New Daihatsu Sirion 2022 yang hadir di Indonesia dilengkapi dengan berbagai fitur baru. Tapi walaupun bertambah fiturnya, tidak selengkap kembarannya di Malaysia yang dinamakan Perodua Myvi.
Disana, model ini punya berbagai perangkat baru, paling canggih adalah fitur keselamatan Active Safety Assist atau ASA yang juga ada di Daihatsu Rocky. Salah satu fitur yang termasuk ASA adalah Adaptive Cruise Control.
Baca Juga: New Daihatsu Sirion 2022 Meluncur, Tanpa ASA Harga Lebih Mahal dari Honda Brio RS
Padahal Daihatsu Sirion 2022 yang meluncur Kamis 2 Juni 2022 lalu itu didatangkan secara utuh atau CBU dari Malaysia. Namun melihat data spesifikasi yang ada, Sirion facelift ini tidak dilengkapi ASA. Kenapa demikian?
Daihatsu Indonesia tidak menyematkan ASA lantaran kelengkapan fitur pada mobil baru disesuaikan dengan kebutuhan negara masing-masing. Soal ini, pabrikan mengklaim bahwa keberadaan fitur ASA belum sepenuhnya dibutuhkan pada produk terbarunya itu.
"Dengan ASA perbedaan harganya Daihatsu Sirion bisa cukup tinggi bisa Rp9 sampai 10 juta. Kami melihat dari hasil surveinya ada yang mau ada yang tidak, dan kami melihat juga secara volume dan biaya," terang Executive Coordinator Product Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Dendy Triyanto.
Kendati demikian, bukan hal yang sulit bagi ADM untuk menghadirkan Sirion yang lengkap dengan teknologi bantuan pengemudi itu. Tapi harus balik lagi ke permintaan, artinya demand pasar terkait fitur tersebut harus tinggi.
Fitur ASA pada Perodua Myvi alias Daihatsu Sirion meliputi Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert, dan Pedal Misoperation Control. Tak cuma itu, ada juga perangkat asisten pengemudi yang terdiri dari:
Baca Juga: First Impressions Daihatsu Sirion 2022: Pakai Transmisi D-CVT dan Mesin Xenia Terasa Lebih Baik?
Jelas saja, bila melihat kelengkapan fiturnya guna mendukung aspek keselamatan itu, maka harga jual Sirion di Indonesia bisa-bisa tidak kompetitif dengan para pesaingnya. Terlebih penjualan city car di dalam negeri tidak sebesar satu dekade lalu.
Sebagai tambahan, di Malaysia Daihatsu Sirion terbagi atas opsi mesin 1.500 dan 1.300 cc. Sementara di Indonesia cuma tersedia mesin 1.300 cc dan dibagi lagi atas varian R dan X yang semuanya pakai transmisi D-CVT, bukan lagi matic konvensional 4AT.
Soal harganya untuk varian X Rp227,6 juta. Sedangkan tipe R dengan tambahan aero kit supaya lebih sporty secara penampilan, kemudian tambahan air purifier serta desain setir, harganya Rp236,8 juta. Banderol ini lebih tinggi ketimbang kompetitornya, sebut saja Honda Brio RS.
Walau begitu, sederet fitur baru diklaim tidak dimiliki oleh para pesaingnya seperti head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Speed Sensing Doorlock, Hill Start Assist, Idle Stop System. Pabrikan pun optimistis bahwa new Daihatsu Sirion 2022 bisa terjual 100 unit tiap bulannya.
Baca Juga: Harga Seken Cuma Rp60 Jutaan, Apa Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sirion Gen-1?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
16.906 km
3,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
46.441 km
3 tahun
Jawa Barat