Plus menggunakan mesin yang sama seperti varian GT Line, 1.598 cc twin-turbo high pressure (THP) yang menghasilkan tenaga 167 PS @ 6.000 rpm dan torsi 240 Nm yang langsung dicapai sejak putaran mesin 1.400 rpm.
Mesin tersebut dihubungkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan dengan teknologi quick shifting dan paddle shift. Kombinasi ini membuat mobil Peugeot 3008 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,9 detik.
Sayangnya, Peugeot tidak memberikan cover mesin yang proper dan membiarkan mesinnya telanjang. Tidak menggangu secara fungsi, namun cukup disayangkan secara estetika, mengingat desain mobil yang sangat impresif.
Secara garis besar, pengendalian Peugeot 3008 terasa sangat mudah dengan kenyamanan menjadi fokus utama. Saat melewati jalanan bergelombang, bantingannya masih sangat nyaman dan manusiawi, bobot kemudinya juga terasa sangat ringan di kecepatan rendah.
Berbekal fitur Advanced Grip Control, kemampuan adaptasi Peugeot 3008 saat berada di medan yang cukup berat terasa sangat mumpuni, dan membuat mobil seolah-olah memakai penggerak empat roda meski aslinya adalah penggerak roda depan.
Soal konsumsi bensin, Peugeot 3008 mencatatkan 11,6 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Sementara untuk penggunaan luar kota yang didominasi penggunaan dalam tol, angkanya meningkat jadi 16,9 km/liter.
Biasanya, mobil dengan varian lebih murah, apalagi dengan selisih sampai Rp 70 juta, akan hadir dengan fitur yang lebih terpatas. Well, hal ini tidak berlaku untuk Peugeot 3008 Allure Plus 2020.
Hadir sebagai varian lebih ekonomis yang ditujukan untuk pasar Asia, nyatanya Peugeot 3008 Allure Plus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki varian GT Line. Mulai dari dimensi mobil lebih besar, fitur safety seperti Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System, dan jok berlapis kulit.
Dengan harga yang sedikit lebih rendah dan hadirnya fitur-fitur penting, kami merasa bahwa Peugeot 3008 Allure Plus 2020 bisa jadi pilihan untuk dipinang. Apalagi untuk Anda yang sedang mencari SUV dengan desain yang sangat atraktif.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5
35.681 km
3 tahun
Jakarta
2018 Mazda CX-9 2.5
53.282 km
5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten